DMI Channel Pada Ninmedia Sajikan Pendidikan Agama Untuk Milenial

Oleh : Amazon Dalimunthe | Kamis, 20 Desember 2018 - 13:59 WIB

Presiden Direktur Nin Media, Rahadi Arsyad.
Presiden Direktur Nin Media, Rahadi Arsyad.

INDUSTRY.co.id - JAKARTA,  -  Di Indonesia, 34.45 persen dari total penduduknya terdiri dari generasi millenial. Artinya, lebih dari sepertiga penduduk kita sudah melek teknologi dan mampu mengakses segala macam informasi melalui internet.  Tidak hanya pasif sebagai pembaca atau pemirsa tetapi juga aktif dalam menciptakan konten serta memberikan kritik. Sehingga banyak orangtua yang mengkhawatirkan terjadinya pergeseran nilai-nilai ketimuran karena generasi sekarang lebih banyak mengadopsi budaya barat.

Inilah yang membuat Dewan Masjid Indonesia (DMI), sehingga memandang perlunya pendidikan agama yang tepat dan sesuai dengan gaya millenial saat ini.  Dewan Masjid Indonesia (DMI) yang telah meluncurkan saluran televisi DMI channel bekerjasama dengan platform TV satelit Ninmedia pada 2 Agustus 2016 lalu. DMI  menekankan pentingnya konten televisi yang edukatif dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat.

Ketua Umum DMI yang juga Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla mengemukakan, “DMI channel merupakan saluran TV berbasis Islami berisikan ragam program dan acara talkshow untuk semua kalangan terutama untuk generasi millennial, karena pendidikan agama merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan cara berpikir seseorang”.

Dewan Masjid Indonesia (DMI) sendiri telah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I pada 23-25 November 2018 lalu di Hotel Sahid, Jaya, Jakarta yang dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga Ketua Umum DMI, di Istana Wapres. Rapat ini dihadiri pimpinan dan pengurus DMI Pusat, pengurus DMI seluruh provinsi, termasuk perwakilan masjid-masjid raya dari setiap provinsi. Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara, yang juga Ketua PP DMI, yang ditemui pada rapat tersebut mengemukakan bahwa DMI channel pada platform TV satelit Ninmedia telah menjadi sarana komunikasi DMI dengan masyarakat dan menilai bahwa konten-konten positif yang menarik bagi kaum millenial saat ini sangat penting, melihat semakin banyaknya remaja yang datang ke masjid.

Ninmedia merupakan sebuah terobosan baru dunia penyiaran Indonesia dan merupakan platform TV satelit gratis pertama dan satu-satunya saat ini, yang bisa dijangkau oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ada puluhan channel yang bisa dinikmati secara gratis, mulai dari tayangan hiburan, edukasi, keagamaan, film, anak, musik hingga film-film bioskop, menggunakan Set Top Box (STB) yang direkomendasikan seperti Optus, LG Sat, Diamond World AK dan lain sebagainya, sebagai perangkat receiver Set Top Box (STB) ke televisi.

President Director Ninmedia, Rahadi Arsyad menjelaskan, “Di Indonesia, terutama di wilayah-wilayah terpencil, masih banyak ditemukan blank spot area dan blind spot area yang terjadi semata-mata karena masalah geografis. Padahal penduduk yang mendiami wilayah tersebut juga warga negara yang mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan informasi dan hiburan. Bekerjasama dengan DMI dan puluhanchannel lainnya, platform TV satelit Ninmedia sebagai TV Rakyat Indonesia, bertujuan membangun ekosistem penyiaran free-to-air yang berkualitas dan dapat dijangkau seluruh masyarakat secara gratis hingga ke daerah pelosok”. (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…