Siemens Siapkan Cetak Biru Smart Cities di Masa Depan

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 21 Desember 2018 - 16:56 WIB

Josef Winter, President Director & CEO PT Siemens Indonesia
Josef Winter, President Director & CEO PT Siemens Indonesia

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Dubai berhasil menghadirkan dan mengembangkan sebuah World Expo yang paling terhubung dan berkelanjutan sepanjang sejarah, melalui pemasangan instalasi  terbesar dengan menggunakan teknologi bangunan dari Siemens dalam Expo 2020 Dubai. 

Solusi digital ini akan menghubungkan, memantau dan mengendalikan bangunan di seluruh area pameran dengan menggunakan MindSphere, sebuah sistem operasi berbasiscloud untuk Internet of Things, yang akan mempercepat pengumpulan serta analisis data untuk pengambilan keputusan yang tepat. Teknologi ini akan membantu Expo 2020 Dubai dalam mencapai target untuk efisiensi energi, kenyamanan, keselamatan dan keamanan.

Siemens, sebagai mitra digitalisasi infrastruktur Expo 2020 Dubai, akan mengimplementasikan secara menyeluruh sistem menejemen digital Disigo CC, yang meliputi keseluruhan area distrik tematik (Mobility, Opportunity and Sustainability) beserta masing-masing paviliun dan Dubai Exhibition Centre. 

Sistem ini akan menggunakan sensor serta analitik untuk memantau dan mengendalikan fungsi-fungsi bangunan di tiga distrik, termasuk pendingin udara, penggunaan energi, pengaturan cahaya, kualitas udara dan sistem alarm kebakaran.

Data dari sistem ini kemudian dikelola melalui pusat kontrol dan komando di tiap distrik tematik untuk mengurangi penggunaan energi, menjamin kenyamanan pengguna bangunan dan menjaga keamanan dan keamanan lokasi. Data juga akan dikirimkan ke Siemens Navigator, sebuah pusat manajemen berbasis cloud yang menyeluruh. 

Dengan menghubungkan 137 bangunan melalui sebuah situs, yang menjadikannya sebagai salah satu instalasi sistem cloud  terbesar di dunia, memberikan operator visibilitas terhadap seluruh area pameran serta memanfaatkan analisis data untuk memantau penggunaan energi selama pameran berlangsung. Dengan digunakannya MindSphere untuk menggerakkan infrastruktur digital, data dari beberapa sensor, gerbang, sistem dan aplikasi akan diintegrasikan, dikolerasikan, dianalisis serta divisualisasikan untuk menentukan tindakan apa yang harus diambil.

“Expo 2020 Dubai menghadirkan sebuah pameran paling terdigitalisasi dan terhubung dalam sejarah pameran yang telah berlangsung selama 167 tahun, kami akan terus mendukung pameran ini dengan infrastruktur berbasis data untuk menjaga keberlanjutan, keselamatan dan keamanan,“ ungkap Markus Strohmeier, Senior Executive Vice President Building Technologies, Siemens Middle East. “Dengan ekspektasi pengunjung lebih dari 25 juta orang, Expo 2020 Dubai merupakan sebuah acara terbesar yang pernah dilaksanakan di kawasan Arab, dan merupakan landasan bagaimana smart infrastructure akan membentuk fondasi bagi kota-kota di masa depan. Saya merasa bangga bahwa Siemens dapat mengambil peranan penting dalam mendigitalisasikan acara internasional ini.”

Mohammed Alhashmi, Senior Vice President - Innovation and Future Technology, Expo 2020 Dubai, mengatakan: “Inovasi merupakan jantung dari World Expos dan UEA. Tidak hanya itu, Dubai selalu berambisi untuk menjadi pelopor dari teknologi smart cities. Melalui kemitraan dengan Siemens ini, Expo 2020 Dubai akan menjadi sebuah pameran terkemuka di dunia dalam hal smart cities.”

Sistem keselamatan dan keamanan utama akan diintegrasikan ke dalam infrastruktur digital dari pameran ini, termasuk instalasi sistem manejemen video Siveillance VMS300, dan akses sistem pengendali yang mumpuni, SiPass Integrated. Lebih dari 20 subsistem termasuk keamanan, kontrol akses, manejemen bangunan dan sistem pengindera api akan dintegrasikan melalui platform  komando dan control Siveillance Vantage terpusat yang akan memberikan pantauan menyeluruh sehingga membantu dalam mengabil keputusan yang tepat.

Siemens juga berkomitmen untuk membentuk sebuah kantor pusat logistik global sebagai faktor penting dari pameran ini. Siemens akan menyediakan solusi teknologi dan produk inofatif untuk membantu perencanaan, pembangunan dan eksekusi dari acara ini. Melalui kemitraan ini, Siemens juga akan menyediakan aplikasi canggih untuk Expo 2020 Dubai, termasuk MindSphere, sistem operasi terbuka berbasis cloud untuk Internet of Things.

Siemens memiliki pengalaman yang panjang terkait infrastruktur digital di Timur Tengah, contohnya adalah Dubai International Airport, Dubai Opera dan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi yang menggunakan teknologi Siemens untuk menciptakan efisiensi energi, keselamatan dan keamanan.

Perusahaan telah lama berpartisipasi dalam pameran-pameren dunia sejak tahun 1851 dimana Siemens pertama kali memamerkan pointer telegraph di London. Pada tahun 1937 di Paris, Siemens juga berpartisipasi dalam sistem pencahayaan untuk paviliun Jerman. Dan pada 1967, Siemens menyediakan seluruh infrastruktur dalam pekan raya di Montreal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…