Raih Predikat Paripurna RS Siloam Purwakarta Tingkatkan Pelayanan

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Desember 2018 - 04:08 WIB

RS Siloam Purwakarta (Foto Dok Industry.co.id)
RS Siloam Purwakarta (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Purwakarta-Rumah Sakit Siloam Purwakarta meraih predikat paripurna, yaitu pengakuan tertinggi dalam kualitas pelayanan dan keselamatan pasien. Predikat tersebut diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui tim Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) saat melakukan peninjauan verifikasi ulang pada 28 November 2018.

Tim surveyor KARS  memberi penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan medis,  keselamatan pasien, pengunjung dan karyawan serta kesehatan lingkungan rumah sakit di Siloam Purwakarta. Sebelumnya pada November 2017 tim KARS mengadakan verifikasi dan menyatakan Siloam Hospitals Purwakarta lulus akreditasi tingkat Paripurna pada tanggal 8 Januari 2018.

Menurut tim survei KARS yang diketuai oleh Dr. Nurul Ainy Sidik, MARS., terdapat empat tingkatan kelulusan akreditasi. "Yaitu tingkat Pratama, Madya, Utama dan Paripurna", jelas Nurul Ainy Sidik.

Keberhasilan Siloam Purwakarta meraih predikat Paripurna, Nurul bersama tim penilai memberi penilaian berdasarkan  kewajiban rumah sakit memenuhi standar kualitas dan melaksanakan pemenuhan standar tersebut.

"Pelayanan medis Siloam Purwakarta meningkat setiap tahun. Manajemen mampu memenuhi standar kualitas yang kami inginkan," imbuh Nurul Ainy Sidik.

Sebelumnya Siloam Hospitals Purwakarta dinyatakan lulus akreditasi tingkat Paripurna pada tanggal 8 Januari 2018. Namun untuk mempertahankan akreditasi tersebut, Siloam Purwakarta berkewajiban untuk meningkatkan kualitas pelayanan.

Salah satu peningkatan layanan tersebut dilakukan melalui layanan ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) yakni pemecahan batu ginjal dengan gelombang kejut tanpa pembedahan yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Urologi. Peningkatan layanan medis lainnya melalui metode Bronkoskopi, yaitu mengeluarkan benda asing yang masuk kedalam tubuh tanpa melakukan pembedahan.

"Peningkatan layanan medis ini semata mata kami tujukan untuk memenuhi keinginan masyarakat Purwakarta khususnya, baik itu meliputi warga pemilik kartu BPJS maupun dari peserta asuransi  termasuk jaminan kesehatan dari perusahaan lainnya", ungkap Hospital Director Siloam Purwakarta dr. Irwan Gandana.

Dengan peningkatan sejumlah layanan medis tersebut termasuk menjalani survei Akreditasi tiga tahun sekali dan Survei Verifikasi satu tahun sekali, predikat Paripurna berhasil dipertahankan manajemen Rumah Sakit Siloam Purwakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Rabu, 20 Maret 2019 - 08:04 WIB

Pertamina, RNI dan PTPN III Bersinergi Kembangkan Energi Terbarukan

Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Pertamina, RNI dan PTPN III menandatangani Nota Kesepahaman terkait kerjasama penyediaan bahan baku crude palm oil (CPO), Refined Bleached Deodorized…

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…