2018, Ekspor Perkebunan Naik Menjadi Rp432 Triliun

Oleh : Wiyanto | Selasa, 11 Desember 2018 - 07:57 WIB

Mentan Amran Sulaiman di Kebon Kopi
Mentan Amran Sulaiman di Kebon Kopi

INDUSTRY.co.id

Ditjen perkebunan mencatat adanya peningkatan yang sangat pesat hingga 26,5 persen atau setara dengan 340 triliun untuk hasil ekspor pada tahun 2017. Sedangkan pada tahun 2018, nilai ekpor kebun mencapai 432 triliun.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir. Bambang mengatakan, peningkatan ini merupakan capaian yang luar biasa mengingat harga komoditi selalu berubah-ubah. Belum lagi perekonomian dunia yang jarang stabil, bahkan cendrung tidak menentu.

"Hari Perkebunan ini harus dijadikan ajang berintrospeksi sebagai fondamental kekuatan ekonomi bangsa kita yang dihempas dengan berbagai tujuan dan isu negatif kampanye hitam dari berbagai penjuru dunia," kata Bambang, Senin (10/12).

Bambang menjelaskan, salah satu yang harus diwaspadai adalah banyaknya bangsa lain yang menginginkan Indoneaia terus terpuruk ke titik paling bawah, terutama mengenai bidang perkebunan.

"Sehingga tidak salah kalau kita saling mengingatkan bahwa bangsa-bangsa lain didunia ini tidak ingin perkebunan Indonesia itu maju. Mereka ingin mendapatkan komoditas perkebunan indonesia yang terbaik, tetapi dengan harga murah," katanya.

Bambang mengatakan, Indoneaia saat ini juga terus diserang oleh kampanye negatif untuk meruntuhakan sektor pertanian secara keseluruhan. Karena itu, Bambang meminta semua pihak ikut mengawasi dan berkontribusi.

"Jadi, walaupun sawit sebagai ekportir terbesar dunia, tetapi kita masih memiliki masalah besar seperti produktifitas yang belum maksimal karena areal perkebunan masih berada dikawasan, lahan yang HGU," katanya.

Sekeretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Kartiwa mengatakan, kemajuan bidang kebun harus benar-benar dijaga dan lebih dikembangkan lagi. Produksi kebun harus menguasai dunia karena Indonesia memiliki lahan yang luas.

"Misalnya soal Kopi. Jenia kebun ini harus menjadi primadona baru karena semakin banyaknya kedai dan warung kopi yang menjamur di Bandung. Dan jangan salah kopi Indonesia menduduki peringakat ke 4 dengan produksi kopi 600rb ton," katanya.

Iwa berharap, adanya bantuan 2 Juta benih kopi kepada 12 Kabupaten Kota dapat meningkatkan produktifitas komuoditas kopi serta meningkatkan volume ekspor kopi di Jawa Barat.

"Kopi Jawa Barat sendiri menjadi kopi dengan nilai tertinggi pada ajang festival kopi di Atlanta. Oleh karena itu kita sangat terbantu dengan bantuan 2 juta benih kopi," katanya.

Kegiatan Hari Perkebuan ke-61 tahun 2018 digelar pada tanggal 8-10 Desember 2018 di Bandung. perayaan ini menghadirkan berbagai pameran dan workshop serta panggung terbuka, talk show, lounching E-STDB (Surat Tanda Daftar Budi daya), penyerahan sertifikat ISPO.

Puncak hari perkebunan juga memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah Peduli Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, Perusahaan berperan aktif dalam pembangunan perkebunan berkelanjutan, KUD pelopor pelaksanaan Peremajaan Sawit Rakyat, Pemenang kontes kopi spesialti dan ekspor kopi, Gapoktan berprestasi dalam pengembangan agribisnis kopi spesialty, Petani pelopor ekspor gula serbuk kelapa organik dan UPPB terbaik yang menjadi acuan pengolahan Bahan Olah Karet (BOKAR) bersih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talenta-talenta Bank Mandiri

Selasa, 16 April 2024 - 23:31 WIB

Disiplin Menyemai Talenta Pegawai, Bank Mandiri Kembali Menuai Gelar Kampiun LinkedIn Top Companies 2024

Konsisten menjalankan transformasi yang berkelanjutan, kembali membawa Bank Mandiri memperoleh apresiasi dan masuk sebagai tempat kerja terbaik untuk mengembangkan karir di Indonesia versi LinkedIn…

UMKM binaan BNI ikut expo di Amerika

Selasa, 16 April 2024 - 22:49 WIB

BNI Bantu Specialty Coffee Produk UMKM Binaan Xpora Tembus Pasar Amerika

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong UMKM kopi Indonesia go global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora berpartisipasi…

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…