AirAsia Perluas Pasar Penerbangan Murah di Vietnam

Oleh : Herry Barus | Jumat, 07 Desember 2018 - 06:48 WIB

CEO Group AirAsia Tony Fernandes (Foto Ist)
CEO Group AirAsia Tony Fernandes (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Labuan Bajo- Maskapai AirAsia semakin memperluas pasar penerbangan berbiaya murah di Vietnam dengan menandatangani memorandum kerja sama dengan mitra lokal, yaitu Thien Minh Travel Joint Stock Company (TMG).

Group CEO AirAsia Tony Fernandes dalam keterangan tertulis di Labuan Bajo, Kamis (6/12/2018) telah menandatangani memorandum kerja sama tersebut dengan CEO Thien Minh Travel Joint Stock Company (TMG) Tran Trong Kien. Penandatanganan dilaksanakan di sela-sela Vietnam Travel and Tourism Summit 2018, disaksikan oleh Wakil Perdana Menteri Vietnam, Vu Duc Dam dan Wakil Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam, Le Quang Tung.

"AirAsia adalah maskapai penerbangan Asean. Vietnam adalah salah satu negara dengan populasi besar di Asean yang masih belum kami jajaki. Memorandum hari ini menegaskan kembali komitmen kami untuk mewujudkan kehadiran AirAsia di Vietnam. Tahun lalu, ketika kami mengumumkan 'joint venture' ini, kami memandang optimis terhadap Vietnam dan kini kami tetap sangat optimis untuk melayani salah satu perekonomian paling dinamis dengan perkembangan paling cepat di Asia," kata Tony.

Ia menilai AirAsia telah menjadi grup maskapai asing terbesar di Vietnam secara kapasitas. Saat ini AirAsia beroperasi di lima destinasi di Vietnam, termasuk destinasi terbaru kami, Phu Quoc. Selain itu, lanjut dia, AirAsiaakan terus memperluas jaringan untuk menghubungkan Vietnam dengan Asean dan sekitarnya yang akan dipercepat melalui kehadiran "joint venture" lokal.

"Kami sangat bersemangat dan tidak sabar untuk membawa lebih banyak pengunjung ke negara yang menakjubkan ini, serta menawarkan perjalanan udara terjangkau ke 95 juta penduduk Vietnam dalam waktu dekat," katanya.

Sementara itu, CEO TMG Tran Trong Kien seperti dilansir Antara menuturkan pariwisata Vietnam telah menunjukkan performa yang sangat baik dengan jumlah kedatangan internasional telah berlipat ganda selama tiga tahun terakhir dan perjalanan domestik dan luar negeri juga telah berkembang pesat.

Dia menambahkan sektor ini telah berkontribusi besar terhadap perkembangan ekonomi dan kemajuan sosial saat ini. Vietnam sebagai sebuah negara membutuhkan konektivitas yang lebih baik untuk melanjutkan tren ini dan memungkinkan sektor pariwisata untuk mencapai potensi terbaiknya. "Penambahan maskapai baru, terutama pada momen ini dan dengan operator berpengalaman seperti AirAsia, adalah langkah yang sangat dibutuhkan dan disambut baik. Maskapai baru ini akan memberikan pilihan yang lebih beragam dan lebih baik kepada penduduk kami di tahun-tahun mendatang," katanya.

AirAsia mengoperasikan 141 penerbangan pulang-pergi setiap minggunya di 13 rute - termasuk enam rute unik - yang menghubungkan Hanoi, Ho Chi Minh City, Da Nang, Nha Trang dan Phu Quoc dengan Kuala Lumpur, Penang dan Johor Bahru di Malaysia, Bangkok dan Chiang Mai di Thailand dan Manila di Filipina, serta telah membawa 12 juta penumpang menuju dan dari Vietnam sejak memasuki pasar pada tahun 2005.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…