Presiden Jokowi Dijadwalkan Bagikan Sertifikat 4.000 Ha Siak Riau

Oleh : Herry Barus | Kamis, 06 Desember 2018 - 13:15 WIB

Sertifikat tanah (Foto Dok Industry.co.id)
Sertifikat tanah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan membagikan sertifikat tanah objek reformasi agraria (Tora) dengan total luas mencapai 4.000 hektare kepada masyarakat Kabupaten Siak dalam agenda kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau, 8 Desember 2018 mendatang.

"Tora ini adalah tanah hak guna usaha (HGU). Tapi lahan ini tidak dimanfaatkan perusahaan dan sekarang sudah diambil pemerintah. Kita akan serahkan ke masyarakat," kata Bupati Siak, Syamsuar di Siak, Rabu (5/12/2018)

Dia menjelaskan dalam tahap awal ini seluas 4.000 hektare, dari total 10.000 hektare lahan akan dibagikan kepada petani Siak. Seluruh lahan tersebut sebelumnya dikuasai oleh perusahaan yang bergerak di bidang hutan tanaman industri (HTI).

Namun, katanya, belakangan perusahaan tersebut ingin mengganti jenis tanaman perkebunan sawit.

"Sementara itu lahannya gambut jadi saya tidak izinkan. Totalnya 10.000 hektare. Nama perusahaannya PT Makaria Ekaguna," katanya.

Dia mengatakan karena tidak mendapat izin untuk pengelolaan lahan tersebut, maka perusahaan menyerahkan ke pemerintah. Dari inventarisir sementara total 4.000 hektare lahan siap untuk diserahkan ke masyarakat.

Namun, Syamsuar menjelaskan sesuai rencana total 10.000 hektare lahan tersebut akan diserahkan seluruhnya untuk kepentingan masyarakat.

"Nanti akan diserahkan Presiden," tuturnya.

Sebelumyab anggota Fraksi PDIP Perjuangan DPRD Provinsi Riau Makmun Solihin di Pekanbaru, Minggu (2/12), menyebutkan ada tiga agenda Presiden Jokowi, selain membagikan sertifikat Tora, akan memenuhi undangan Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dan pelantikan Tim Kampanye Daerah (TKD).

Makmun yang merupakan Bendehara DPD PDIP Riau menjelaskan rencana tempat acara pemberian sertifikat tanah objek reformasi agraria di Kabupaten Siak.

"Namun, agenda tersebut masih tentatif atau belum pasti. Saya akan menginformasikan kembali jika ada perubahan agenda," ujarnya kepada Antara.

Terkait dengan pelantikan TKD Riau, kata dia, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada tim pemenangan daerah.

"Kami sedang melakukan persiapan-persiapan kedatangan Presiden. Nanti Bapak Jokowi melakukan kunjungan sehari tetapi tidak menginap mengingat jadwalnya sebagai Presiden sangat padat," kata Makmun.

Makmun menegaskan bahwa kunjungan Jokowi ke Riau untuk tugas kepresidenan, bukan untuk berkampanye

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:00 WIB

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger

Di tahun 2018 yang lalu, telah terjadi serangkaian bencana alam di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Lombok, Palu, Donggala, Sigi dan area sekitar Selat Sunda yang menyebabkan kerusakan…