Visions of Peace Jadi Tema Lomba Karya Seni Film, Lukisan dan Puisi

Oleh : Amazon Dalimunthe | Rabu, 12 Desember 2018 - 11:41 WIB

Natasha Demetra, Cheryl Halpern, Imam Prihadiyoko, Sri Anglung Prabu Punta dan Damien Dematra dalam sesi diskusi "vision of peace"i
Natasha Demetra, Cheryl Halpern, Imam Prihadiyoko, Sri Anglung Prabu Punta dan Damien Dematra dalam sesi diskusi "vision of peace"i

INDUSTRY.co.id - JAKARTA — Dalam rangkaian peringatan Hari Toleransi Sedunia yang jatuh tanggal 10 Desember setiap tahunnya, Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara), Menara62 Muhammadiyah dan International Festivals Group, menggelar ajang penghargaan bertajuk ‘Visions of Peace’. Digelar hasil kerjasama Indonesia dan Amerika, ‘Visions of Peace’ berlangsung selama satu tahun ini merupakan festival yang berfokus mencari karya-karya seni, seperti di antaranya film, lukisan, fotografi, puisi, tarian, cerita pendek, stand up comedy, dan lain-lain.

Festival yang ditujukan untuk anak usia 6-18 tahun, ini telah diadakan di empat kota di Indonesia, yakni Yogyakarta, Makassar, Semarang, dan Jakarta. Sedangkan Bogor dan Bandung sedang dalam masa penjurian. Adapun, dalam waktu dekat akan diadakan di Surabaya, Bali, Palu dan Surakarta.

“Festival ini memiliki misi untuk menggunakan cara-cara kreatif untuk mempromosikan perdamaian,“ kata Damien Dematra, salah seorang pendiri ‘Visions of Peace’ di Aula KH Ahmad Dahlan, Gedung Pimpinan Pusat Muhammadiyah, ‪Jl. Menteng Raya No. 62 Jakarta Pusat, Selasa (11/12/2018).

Damien Dematra membeberkan total peserta 625 untuk kota Jakarta, yang kemudian dipilih 25 finalis dan setelah itu dipilih tiga juara. “Juara I diberikan kepada Adrieo Ramadhan dengan karya gambar ‘Perdamaian’ dari SMP Muhammadiyah 10, Juara II jatuh kepada Sirli Fitriani dengan karya puisi ‘Esensi Perdamaian’ dari SMK Muhammadiyah, dan Juara III diberikan kepada Dance Project dari SD Muhammadiyah 49, “ bebernya.

Menurut Imam Prihadiyoko, pimpinan Menara62, perdamaian merupakan sesuatu yang merupakan esensial dan sesuai dengan prinsip Muhammadiyah yaitu, “Membawa Perdamaian Bagi Semua Orang”.

Sementara itu Ketua Umum Majelis Adat Budaya Keraton Nusantara (Madukara), Sri Anglung Prabu Punta Djajanagara Cakrabuana Girinata mengatakan, generasi sekarang seharusnya malu pada generasi muda yang bisa menciptakan karya-karya indah dan memahami arti perdamaian dari hati.

Adapun, Cheryl Halpern selaku founder mengatakan merupakan sebuah kebangaan baginya untuk bisa bersama para anak muda Indonesia yang mengikutkan karyanya sebagai bentuk ekspresi mereka atas visi hari esok yang lebih baik.“Saya merasa sangat tersentuh melihat karya-karya anak muda Indonesia yang terpilih sebagai finalis dan saya menghargai Natasha Dematra yang membantu menerjemahkan puisi para finalis,” tuturnya.

Ia pun mengucapkan selamat dan terimakasih kepada para pemenang atas karyanya yang sangat berarti tentang perdamaian. “Saya berharap kedepannya akan lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang membawa visi perdamaian ini kepada seluruh generasi muda Indonesia,“ tutupnya (AMZ)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…