Industri Properti 2019 Belum Sepenuhnya Pulih

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 15:04 WIB

Ilustrasi Perumahan
Ilustrasi Perumahan

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memperkirakan sektor properti pada 2019 masih belum sepenuhnya pulih, melanjutkan tren pelambatan pertumbuhan pada 2018.

Ketua Kompartemen Properti Apindo Eddy Hussy di Jakarta, Rabu (5/12/2018)  menyampaikan tantangan dunia properti pada 2019 tidak hanya dilihat dari kondisi ekonomi, tetapi dari situasi politik.

Menurut dia, masyarakat cenderung memiliki banyak pertimbangan dalam membeli properti. Pasalnya, properti merupakan salah satu bentuk investasi jangka panjang.

"Pemilik properti, mulai dari 'office' (perkantoran) dan apartemen harus jeli melihat peluang pada 2019 nanti," sebut Eddy.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani turut menyoroti alternatif pendanaan yang harus disediakan pemerintah untuk mendorong agar sektor properti terus bertumbuh.

Ia berpendapat, pendanaan untuk sektor properti tidak dapat bergantung pada perbankan, mengingat banyak bank beranggapan keuntungan berinvestasi di sektor properti cenderung kecil.

"Kita mendorong agar sektor properti, khususnya pembangunan rumah juga dapat memanfaatkan dana dari BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) tenaga kerja dan hari tua. Ada dasar hukumnya, peraturan pemerintah menyebut bahwa 15 persen dari jaminan hari tua dapat dialokasikan untuk perumahan," terang Hariyadi.

Ia menyebut, nilai yang berpotensi dapat dialokasikan ke sektor perumahan mencapai Rp78 triliun.

"Tentu tidak semua uang itu digunakan," sebut Hariyadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:00 WIB

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger

Di tahun 2018 yang lalu, telah terjadi serangkaian bencana alam di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Lombok, Palu, Donggala, Sigi dan area sekitar Selat Sunda yang menyebabkan kerusakan…