ZTE Dukung Peningkatan Produktivitas Nelayan di Gorontalo

Oleh : Ridwan | Sabtu, 22 Desember 2018 - 15:45 WIB

Sosialisasi Aplikasi Nelayan di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo, Provinsi Gorontalo
Sosialisasi Aplikasi Nelayan di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo, Provinsi Gorontalo

INDUSTRY.co.id - Makassar,  ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler mendukung peningkatan produktivitas nelayan di Gorontalo, bersama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemkominfo, Telkomsel, PT. Zetta Media Inspira (ZETMI), dan PT. Transformasi Maritim Indonesia (Marina), melalui inovasi di bidang kelautan.

Inovasi tersebut diperkenalkan dalam acara “Sosialisasi Aplikasi Nelayan di Kabupaten Pohuwato dan Boalemo, Provinsi Gorontalo”. Acara ini merupakan bagian dari uji coba Solusi Desa Broadband Terpadu (SDBT) untuk Desa Nelayan, dimana nelayan diberikan solusi teknologi untuk meningkatkan produktivitasnya dalam menangkap ikan.

BAKTI sebagai pemrakarsa bekerja sama dengan Telkomsel dan ZTE sebagai penyedia jaringan tengah laut, dan ZETMI sebagai penyedia aplikasi Nelayan Nusantara.

Danny Januar, Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat dan Pemerintah BAKTI menyampaikan bahwa salah satu tugas BAKTI selain memeratakan infrastruktur akses telekomunikasi, juga mengembangkan ekosistem teknologi dan informasi. Salah satunya adalah memberikan solusi teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“SDBT sendiri telah dirintis oleh BAKTI sejak tahun 2016. Tahun ini, BAKTI melakukan uji coba aplikasi Nelayan Nusantara dan Nelayan Digital di Kab Pahuwato dan Kab Boalemo untuk meningkatkan produktivitas nelayan. Selain mengembangkan aplikasi, BAKTI juga meminjamkan sejumlah 30 unit smart phone kepada nelayan untuk melakukan uji coba aplikasi dimaksud,” ujar Danny melalui keterangan tertulisnya di Makassar (22/12/2018).

Untuk jaringan tengah laut, ZTE menggunakan Ultra Distance Site Solution, teknologi yang memungkinkan LTE FDD memperluas cakupan di laut hingga 100 km lepas pantai.

Di tempat terpisah, Bai Jie selaku Marketing Director ZTE Indonesia menjelaskan Indonesia adalah negara kepulauan dengan wilayah laut lebih luas dari daratan. Oleh karena itu, pemerataan jaringan telekomunikasi baik di darat maupun laut menjadi sangat penting untuk mendukung kegiatan sosial, ekonomi dan transportasi.

"Ultra Distance Site Solution adalah teknologi yang sesuai untuk situasi ini. Jaringan telekomunikasi yang memadai di laut dapat mendukung produktivitas industri perikanan, serta kenyamanan dan keamanan transportasi laut," katanya.

Teknologi ini sebelumnya diuji bersama dengan China Unicom di Zhanghzhou Fujian. Tempat ini terletak di tenggara propinsi Fujian dengan banyak transportasi laut dan nelayan lepas pantai. Hasil uji coba menunjukkan download rate 1 Mbps dan upload rate 0,5-1Mbps dengan jarak pandang transmisi 103,2 Km.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…