Perkuat Daya Saing, BRI Dorong Sinergi Dengan BPD

Oleh : Herry Barus | Minggu, 09 Desember 2018 - 04:37 WIB

Dirut BRI Suprajarto, (Foto Rizki Meirino)
Dirut BRI Suprajarto, (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Dalam rangka membangun dan memperkuat sinergi perbankan nasional, Bank BRI bersama Bank Pembangunan Daerah (BPD) seluruh Indonesia menggelar seminar dengan mengusung tema “Memperkuat Sinergi untuk Kemajuan Bangsa” yang dilaksanakan di Hotel Kempinski, Jakarta, (7/12/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Direktur Utama Bank BRI Suprajarto beserta jajaran Direksi Bank BRI, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie M.AP, Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw, Wakil Gubernur Kalimantan Utara Udin Hianggio, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Ketua Umum Asbanda Kresno Sediarsi serta jajaran Direktur Utama Bank Pembangunan Daerah.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Bank BRI dengan mengajak seluruh BPD dalam rangka membangun sinergi yang saling menguntungkan, meningkatkan daya saing, meningkatkan efisiensi dan menjawab berbagai tantangan bisnis ke depan.

Suprajarto menjelaskan bahwa terdapat  beberapa bidang yang dapat dikerjasamakan antara Bank BRI dengan BPD, diantaranya di bidang keuangan dan permodalan, transaction banking, kerjasama pembiayaan, teknologi informasi dan jaringan serta capacity building.

Dalam bidang  keuangan dan permodalan, Bank BRI dapat memberikan fasilitas pemanfaatan dana jangka pendek melalui instrument keuangan seperti transaksi pasar uang antar bank, transaski repo, ataupun transaksi surat berharga baik pemerintah maupun korporasi.

Bank BRI juga dapat memberikan kemudahan pengelolaan dana pensiun karyawan melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) BRI dan pemanfaatan fasilitas untuk melakukan transaksi Internasional seperti trade finance, remittance, money changer bagi BPD yang sudah menjadi Bank Devisa. BPD dapat memanfaatkan channel koresponden bank yang dimiliki oleh BRI.

Dalam hal transaction banking, BRI siap bersinergi dengan BPD untuk meluncurkan business card  dan corporate card melalui kerjasama dan co-branding yang menjadikan kartu kredit dan uang elektronik milik BPD di Indonesia makin kompetitif. Tidak hanya itu, BRI juga akan memberikan fasilitas Cash Management System bagi BPD yang telah terkoneksi dengan sistem perbankan milik BRI secara real time online.

 

Dalam hal pembiayaan, BRI siap melakukan kerjasama pembiayaan berbagai proyek-proyek strategis daerah melalui kerjasama kredit sindikasi bersama BPD. BRI berkomitmen mendukung BPD untuk membangun perekonomian daerah dalam berbagai kerjasama sindikasi untuk membiayai berbagai proyek yang tengah dilaksanakan oleh pemerintah.

Bank BRI juga siap memberikan fasilitas pengembangan sumberdaya manusia bagi para pekerja BPD. Saat ini BRI telah memiliki 1 kampus  Corporate University yang berada di Jakarta dan 7 kampus BRI yang berada di Medan, Padang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar yang siap memberikan dukungan peningkatan kapasitas SDM kepada BPD.

“Kami juga siap bekerjasama dengan BPD  terkait teknologi informasi dan jaringan perbankan. BPD dapat memanfaatkan platform digital yang telah kami bangun, salah satunya melalui jaringan kerja BRI di seluruh provinsi di Indonesia, baik lewat ATM, e-Channel, Kantor Kas, Unit, KCP, dan Kanca. Tidak hanya itu, BPD juga dapat memanfaatkan Agen BRILink BRI yang sudah mencapai lebih dari 350 ribu agen, bahkan di akhir tahun bisa mencapai 450 ribu agen,” kata Suprajarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.