Indonesia-Taiwan Kerja-Sama Pemberdayaan Petani

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 17:09 WIB

Petani Padi (Ilustrasi)
Petani Padi (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Indonesia dan Taiwan melakukan kerja sama bidang pertanian terutama pada pemberdayaan petani di Tanah Air.

"Kami melakukan kerja sama terutama dalam bidang pertanian, bagaimana meningkatkan taraf hidup para petani. Bulan lalu, kami mengirim 30 petani ke Taiwan untuk belajar mengenai pertanian di sana," ujar Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Pertanian, Mesah Tarigan, usai seminar 42 Tahun Kerja Sama Pertanian Taiwan dan Indonesia di Jakarta, Kamis (6/12/2018)

Dalam waktu dekat, pihaknya juga akan mengirim 40 petani ke Taiwan. Mesah mengatakan Taiwan memiliki keunggulan di bidang pertanian, terutama dalam hal benih.

"Benih kita masih belum begitu bagus, kita masih impor. Beberapa hal yang sudah sukses hasil kerja sama dengan Taiwan seperti jambu batu kristal di Bogor dan asparagus di Bali," jelas dia.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei, John C Chen, mengatakan kerja sama Indonesia dan Taiwan sudah terjalin sejak 42 tahun yang lalu.

"Sampai saat ini berbagai program kerja sama telah dilaksanakan, termasuk di dalamnya perbaikan sistem budidaya, baik budidaya jamur, asparagus, jeruk, maupun ternak," kata Chen.

Beberapa proyek kerja sama, sampai saat ini ada 18 proyek, di antaranya Project OVOP Bali , Project Agribisnis Bogor , Peningkatan dan Pengembangan Pertanian Korporasi Area Bandung , Pengembangan Padi Varietas Unggul di Sulawesi Selatan , dan Kerja Sama Area Percontohan Pertanian di Karawang .

Di Bali, ada seorang petani yang hidup dalam kesusahan, setelah ikut pelatihan Project One Product One Village (OVOP) Bali dalam budidaya asparagus, sekarang pendapatannya lebih stabil, dan juga meningkat besar dibanding dulu, dan mendapat banyak pujian dari masyarakat sekitar.

"Kami berharap kerja sama antara Taiwan dan negara-negara di Asia Tenggara yang saling menguntungkan dan saling memakmurkan. Indonesia adalah partner kerja sama paling penting bagi Taiwan di bawah kebijakan ini, dan selama dua tahun ini Taiwan secara aktif meningkatkan kerja sama dengan Indonesia, memperdalam hubungan bilateral antara Taiwan dan Indonesia, dan memperat hubungan antar masyarakat," jelas Chen.

Indonesia dan Taiwan juga memiliki mega proyek pertanian di Karawang, Jawa Barat. Kerja sama meliputi pengembangan teknik irigasi, beras, hortikultura, ternak, dan asosiasi pertanian. Taiwan dengan organisasi irigasi modern, peralatan dan mesin pertanian yang modern, konsultasi teknis, pelatihan SDM, dan kunjungan lapangan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Lenovo 'The Rise of Region' (Foto: Dok. Lenovo)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:15 WIB

Lenovo Kembali Gelar Turnamen "Rise of Legion" di Berbagai Kota

Lenovo, salah satu merk teknologi terdepan di dunia, kembali mengadakan turnamen eSports tingkat nasional yang bertajuk "Rise of Legion".

Puluhan wartawan dan pelaku usaha mikro dapat pelatihan Vokasional SDM Kewirausahaan

Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pacu Wirausaha Baru, Kemenkop dan UKM Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Kementerian Koperasi dan UKM menggelar pelatihan pembuatan bakery dan roti bagi calon-calon wirausaha pemula termasuk wartawan.

Ilustrasi Kapas

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:25 WIB

Wow! 99 Persen Kapas Bahan Baku Tekstil Masih Impor

Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) mencatat bahan baku industri tekstil tidak semuanya bisa terpenuhi dari dalam negeri, terutama kapas.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:05 WIB

Industri 4.0 Mampu Lahirkan Unicorn Baru di Indonesia

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, perkembangan industri digital yang sangat pesat diTanahAir telah melahirkan empatunicornatau perusahaanstartupdengan valuasi lebih dari…

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.

Sabtu, 23 Februari 2019 - 17:00 WIB

Resmi Beroperasi, LinkAja Percepat Inklusi Keuangan Masyarakat

Uji coba aplikasi mobile money TCASH menjadi LinkAja resmi dimulai pada tanggal 22 Februari 2019.