Smelter di Dalam Negeri Dinilai Berikan Banyak Manfaat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 22 Februari 2017 - 09:35 WIB

Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)
Smelter Indonesia (Dimas Ardian/Bloomberg/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Hilirisasi produk pertambangan melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di dalam negeri dinilai memberikan banyak manfaat bagi Indonesia.

Ketua Indonesian Mining Institute (IMI) Irwandy Arif dalam rilis di Jakarta, Selasa (21/2/2017)  mengatakan penundaan program hilirisasi tambang mineral akan melemahkan daya saing sektor industri sebagai akibat cadangan sumber daya mineralnya lebih banyak terkuras dan diekspor.

"Paling kritis sekarang ini adalah komoditas timah. Kalau tidak ada eksplorasi dan penambangan bawah laut, maka dalam sepuluh tahun Indonesia bisa menjadi 'nett importer'," katanya dalam seminar yang diselenggarakan Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) dengan tema "Urgensi Nasional Kebijakan Hilirisasi Mineral".

Sementara itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Hamdan Zoelva dalam acara yang sama mengatakan, hilirisasi mineral sudah diamanatkan UU Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba).

"Hilirisasi tambang memberikan banyak manfaat, ada partisipasi rakyat yang lebih luas seperti kesempatan bekerja yang lebih banyak di sana. Nilai tambah juga jadi meningkat, sehingga lebih besar juga keuntungan bagi rakyat," katanya.

Hamdan mendorong pemerintah menjalankan hilirisasi mineral karena sudah sesuai dengan semangat Pasal 33 UUD 1945 yaitu bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Hal senada dikatakan pakar hukum sumber daya alam Universitas Tarumanagara Ahmad Redi.

Menurut dia, sumber daya alam mineral harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat melalui peningkatan nilai tambah.

"Jangan sampai yang kita warisi anak cucu adalah kerusakan lingkungan dan kemiskinan. Kita akan susah kalau tak punya sumber daya alam lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, perusahaan pertambangan wajib mengolah dan memurnikan hasil tambangnya di dalam negeri.

"Bangun 'smelter' itu adalah kewajiban. Kalau tidak mampu, maka bisa bekerja sama dengan pelaku usaha lain," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…