Pabrik Petrokimia Lotte Chemical Senilai Rp53 Triliun Dinilai Mampu Perbaiki Neraca Perdagangan Indonesia

Oleh : Ridwan | Jumat, 07 Desember 2018 - 14:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Kepala BKPM Thomas Lembong dan Chairman Lotte Group Shin Dong Bin dalam acara Groundbreaking pabrik petrokimia PT Lotte Chemical Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Kepala BKPM Thomas Lembong dan Chairman Lotte Group Shin Dong Bin dalam acara Groundbreaking pabrik petrokimia PT Lotte Chemical Indonesia (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cilegon, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto secara resmi melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) pembangunan pabrik petrokimia PT Lotte Chemical Indonesia di Cilegon, Banten, Jumat (7/12/2018).

Pabrik yang berdiri di atas lahan seluar 100 hektare (Ha) tersebut menelan investasi sebesar USD 3,5 miliar atau sekitar Rp53 triliun, dan memiliki total kapasitas produksi naphta cracker sebanyak 2 juta ton per tahun, serta diproyeksi menyerap tenaga kerja langsung hingga 1.500 orang dan dengan tenaga kerja tidak langsung bisa mencapai 4.000 orang pada periode 2019-2023. 

Dalam sambutannya, Menperin memberikan apresiasi kepada PT Lotte Chemical yang terus berkomitmen merealisasikan investasinya di Indonesia. 

"Kemarin selepas Rapat Kabinet, saya sudah laporkan ke Bapak Presiden Joko Widodo terkait berbagai isu yang dikeluhkan oleh PT Lotte Chemical, dan alhamdulillah permasalahan itu bisa diselesaikan sebelum acara ini," kata Airlangga. 

Ditambahkan Menperin, industri petrokimia sama pentingnya seperti industri baja, sebagai mother of industry. "Oleh karena itu, dengan adanya pabrik ini akan melengkapi strukutr pendalaman industri di Indonesia," terangnya. 

Berdasarkan karakteristiknya, menurut Menperin, industri petrokimia dikategorikan sebagai jenis sektor manufaktur yang padat modal, padat teknologi dan lahap energi sehingga perlu mendapat perhatian khsusus dari pemerintah untuk langkah pengembangan yang berkelanjutan. 

“Di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0, telah ditetapkan industri kimia menjadi salah satu sektor yang mendapatkan prioritas pengembangan agar menjadi pionir dalam penerapan revolusi industri 4.0,” jelasnya.

Airlangga menyakini dengan beroperasinya pabrik petrokimia milik PT Lotte Chemical Indonesia dapat meningkatkan perekonomian Indonesia secara fundamental, dengan penghematan devisa dari substitusi impor, dan akan pula dapat memperbaiki neraca perdagangan. 

Oleh karena itu, lanjut Menperin, pihaknya bertekad mendorong percepatan pembangunan komplek petrokimia tersebut, sehingga mendukung pengurangan impor produk petrokimia minimal 50 persen.

“Kami juga berharap agar proyek ini lebih mengutamakan penggunaan komponen lokal. Termasuk tenaga kerja yang akan dilibatkan dalam proyek ini, harus lebih diutamakan dari dalam negeri,” tegasnya.

Dalam upaya memasok tenaga kerja yang kompeten, Kemenperin memfasilitasi pembanguan Politeknik Industri Kimia di Cilegon. “Melalui program pelatihan dan pendidikan vokasi tersebut, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan operator atau tenaga kerja lainnya untuk pabrik ini,” imbuhnya. 

Chairman Lotte Group Shin Dong Bin mengungkapkan, pihaknya siap berkontribusi dan berusaha untuk mewujudkan ekonomi Indonesia yang lebih tangguh. 

"Keberhasilan pelaksanaan proyek line ini akan menjadi tonggak penting bagi rencana Lotte Group dan perusahaan untuk menjadi perusahaan petrokimia terkemuka di Asia Tenggara. Proyek Line ini akan menghasilkan peluang bisnis dan kesempatan kerja yang sangat besar, dan pertumbuhan bagi masyarakat Indonesia," kata Shin. 

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Indonesia, Thomas Lembong mengatakan, peletakan batu pertama ini merupakan peristiwa penting dan bersejarah dalam perkembangan industri dan investasi di Indonesia. 

"Korea Selatan selalu menempati peringkat ke-3 investor internasional di Indonesia sejak 20 tahun terakhir. Ini tentunya menunjukkan etika kerja dan keseriusan Korsel di Indonesia," ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Thomas Lembong memberikan selamat dan apresiasi yang sebesar-besarnya terkhusus untuk Cahirman Lotte Group Shin Dong Bin yang mempunyai visi sangat luar biasa. 

"Beliau (Shin Dong Bin) sangat luar biasa agresif dan progresif, ini yang saya apresiasi," kata pria yang sering disapa Tom. 

Dikesempatan yang sama, Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang Beom mengucapkan selamat atas peletakan batu pertama pembangunan pabrik petrokimia PT Lotte Chemical Indonesia. 

"Lotte Group telah berkontribusi pada kemajuan ekonomi Indonesia dan berperan penting dalam menjalin kerja sama ekonomi antara Korsel dan Indonesia," imbuh Kim. 

Dijelaskan Kim, pemerintah dan pengusaha Korsel akan terus memperluas cakupan kerja sama ekonomi dengan Indonesia. 

"Korsel akan menjadi mitra terbaik Indonesia untuk bersama-sama menuju masa depan yang lebih cerah," tutup Kim. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…