Gagas Teknologi Baru, Pameran Manufacturing Indonesia 2018 Resmi Digelar

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Desember 2018 - 12:01 WIB

Manufacturing Indonesia 2018 Resmi Digelar (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Manufacturing Indonesia 2018 Resmi Digelar (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pada hari ini,  pameran teknologi dan Iayanan manufaktur internasional terkemuka dan terlengkap di Indonesia, Manufacturing Indonesia 2018 Series resmi membuka pamerannya yang ke-32 di JlExpo Kemayoran, Jakarta, bersama dengan Machine Tool lndonesia, Tools & Hardware Indonesia, dan Industrial Automation & Logistic Indonesia 2018.

Pameran ini melibatkan 1,600 perusahaan terkemuka di industri manufaktur dari lebih dari 28 negara, setiap peserta menampilkan teknologi mesin termutakhir serta kecanggihan proses dan layanan otomatisasi, untuk mewujudkan target industri 4.0, serta mengukuhkan Indonesia sebagai pusat industri global di masa depan. 

Bersamaan dengan pameran ini, digelar pula pameran mesin subkontraktor industri pertama di Indonesia, Subcon Indonesia 2018, yang menghubungkan para end user dengan ahli dan mesinmesin terbaik berteknologi tinggi, yang dapat membatnu percepatan proses manufaktur. 

Maysia Stephanie, Project Director PT. Pamerindo Indonesia mengatakan, pada pameran Manufacturing Indonesia 2018 Series kali ini, sebnayak sepuluh ribu calon pembeli dan profesional terhubung langsung dengan ribuan perusahaan pameran yang hadir dan antusias memamerkan berbagai teknologi mesin, komponen, dan otomatisasi termutakhir, yang menjadikan acara ini sebagai wadah terbesar di sektor industri. 

"Deretan produk dan terobosan teknologi yang disajikan selama pameran sekaligus akan memperkuat seluruh ekosistem industri dalam menyambut era baru manufaktur cerdas dan memungkinkan Indonesia menjadi lebih siap dalam Industri 4.0," ujar Maysia Stephanie, Project Director PT. Pamerindo Indonesia, selaku penyelenggara di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), industri manufaktur Indonesia memberikan kontribusi terbesar terhadap PDB nasional, yang mencapai 20°o pada 2018. 

"Kami melihat peluang emas untuk memperkenalkan produk dan teknologi Jepang ke Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Melibatkan 40 perusahaan manufakturjepang papan atas dalam satu area di Japan Pavillion kami, kami bersedia dan ingin berkontribusi menyukseskan 'Making Indonesia 4.0' dan tentunya ingin tetap menjaga komunikasi yang telah terpelihara bersama pemerintah Indonesia dan asosiasi Indonesia yang terkait. Kami percaya, produk dan teknologi Jepang dapat membantu dan memperkuat industri manufaktur Indonesia untuk kemakmuran Indonesia di masa depan," ujar Keishi Suzuki, Direktur UtamaJETRO (Japan External Trade Organization)Jakarta Office. 

Sembilan pilar teknologi menjadi sorotan utama dalam pameran empat hari ini, yang untuk pertama kalinya ditampilkan sebagai Industry 4.0 Showcase di pameran tersebut. Pameran khusus di bidang manufaktur termutakhir ini mencakup big data dan analisis, robot otonom dan simulasi, internet of things (IoT), cloud, manufaktur aditif, serta augmented reality, yang sangat penting dalam memperkuat manufaktur Indonesia untuk mencapai posisi terdepan di pembangunan industri 4.0. 

“Lewat partisipasi di pameran yang diadakan di pusat industri Asia Tenggara ini, kami akan fokus pada solusi digitalisasi terpadu untuk meningkatkan efisiensi proses manufaktur kedepannya, Selain itu. melalui Manufacturing Indonesia kami juga akan mengadakan peluncuran sekaligus demonstrasi produk terbaru kami yaitu universal turning centre ALX, untuk pertama kalinya di market Indonesia. Sebagai supplier solusi integrasi terkemuka di industri manufaktur, DMC MORI lndonesua sangat bersemangat untuk berpartisipasi di pameran ini,” kata Taro Yanagitani, Presiden Direktur DMC Mori, salah satu peserta pameran. 

Turut berpartisipasi dalam pameran, antara lain perusahaan manufaktur terkemuka Atlas Copco, Altama Surya Anugerah, Amada Singapore (1989), Carl Zeiss, Festo, Mesin Pertama, Kawan Lama Sejahtera, Mitsubishi Electric Indonesia, Nikon lndonesia, Yamaha Motor Parts Manufacturing Indonesia dan lain-lain. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…