Universitas UPH Selenggerakan Forum Design

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 21 Februari 2017 - 19:30 WIB

Universitas Pelita Harapan Menyelenggarakan Seminar Bertajuk "Design For The Changing World" (Ist)
Universitas Pelita Harapan Menyelenggarakan Seminar Bertajuk "Design For The Changing World" (Ist)

INDUSTRY.co.id, Tangerang - Menempuh jenjang pendidikan dan ilmu memang tidak ada batasnya, maka dari itu Universitas Pelita Harapan (UPH) Lippo Karawaci menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan Kengo Kuma dan Mitsubishi Jisho Sekkei, arsitek bangunan-bangunan terkemuka dunia, yang juga dipercaya sebagai konsultan design rencana induk pengembangan Orange County di Cikarang Jawa Barat.

Dalam seminar bertajuk "Design For The Changing World" Kengo Kuma menjelaskan tren desain terbaru yang akan diterapkan di Orange County dalam menyikapi perubahan gaya hidup perkotaan di masa depan.

Dalam paparannya di Kampus UPH Karawacim Tangerang, Kengo Kuma mengatakan, Orange County direkomendasikan sebagai pusat destinasi untuk lingkup regional terutama bagi masyarakat Jakarta, Bandung, maupun penduduk sekitar Cikarang yang jumlahnya terus mengalami kenaikan. Selasa (21/2/2017)

Kengo kuma bekerja sama dengan Mitsubishi Jisho Sekkei Inc dipercaya menggarap National Stadium di Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020 dengan desain Orange County. Mereka merumuskan empat aspek utama yang akan menjadi landasan pengembangan tahap awal.

Walkable City, yaitu jalur pedestrian yang diciptakan khusus dan eksklusif, memungkinkan kenyamanan dan sensasi berjalan kaki tanpa terganggu lalulintas. Dikombinasikan dengan beberapa pusat kegiatan yang terkoneksi, sehingga sepanjang jalur ditemui banyak aktivitas dan keindahan visual yang dapat dinikmati.

Interlink Attraction, mall yang didisain untuk beragam variasi tren ke depan. Salah satunya, tema "Japan Cool" yang menghadirkan tidak hanya ruang retail namun juga pusat-pusat kegiatan untuk budaya Jepang dan ruang pamer teknologi Jepang ke depannya.

Flexibility, mall dan pengembangan kawasan ke depan harus dapat mengakomodir perubahan gaya hidup perkotaan. Tren perubahan ke arah digital dan online, membawa sikap baru dalam pengalaman berbelanja. Mall masa depan harus menciptakan konsep atrium terbuka, pop-up store, dan ruang pamer bagi startup and wirausahawan muda untuk mempromosikan produk dan karyanya. Di samping itu, central pick-up untuk pemesanan produk-produk online, co-working space, serta sentral informasi yang dapat diakses oleh semua pengunjung.

1 Stop Facilities, menciptakan ruang yang menarik bagi semua umur sekaligus menjadi wahana atraksi bagi anak-anak, remaja dan kalangan muda, hingga dewasa dan lansia. Semua dapat dipuaskan dalam one stop facilities, baik yang bersifat bisnis maupun hiburan dan rekreasi.

"Semua ini akan menjadi konsep pengembangan Orange County sebagai hub di Koridor Timur yang lebih siap untuk menyambut infrastruktur baru seperti hadirnya kereta cepat, pelabuhan Patimban, bandara internasional, LRT, dan Automatic People Mover (APM)," Ujarnya

Orange County dikembangkan di atas lahan seluas 322 hektar, ditargetkan sebagai kawasan terpadu berstandar internasional akan menjadi benchmark baru bagi kota masa depan. Tahap I Orange County seluas 19,5 hektar telah dibangun apartemen, hotel, office, pusat perbelanjaan, retail & commercial, sekolah/universitas, rumah sakit, convention center.

Enam menara apartemen telah dipasarkan, dan lima diantaranya telah sold out 100 persen. Menara apartemen kelima dan keenam merupakan joint venture antara Lippo Group dan Mitsubishi Corporation Jepang.

Sedangkan  yang hadir pada acara tersebut mengatakan, tema liveable city yang diusung Kengo Kuma dapat diterjemahkan dalam berbagai aspek desain yang tidak hanya menciptakan ruang fisik semata, namun memberikan sensasi pengalaman yang tidak ditemukan ditempat lain dalam beraktivitas. Selain itu, desain juga diciptakan untuk mengadaptasi perubahan gaya hidup di masa depan.

Lebih jauh Rektor Universitas Pelita Harapan DR. (Hon). Jonathan L. Parapak mengatakan,jurusan Arsitektur UPH berdiri sejak tahun 1994. Sampai saat ini, perkembangan jurusan Arsitektur UPH cukup signifikan, ditandai dengan semakin lengkapnya fasilitas pendukung pendidikan berupa workshop manual (bengkel kayu dan bengkel besi) serta workshop digital (laser cutting dan beberapa jenis printer 3D).

Setiap tahun, jurusan Arsitektur UPH menerbitkan buku proses belajar mahasiswa bernama Archive, sejak tahun 2007.

Jurusan Arsitektur UPH selalu berusaha mengikuti perkembangan dunia praktik arsitektur. Mahasiswa didorong untuk mengikuti perkembangan arsitektur Indonesia dan dunia dengan mengundang para arsitek berpengalaman untuk memberikan kuliah umum.

Salah satunya melalui penyelenggaran Design Forum dengan pemaparan tren desain terbaru oleh Kengo Kuma, kata Jonathan L. Parapak. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Kamis, 25 April 2024 - 06:55 WIB

Perempuan Indonesia Kian Menunjukan Peran Strategis di Sektor Asuransi

Peran perempuan dalam industri asuransi di Indonesia semakin penting dan strategis, baik sebagai konsumen, maupun karyawan dan pengambil keputusan. Jenjang karir semakin terbuka, kendati masih…

Kedua kiri : Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko Ketiga kiri: Asisten Deputi Bidang Jasa Asuransi dan Dana Pensiun Kementerian BUMN Hendrika Nora Osloi Sinaga tengah : Komisioner Komisi Informasi Pusat Samrohtunnajah Ismail

Kamis, 25 April 2024 - 06:47 WIB

Perkuat Implementasi Keterbukaan Informasi, IFG Bersama Lima BUMN Selenggarakan Forum Edukasi Keterbukaan Informasi Publik

Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan,dan Investasi berkomitmen mendukung implementasi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) secara berkelanjutan dalam rangka penerapan…

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 06:23 WIB

Panglima TNI Pimpin Apel Bersama Wanita TNI Tahun 2024

Apel Bersama Wanita TNI kembali digelar dalam rangka Hari Kartini Tahun 2024 yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Evi…

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Kamis, 25 April 2024 - 06:12 WIB

Dankormar Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi Terima Paparan Alat Simulasi Pertempuran

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., CHRMP., CRMP., didampingi Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima paparan dan demo dari…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kamis, 25 April 2024 - 05:33 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi Teknis Kesehatan TNI Tahun 2024

Kesehatan TNI harus menjadi besar tangguh dan mandiri, baik dari segi sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun sistem metodanya sehingga dapat menghasilkan kinerja yang optimal dalam…