Kondisi Listrik Pulih 95 Persen, Sebanyak 238 Gardu Distribusi di Pandeglang Kembali Normal

Oleh : Hariyanto | Rabu, 26 Desember 2018 - 16:52 WIB

Proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami
Proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah tengah bergerak cepat lakukan proses pemulihan listrik pasca terjadinya Tsunami yang melanda daerah di pesisir Selat Sunda.

Dari catatan Kementerian ESDM, tim gabungan dari inspektur ketenagalistrikan dari Direktorat Ketenagalistrikan dan Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah berhasil mengoperasikan kembali sejumlah gardu distribusi di wilayah Pandegalang dan Lampung.

"Kami dengan sigap menerjunkan tim gabungan dari ESDM dan PLN agar masyarakat terdampak Tsunami bisa segera menikmati listrik seperti sediakala. Bahkan laporan yang saya terima, kondisi listrik saat ini sudah pulih 95 persen," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Rabu (26/12/2018).

Sebanyak 310 personil yang diterjunkan Pandeglang berhasil menyalakan 238 dari 248 gardu distribusi, menormalkan sementara 4 gardu distribusi lainnya dengan genset serta memberikan penerangan di 22 posko pengungsian. Tim gabungan juga melakukan perbaikan infrastruktur kelistrikan dari Unit Induk Distribusi (ID) Banten, UID Jakarta dan UID Jabar.


Sementara di Lampung, sebanyak 40 personil gabungan yang datangkan dari ULP Kalianda, ULP Sidomulyo , ULP Sutami serta UP3 Tanjung Karang. Seluruh tim disebar untuk kembali mengoperasikan 20 dari 22 titik tiang distribusi.

Hingga saat ini, upaya penanganan kelistrikan dan pengiriman bantuan sembako juga dilakukan Pemerintah di daerah-daerah terisolir seperti di Pulau Sabesi, Lampung dan desa sumur Kecamatan Pandeglang.

Meski demikian, Agung mengakui masih ada beberapa wilayah yang belum berhasil ditangani. "Masih ada beberapa gardu yang belum nyala. Hal ini tak lepas dari akses jalan dan cuaca yang masih menjadi kendala utama atas penanganan listrik," tambah Agung. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelombang tinggi (Foto Sindonews)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:44 WIB

BMKG: Gelombang Laut Laut Sawu NTT Diprediksi Capai 3,5 Meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi yang terjadi pada beberapa wilayah perairan laut di Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini, akibat siklon tropis…

Kondisi Jalan Pasca Banjir Bandang Sentani Jayapura

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:37 WIB

11.156 Orang Pengungsi Banjir Jayapura Papua

Jumlah pengungsi yang terdampak banjir bandang di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, hingga Kamis (21/3/2019) mencapai 11.156 orang.

Mbak Tutut (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 22 Maret 2019 - 04:29 WIB

Mbak Tutut : Perbedaan Memperkaya Indonesia Kita

Siti Hardijanti Rukmana, putri sulung Presiden Soeharto yang akrab disapa Mbak Tutut mengatakan, perbedaan dan keanekaragam di berbagai aspek di nusantara tercinta, justru akan memperkaya Indonesia.

Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 21:00 WIB

Capres Prabowo dan AHY Dijadwalkan Kampanye Akbar di Makassar

Calon Presiden nomor urut dua, Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dijadwalkan melaksanakan kampanye akbar pada Minggu, 24 Maret 2019 di Makassar, Sulawesi Selatan.

Eksplorasi Budaya Betawi Dalam Desain Kontemporer di Superdesign Show Milan 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 20:52 WIB

Delapan Ikon Betawi Pamer Budaya di Milan Design Week 2019

Setelah melewati proses kurasi, Indonesian Contemporary Art & Design (ICAD) oleh Artura kembali menampilkan karya desain kontemporer kreatif dalam ajang Super Design Show, yang merupakan bagian…