Yayasan Danamon Peduli Dampingi Pasar Ibuh Payakumbuh Raih SNI

Oleh : Abraham Sihombing | Sabtu, 08 Desember 2018 - 08:09 WIB

Yayasan Danamon Peduli Dampingi Pasar Ibuh Payakumbuh Raih SNI (Foto Dok Inustry.co.id)
Yayasan Danamon Peduli Dampingi Pasar Ibuh Payakumbuh Raih SNI (Foto Dok Inustry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Payakumbuh – Yayasan Danamon Peduli bermitra dengan Pemerintah Kota Payakumbuh dan Badan Standarisasi Nasional Indonesia (BSN) meresmikan Pasar Ibuh sebagai pasar yang memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) pertama di Payakumbuh, Sumatera Barat.

Sertifikasi tersebut diraih melalui program kemitraan Pasar Sejahtera (sehat, hijau, bersih dan terawat) yang dilakukan Danamon Peduli sejak 2010. Tiga persyaratan utama, yakni persyaratan umum, teknis dan pengelolaan, serta puluhan indikator lain yang wajib dimiliki sebuah pasar rakyat, menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola pasar untuk mengubah pasar tersebut menjadi pasar berstandar nasional.

“Danamon Peduli secara khusus berperan sebagai mitra pemerintah untuk melakukan revitalisasi pasar rakyat. Pada dasarnya, kami saling mengisi dan melengkapi program kerja pemerintah yang fokus pada pengembangan pasar,” jelas Restu Pratiwi, Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli.

Restu mengemukakan, Yayasan Danamon Peduli mendukung penerbitan SNI 8152:2015 Pasar Rakyat yang dilakukan BSN dan menerapkannya di program Pasar Sejahtera, sebagai upaya bersama untuk mewujudkan pasar rakyat yang siap berkompetisi dan tidak hanya mumpuni sebagai tonggak perekonomian, namun siap menunjang aspek penting lain seperti sosial, budaya dan pariwisata daerah.

Peresmian Pasar Ibuh tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Umum BSN, DR. Ir. Puji Winarni, M.A., Kepala Pusat Sistem Penerapan Standar BSN Wahyu Purbowasito Setyo Waskito, Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang diwakili oleh Staff Ahli Walikota Edvidel Adra, S.IP dan Ketua Umum Yayasan Danamon Peduli Restu Pratiwi beserta undangan pengelola pasar di seluruh Kota Payakumbuh.

Pasar Ibuh di kota Payakumbuh adalah salah satu lokasi terbaik dari 31 lokasi program Danamon Go Green – kegiatan berbasis komunitas pasar yang diinisiasi oleh Danamon Peduli selama 2008 – 2011.

Danamon Go Green adalah kegiatan mengubah sampah organik pasar menjadi kompos yang berkualitas melalui pengadaan tempat pengolahan sampah terpadu (TPST) dan pelatihan pengelolaan.

Dengan mempertimbangkan komitmen komunitas pasar dan pemerintah daerah yang tinggi, Danamon Go Green mendorong Danamon Peduli untuk melanjutkan kemitraan dengan Pemerintah Kota Payakumbuh dalam bentuk program kerja yang lebih holistik, yaitu program Pasar Sejahtera.

Program Pasar Sejahtera ini difokuskan pada pelaksanaan program: (i) revitalisasi fisik pasar dan (ii) revitalisasi non fisik, seperti peningkatan kapasitas kelembagaan,edukasi pemangku kepentingan tentang pasar dan promosi peran dan nilai.

Sejak2015, pelaksanaan Program Pasar Sejahtera mengacu pada SNI 8152:2015 Pasar Rakyat, dimana semua pasar binaan Danamon Peduli diarahkan untuk menjadi pasar rakyat berstandar nasional Indonesia (SNI).

Saat ini, terdapat lima pasar percontohan Pasar Sejahtera, yaitu Pasar Ibuh Payakumbuh, Sumatera Barat; Pasar Rejowinangun Magelang dan Pasar Bunder Sragen, Jawa Tengah; Pasar Dasan Agung Mataram, Nusa Tenggara Barat dan Pasar Pandansari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Dukungan Danamon Peduli bersama dengan komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh mendorong Pasar Ibuh berhasil meraih predikat pasar berstandar nasional Indonesia (SNI 8152:2015 Pasar Rakyat) ke-28 dari total pasar rakyat 9.000-an di seluruh Indonesia. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…