Buka Kongres PII ke-XXI, Menperin Sebut Tenaga Kerja Indonesia Telah Siap Sambut Era Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Kamis, 06 Desember 2018 - 12:05 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres ke-XXI Persatuan Insinyur Indonesia (Foto: Kemenperin)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres ke-XXI Persatuan Insinyur Indonesia (Foto: Kemenperin)

INDUSTRY.co.id - Padang, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto secara resmi membuka Kongres ke-XXI Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Kongres yang mengusung tema 'Meningkatkan Profesional Sumber Daya Keinsinyuran dan Penerapan Teknologi Cerdas' berlangsung di Grand Inna Hotel, Padang, Sumatera Barat, Kamis (6/12/2018).

Sebagai bagian dari Keluarga besar PII dan pernah menjadi Ketua Umum PII, Menperin menyambut baik kongres PII ke-XXI, dan diharapkan menjadi langkah strategis untuk mewujudkan Indonesia bisa masuk jajaran 10 besar ekonomi dunia di tahun  2030.

Dalam sambutannya, Menperin menyampaikan beberapa capaian utama kinerja pemerintah selama 4 tahun (2014-2018), antara lain pertumbuhan ekonomi rata-rata diangka 5 peresen di atas rata-rata dunia yang sekitar 3 persen. 

"Saat ini, pemerintah tidak hanya membangun infrastruktur tapi juga sektor-sektor ekonomi lainnya termasuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam menyambut era industri 4,0," kata Airlangga.

Menurut menperin, dengan memulai penerapan industri 4.0, Indonesia ditargetkan menjadi 10 besar kekuatan ekonomi dunia di tahun 2030 dengan nett ekspor mencapai 10 persen PDB, produktivitas meningkat 2 kali lipat, dan anggaran R&D minimal 2 persen dari PDB.

"Ada 5 teknologi utama yang menjadi kunci dalam penerapan revolusi inustri ke-4 yaitu, artificial intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Wearable (AR/VR), Advanced Robotics, dan 3D printing," ungkapnya.

Menanggapi pertanyaan para insinyur mengenai kesiapan Indonesia, Menperin menyampaikan Indonesia telah meluncurkan peta jalan Making Indonesia 4.0 yang berisi antara lain 10 strategi prioritas nasional, serta menyiapkan SDM yang berkompeten mulai dari level pimpinan tertinggi seluruh stakeholder melalui program Training of Trainer (ToT) sampai ke pelaksanaan melalui program vokasi industri berbasis kompetensi yang link and match dengan industri.

"Saat ini, kami memiliki 9 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 10 Politeknik dan 2 Akademi Komunitas yang semua lulusannya terserap bekerja di industri," terang Menperin.

Diakhir sambutan, Menperin menekankan bahwa para insinyur adalah orang-orang yang kreatif dan inovatif, serta terbiasa menyelesaikan masalah. 

"Jadi insinyur harus bisa menemukan peluang dan melahirkan inovasi, adapun peran pemerintah adalah memberikan fasilitas dan kesempatan," papar Airlangga.

Menperin berharap dalam kongres ke-XXI PII dapat menetaskan insinyur-insinyur yang kompeten dan berdaya saing global.

Sementara itu, Ketua Umum PII Hermanto Dardak mengungkapkan, pihaknya akan terus berupaya membangun sumber daya manusia di bidang keinsinyuran yang mampu memberi nilai tambah. "Sehingga, insinyur Indonesia bisa lebih kompetitif dibanding negara lain," terang Hermanto.

dalam kesempatan tersebut, Hermanto melaporkan bahwa anggota PII kini sudah mencapai 30.000 orang dan pada kongres ini akan diresmikan insinyur profesional yang ke 14.000. "Tentunya di tengah kemajuan teknologi saat ini PII turut mndorong penggunaan teknologi cerdas terutama memasuki era indurti 4.0," imbuhnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, jumlah lulusan sarjana teknik saat ini yang berpotensi menjadi insinyur profesional mencapai 900 ribu orang. Namun, memang tidak semua bisa menjadi insinyur profesional, karena tidak seluruhnya berminat menekuni profesi tersebut.

"Kalau mau jadi profesional, mereka nanti terintegrasi oleh Persatuan Insinyur Indonesia. Ini adalah kontrol kualitas, jangan sampai bangun gedung tinggi nanti tidak terkontrol," kata hermanto.

Sebelumnya, Persatuan Insinyur Indonesia (PII) menargetkan sebanyak 14 ribu insinyur indonesia tersertifikasi hingga akhir tahun 2019. "Setidaknya target tersebut bisa tercapai saat kongres PII ke-XXI kali ini," tutup Hermanto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…