Tingkatkan Kualitas Program Animasi Anak di Televisi, Kadin Teken MoU dengan KPI

Oleh : Ridwan | Selasa, 11 Desember 2018 - 09:20 WIB

Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani seusai menandatanganj MoU dengan KPI
Ketua Umum Kadin Rosan P. Roeslani seusai menandatanganj MoU dengan KPI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk mendorong peningkatan kuantitas dan kualitas program animasi anak di Televisi.

“Kami,khususnya para pelaku di industri penyiaran bersepakat untuk melakukan kerjasama mendorong perkembangan dan peningkatan siaran yang mengedepankan kepentingan anak di lembaga penyiaran,” ungkap Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani di sela-sela acara ekspose survei Indeks Kualitas Program Siaran Televisi Periode III Tahun 2018 yang digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta (10/12/2018).

Dia menjelaskan, kerja sama itu bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penyiaran melalui siaran animasi anak yang sesuai dengan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3 dan SPS) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

“Kami akan meningkatkan kerjasama penyediaan tenaga ahli atau narasumber, mengembangkan sumber daya manusia di bidang penyiaran dan animasi, serta meningkatkan kualitas konten siaran dan animasi di televisi,” terang Rosan.

Dalam struktur organisasi Kadin Indonesia terdapat tiga Komite yang berkaitan dengan penyiaran, multimedia, dan media massa, antara lain :
1.Komite Tetap Periklanan, Multimedia, Penerbitan dan Percetakan
2.Komite Tetap Informasi dan Media Massa
3.Komite Tetap Komunikasi dan Penyiaran

Berdasarkan Indeks Program KPI, program anak, variety show, sinetron dan infotainment berturut-turut dalam dua periode survei tahun 2018 indeksnya berada di bawah standar KPI. Kategori Program anak indeksnya masih mengalami fluktuasi dalam tiga periode survei sepanjang 2018.

Seperti diketahui, KPI menetapkan standar kualitas program siaran TV adalah 3,0 menggunakan skala 1 hingga 4. Program siaran TV dinilai baik atau berkualitas, jika nilai skor indeksnya minimal 3,0. Pada survei periode pertama tahun 2018 memperlihatkan, indeks kualitas program siaran TV secara keseluruhan sebesar 2,84. Sementara pada periode ke dua naik menjadi 2,87 dan mengalami penurunan di periode ketiga menjadi 2,81.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…