Pasca Bencana Tsunami, Menteri Jonan Perintahkan 17 Tim Siaga Serta Lakukan Pemulihan Listrik

Oleh : Hariyanto | Selasa, 25 Desember 2018 - 16:53 WIB

Menteri ESDM Ignasius Jonan
Menteri ESDM Ignasius Jonan

INDUSTRY.co.id - Surabaya - Pasca tsunami yang melanda Selat Sunda, Sabtu (22/12/2018) pukul 21.27 WIB, Menteri ESDM Ignasius Jonan segera memerintahkan jajarannya untuk menurunkan Tim Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM yang berkekuatan sekitar 100 personel, juga menginstruksikan kepada PLN untuk dapat segera memulihkan layanan listrik di wilayah terdampak.

"Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas," tegas Jonan dalam kunjungan kerjanya di Surabaya, Senin (24/12/2018).

Jonan mengungkapkan, Tim Siaga Bencana Kementerian ESDM sudah dikirimkan ke lokasi untuk memberikan bantuan evakuasi, medis, maupun logistic. "Kami sudah kirim 100 orang. Tim kesehatan juga dibagi banyak tempat, total ada 17 tim untuk membantu BNPB dan Basarnas," tambah Jonan.

Untuk pemulihan listrik, Jonan meminta kerja cepat PLN, sehingga dalam waktu satu atau dua hari ke depan warga terdampak sudah dapat menikmati kembali aliran listrik. 

"Kami berusaha memulihkan layanan listrik sesegera mungkin. Khusus untuk yang di pulau saya sudah minta di-backup dulu dengan genset sementara untuk listrik," lanjutnya.

Terkait pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan air bersih, Jonan menyampaikan secara umum penyaluran BBM tidak menemui kendala.

 "(Penyaluran) BBM tidak ada masalah. Untuk air bersih akan kita tinjau lagi daerah mana yang kurang, terutama wilayah Sumatera,akan kita lihat apakah perlu bantuan sumur bor sementara," ungkap Jonan.

Sebagaimana diketahui, pascatsunami di Selat Sunda, ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan.

Tim yang telah tiba di lokasi segera melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan tsunami tersebut agar dapat menginformasikan kepada ERT Sektor ESDM lainnya bantuan apa yang menjadi prioritas untuk mempercepat pemulihan. 

Posko ESDM Siaga Bencana sendiri dibangun di Pulau Umang, bersebelahan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…