Hujan Deras Melanda Sejumlah Daerah Jelang Natal

Oleh : Herry Barus | Senin, 17 Desember 2018 - 16:00 WIB

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi hujan dengan intensitas lebat saat Hari Raya Natal Desember 2018 ini.

"Cuaca saat periode libur Natal yaitu pada 23-25 Desember diperkirakan curah hujan di wilayah Indonesia mengalami sedikit penurunan, namun potensi hujan lebat dapat terjadi di sejumlah wilayah," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Senin (17/12/2018)

Dia mengatakan, potensi hujan lebat tersebut dapat terjadi di Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat dan Papua.

Sementara menjelang/memasuki tahun baru 2019, khususnya 26 Desember 2018 sampai 3 Januari mendatang suplai uap air di wilayah Indonesia relatif berkurang sehingga tutupan awan menjadi minimal di wilayah Indonesia bagian barat umumnya cuaca akan diliputi kondisi berawan dengan potensi hujan ringan sampai sedang di beberapa wilayah.

Hingga saat ini 77,4 persen wilayah Indonesia telah memasuki musim hujan yang juga diikuti dampaknya seperti banjir bandang, tanah longsor dan angin puting beliung.

Musim hujan sudah dimulai sejak Oktober 2018 dan diperkirakan akan berakhir pada awal Maret 2019 sementara puncak musim hujan akan berlangsung pada Januari dan Februari 2019.

Deputi Bidang Meteorologi Mulyono Rahadi Prabowo kepada awak media mengatakan, pada Natal dan tahun baru curah hujan cukup banyak dan intensitas cukup tinggi.

"Saat ini kita sudah memasuki musim hujan dan Oktober 2018-Januari 2019 tren hujan menaik sedangkan puncak musim hujan pada Januari- Februari 2019," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Jumat, 19 April 2024 - 10:35 WIB

Erick Peringatkan BUMN untuk Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…