APL Pasarkan Properti ke Milenial di Berbagai Kota

Oleh : Wiyanto | Kamis, 06 Desember 2018 - 17:08 WIB

Zaldy Wihardja, Assistant Vice President, Residential Marketing Optimis Properti tetap tumbuh
Zaldy Wihardja, Assistant Vice President, Residential Marketing Optimis Properti tetap tumbuh

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menyadari pentingnya kesadaran berinvestasi bagi generasi Millenial, Agung Podomoro Land mengadakan program spesial bertajuk Home for Millennials. Digelar mulai 4 Desember hingga 9 Desember 2018, program ini dirancang khusus bagi para millennial dengan menghadirkan Hunian Angsuran hanya Rp 2Jutaan.

Program ini didasarkan pada temuan Riset Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai adanya peralihan konsumsi di masyarakat. Kepala BPS Suhariyanto mengatakan kalangan usia produktif kini lebih senang membelanjakan uangnya untuk mencari pengalaman ketimbang memiliki barang.

Agung Wirajaya, Assistant VP, Head of Strategic Residential Marketing Division mengatakan, Salah satu alasan mengapa generasi milenial kurang giat menabung dan berinvestasi adalah mereka cenderung menghabiskan uang mereka untuk jalan-jalan mencari pengalaman serta mengunjungi tempat-tempat baru. Hal ini tentu sangat disayangkan, mengingat pentingnya berinvestasi sejak dini. Akan lebih baik jika sebagian dari penghasilan generasi milenial dialihkan untuk berinvestasi. Contohnya melalui pembelian properti.

Data dari Bappenas mengemukakan bahwa Indonesia memiliki 250 juta jiwa, 60% dari jumlah tersebut adalah usia produktif (15-64 tahun) yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia. Sedangkan jumlah generasi milenial di Indonesia (usia 22-37 tahun) adalah 34,45% atau 90 juta dari total jumlah penduduk Indonesia.

Agung menjelaskan, generasi milenial menguasai 40% kelompok pembeli potensial properti di Indonesia. Dan angka tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 70% pada 2030. Faktor generasi milenial yang lebih mementingkan gaya hidup serta pencarian pengalaman baru, ditambah semakin meningkatnya harga jual rumah, menjadi perhatian khusus dan mendasari dirancangnya program khusus Hunian Angsuran hanya Rp2jutaan.

Semakin bertambahnya usia tentu para milenial harus mulai berpikir lebih bijak dalam mempersiapkan masa depan. Caranya adalah dengan mulai berinvestasi dan mengelola keuangan. Pilih instrumen investasi yang aman dan menguntungkan, yaitu pembelian properti. Karena khususnya di Indonesia, ketersediaan lahan sangatlah terbatas, jelas Zaldy Wihardja, Assistant Vice President, Residential Marketing

Zaldy menambahkan Walaupun banyak kendala yang dihadapi milenial saat ingin membeli properti, namun mereka harus memaksakan diri membelinya. Karena kenaikan harga properti selalu lebih tinggi daripada inflasi. Artinya properti adalah alat investasi yang aman dan menguntungkan, sekaligus dapat menjadi penghasilan tambahan (passive income) serta porto folio income melalui kenaikan harga properti tiap tahun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Migas Ilustrasi

Senin, 18 Februari 2019 - 21:46 WIB

10 Wilayah Ini Simpan Cadangan Migas Skala Besar

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan telah mengidentifikasi 10 area di Indonesia yang berpotensi menyimpan cadangan migas dalam skala…

Ilustrasi dana desa (Foto Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 21:28 WIB

Ini Kata Mantan Kepala BP Batam Agar Dana Desa Lebih Maksimal

Alokasi dana desa dari pemerintah pusat ke daerah dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Berdasarkan data Kemendes, penyaluran dana desa 2015 sebesar Rp 20,67 triliun, 2016 sebesar Rp 46,98…

Asahimas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Februari 2019 - 21:00 WIB

Industri Kaca Dalam Negeri Dukung Produk Otomotif Nasional

Industri kaca dalam negeri PT Asahimas Flat Glass Tbk memasok 90 persen kaca otomotif yang diproduksinya untuk produk otomotif di Indonesia.

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Senin, 18 Februari 2019 - 20:55 WIB

Rayakan Tahun Baru Imlek, Lenovo Tebar Banyak Hadiah Menarik

Salah satu merek PC terdepan di dunia, Lenovo mengadakan promo khusus Chinese New Year untuk menyambut tahun baru imlek.

Peternakan dan konservasi terpadu ayam asli Indonesia

Senin, 18 Februari 2019 - 20:53 WIB

Bali Miliki Pabrik Penetasan Ayam Lokal

Bali,- Mimpi menjadikan ayam lokal menjadi tuan rumah di negeri sendiri, kini sudah di depan mata. Indonesia bagian timur, yaitu Provinsi Bali kini telah ada pabrik penetasan (Hitchary) ayam…