Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Oleh : Ridwan | Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi. 

"Kementerian ingin agar ini lebih dimanfaatkan oleh pelaku usaha kecil nasional, atau industri kecil menengah (IKM)," ujar Airlangga dalam pembukaan Semarak Festival IKM di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Airlangga optimistis hal itu bisa terwujud, apalagi Indonesia memiliki bonus demografi di mana rasio populasi angkatan kerja meningkat dibandingkan non-angkatan kerja. "Kita butuh sekitar 17 juta pekerja yang bergerak di sektor industri manufaktur dan jasa untuk mendorong sektor digital. Kalau bonus demografi bisa dimanfaatkan dengan baik, bisa kasih tambahan kontribusi 1-2 persen untuk pertumbuhan ekonomi," tambah dia.

Dijelaskan Airlangga, industri digital seperti startup memiliki peran penting dalam membawa Indonesia lebih cepat menuju revolusi industri 4.0. Selain itu, industri digital juga dapat dimanfaatkan pelaku ekonomi kecil menengah dan pemangku kepentingan untuk dapat belajar mengenai materi-materi seputar pengembangan produk dengan lebih mudah.

"Startup yang sudah ada diharapkan dapat memberi solusi bagi industri dan masyarakat dalam mengadopsi teknologi menjadi lebih efisien dalam hal biaya, energi, dan waktu," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Maskapai Garuda Indonesia

Sabtu, 23 Maret 2019 - 09:00 WIB

Bandara Kualanamu Jadi Hub Penerbangan Domestik Barat

Maskapai nasional Garuda Indonesia terus memperkuat komitmen pengembangan Bandara Internasional Kualanamu Medan sebagai hub penerbangan domestik wilayah Barat dan wilayah Asia Tenggara.

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:33 WIB

Siloam Hospitals Manado Sellengarakan Talkshow Pencegahan dan Penanganan Stroke

Penyakit dapat muncul dan terjadi pada siapa saja dan tidak mengenal usia dan kelamin sehingga akan mengganggu kualitas hidup seseorang termasuk stroke.

Ilustrasi Tes SBMPTN

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:11 WIB

Sambut Pelaksanaan Ujian SBMPTN, Pintaria Hadirkan Try Out SBMPTN Online Gratis

Menyambut pelaksanaan ujian SBMPTN, Pintaria sebagai portal edukasi yang berfokus pada , menyelenggarakan Try Out SBMPTN online secara gratis yakni sebanyak 3 (tiga) paket soal yang bisa diakses…

Foto Ilustrasi Pabrik Rokok

Sabtu, 23 Maret 2019 - 08:00 WIB

5,98 Juta Tenaga Kerja Bergabung di Industri Hasil Tembakau

Industri Hasil Tembakau (IHT) menyerap 5,98 juta tenaga kerja, yang terdiri atas 4,28 juta pekerja di sektor manufaktur dan distribusi, serta sisanya 1,7 juta pekerja di sektor perkebunan.

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 07:00 WIB

Market Cap Tembus Rp.500 Triliun , BBRI Cetak Rekor Baru Pekan ini

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) untuk kedua kalinya selama sepekan menorehkan prestasi terbaiknya di perdagangan bursa saham.