Arus Peti Kemas Pelindo III Meningkat Signifikan

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 06:00 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- PT Pelindo III (Persero) mencatat arus peti kemas di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) hingga November 2018 meningkat lima persen menjadi 611.486 "twenty foot equivalent unit" (TEU) dibanding November 2017 yang 577.867 TEU.

CEO Regional Jateng Pelindo III Arief Prabowo dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Minggu (9/12/2018)  mengatakan, dari total peti kemas itu, arus internasional yang mendominasi bongkar muat di TPKS, yang sekaligus merefleksikan pertumbuhan perekonomian di kawasan Jawa Tengah, terutama terkait komoditas ekspor dan impor yang dikirim melalui TPKS. "Kami optimistis bahwa target arus peti kemas tahun 2018 sebesar 731.289 TEU dapat dicapai, karena melihat tren pertumbuhan yang positif ini," katanya.

Berdasarkan data Pelindo III, dari total arus peti kemas tersebut, 51 persennya atau 313.128 TEU merupakan peti kemas ekspor yakni 49 persen, sisanya atau setara 298.358 TEU merupakan peti kemas impor.

Ia mengatakan, peningkatan arus peti kemas luar negeri, karena tingginya barang yang diangkut dengan peti kemas.

Barang-barang tersebut, kata dia, untuk mendukung proyek pembangungan PLTU Batang dan Tanjung Jati, Jepara.

Serta kenaikan jumlah pengiriman peti kemas reefer, khususnya barang hasil olahan ikan untuk tujuan Rotterdam, Belanda, yang juga mendukung peningkatan arus peti kemas di TPKS.

"Kenaikan arus peti kemas ini salah satunya disebabkan peralihan beberapa industri ke daerah Jawa Tengah, karena UMR (upah minimum regional) yang masih lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata kota Industri lainnya di Indonesia," kata Arief.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan keberadaan TPKS sangat penting sebagai gerbang ekspor-impor di Jawa Tengah.

"Kami secara bertahap juga akan menambah peralatan, termasuk 20 unit automatic-rubber tyred gantry (A-RTG) untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat di lapangan penumpukkan peti kemas, dan merupakan langkah modernisasi peralatan Pelindo III," katanya.

Doso mengatakan, pemeriksaan peti kemas impor saat ini juga akan dipercepat prosesnya dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi, ditambah adanya dua pintu gerbang baru yang juga sedang dibangun untuk mempercepat akses ke terminal.

"Kemudian di sisi perairan, kami juga akan terus merevitalisasi kolam pelabuhan agar tetap sedalam 12 meter LWS (low water spring/rata-rata permukaan air), sehingga kegiatan sandar dan bongkar muat kapal tidak terganggu karena selalu sesuai dengan jangkauan peralatan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…