Mulai 22/12, Tol Ruas Bakauheni-Kotabaru Siap Dilalui

Oleh : Herry Barus | Selasa, 11 Desember 2018 - 15:35 WIB

Pembangunan jalan tol (Ist)
Pembangunan jalan tol (Ist)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung- Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan jalur tol Trans Sumatera ruas Bakauheni - Kotabaru di wilayah provinsi tersebut akan dibuka pada 22 Desember 2018.

"Yang baru bisa dilewati hanya ruas Bakauheni-Kotabaru pada tanggal 22 Desember 2018, sementara beberapa lokasi belum bisa dilalui karena ada beberapa titik yang harus diselesailan," ujar Qodratul Ikhwan, saat dikonfirmasi Antara, di Bandarlampung, Senin (10/12/2018)

Qodratul menjelaskan untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kendaraan di jalan lintas Sumatera Soekarno-Hatta yang biasa digunakan untuk menuju Pelabuhan Bakauheni atau sebaliknya, maka ruas tol Bakauheni sampai Kotabaru sudah dapat dilalui.

"Ada beberapa titik dari Kotabaru ke Terbanggi dan sedang dikebut pengerjaannya. Bila selesai berarti bisa tembus sampai Terbanggi besar, bila tidak selesai maka hanya sampai Kotabaru," kata dia.

Dia mengharapkan, kepada seluruh pengguna jalan tol nantinya harus tetap ekstra waspada saat melintas. Karena masih banyaknya kekurangan yaitu penerangan yang belum sempurna.

Mengenai tarif tol, Kepala Dinas Perhubungan Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan belum mengetahui persis tarif yang diberlakukan, tetapi diperkirakan masih gratis atau tidak berbayar.

"Sepertinya masih gratis, untuk menyambut Natal 2018 dan Tahun 2019 mendatang," ungkapnya Sedangkan untuk fasilitas yang ada di jalan tol sudah tersedia, seperti SPBU, toilet, mushola dan warung kecil. Ini agar para pengendara yang ingin istirahat, sholat atau berbelanja jajanan kecil bisa di tempat tersebut.

"Semua ada, karena itu yang sangat dan pasti dibutuhkan oleh oleh para pengendara," jelasnya.

Fasilitas ini disiapkan untuk menyambut Natal 2018 dan tahun baru 2019, sifatnya tidak permanen, tetapi setelah selesai Natal dan tahun baru 2019, akan dikerjalan untuk penyiapan rest area khusus.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:53 WIB

InfoEkonomi.ID Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

InfoEkonomi.ID, portal berita seputar ekonomi, keuangan dan bisnis sukses menggelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024, Kamis (28/3). Acara penghargaan yang menggandeng…

Media briefing Modal Rakyat Indonesia

Jumat, 29 Maret 2024 - 11:16 WIB

Enam Tahun Berkarya, Modal Rakyat Indonesia Terus Hadirkan Inovasi bagi Perekonomian Indonesia

Enam tahun perjalanan, namun semangat inovasi dan komitmen Modal Rakyat Indonesia terhadap kemajuan ekonomi Indonesia tetap membara. Modal Rakyat Indonesia terus menorehkan jejaknya sebagai…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:37 WIB

Melayani dan Melindungi Pemudik Lebaran 2024

PEMERINTAH hendaknya segera memastikan kesiapan seluruh moda angkutan umum, baik darat, laut maupun udara, untuk melayani hampir 200 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik guna merayakan…

Ilustrasi mudik Lebaran - Dokumentasi Roojai.co.id

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:33 WIB

Ini Tips Roojai Agar Mudik Lebaran Tenang dan Nyaman Saat Cuaca Ekstrem

Jakarta- Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada 6 April hingga 8 April 2024 mendatang. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati menghimbau pemudik…

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Jumat, 29 Maret 2024 - 10:20 WIB

Peringatan Nuzululqur'an 1445 H, Menteri Basuki: Al-Qur'an Sebagai Tuntunan Menjalankan Tugas

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan peringatan Nuzululqur'an 1445 H dan Berbuka Puasa Bersama Anak Yatim di Auditorium Kementerian PUPR, Kamis (28/03/2024).…