Bangun Kembali Lombok, Ketum Kadin Serahterimakan Polindes Kepada Bupati Lombok Utara

Oleh : Ridwan | Rabu, 12 Desember 2018 - 15:40 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani secara simbolis menyerahterimakan Pondok Bersalin Desa kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar (Foto: Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani secara simbolis menyerahterimakan Pondok Bersalin Desa kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar (Foto: Kadin Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Lombok, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) melaksanakan pembangunan di beberapa titik pasca gempa bumi yang mengguncang Lombok pada akhir Juli 2018 lalu.

Hari ini (12/12/18) bertempat di desa Teniga, Lombok Utara, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P Roeslani melakukan serah terima pembangunan pondok bersalin desa (POLINDES).
 
"Terdorong oleh semangat solidaritas diantara sesama manusia, Kadin Indonesia berupaya dalam batas kemampuan yang ada untuk membantu meringankan beban para korban melalui “Kadin mengajak semua pihak untuk bangkitkan kembali Lombok dan sekitarnya dan mendorong perekonomian," ungkap Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan P. Roeslani dalam sambutannya. 
 
Dalam kesempatan tersebut, Rosan juga menyatakan, Kadin Indonesia memberikan bantuan atas dasar penugasan khusus dari Presiden RI, Kadin bekerjasama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Daerah serta Kadin Daerah telah membantu pelaksanaan rehabilitasi perumahan penduduk yang menjadi korban bencana dalam bentuk bantuan tidak langsung.
 
Sementara dalam bentuk bantuan langsung, Kadin Indonesia telah membangun berbagai fasilitas umum yang sangat diperlukan oleh para korban bencana.
 
“Bantuan tersebut  merupakan salah satu bagian dari program bantuan terpadu bagi korban gempa Lombok yang dicanangkan oleh Pemerintah. Kadin memahami bahwa upaya pemerintah untuk memulihkan kembali Lombok pasca gempa tidaklah mudah, maka perlu dukungan dari semua pihak, termasuk Kadin," ujar Rosan.
 
Bantuan Kadin yang diserahkan pada hari ini merupakan bagian kecil dari keseluruhan program rehabilitasi pemerintah atas kerusakan fasilitas-fasilitas umum sebagai akibat bencana alam yang terjadi di Lombok.
 
Di tempat yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Properti Hendro Gondokusumo memaparkan pembangunan fasilitas-fasilitas umum dari Kadin Indonesia ini merupakan sumbangan dari perusahaan para pegurus Kadin Indonesia Bidang Properti.
 
Kadin akan membangun 9 (sembilan) fasilitas umum yaitu Ruang serbaguna, Mushola, Poliklinik Desa, Balai Desa dan hunian sementara di 7 (Tujuh) Desa yang berada di 2 (Dua) Kabupaten di Lombok yaitu Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Timur. 
 
Pembangunan fasilitas umum tersebut akan dilaksanakan melalui 2 (dua) tahap. Tahap pertama telah selesai dibangun 3 fasilitas umum dan diserahterimakan penggunaannya hari ini, yakni:
1. Balai Serba Guna di Desa  Selengen Kecamatan  Kayangan Kabupaten Lombok Utara
2. Musholla di Dusun Tanak Song Lauk Desa  Jenggala Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara
3. Polindes di Desa Teniga Kecamatan Tanjung Kabupaten Lombok Utara
 
Sedangkan pembangunan fasilitas umum untuk tahap kedua saat ini sedang dalam proses pembangunan berada di 3 kecamatan yaitu Lombok Timur (Kecamatan Sambelia) dan Lombok Utara (kecamatan Kayangan dan Kecamatan Tanjung). 
 
"Kami sangat mengapresiasi terhadap semua pihak yang mendukung proses pembangunan ini, baik dari rekan-rekan Kadin maupun dari ikatan alumni ITB. Semoga sumbangsih ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Lombok,” ungkap Hendro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…