Liburan Akhir Tahun, Tol Pandaan-Malang Siap Dilalui

Oleh : Herry Barus | Rabu, 05 Desember 2018 - 11:00 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Ruas jalan tol Pandaan ke Malang sepanjang 30,63 kilometer rencananya akan difungsionalkan dalam rangka menyambut liburan panjang akhir tahun 2018.

"Akhir bulan ini ada hari libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang diprediksi jalur ke arah Malang dan sebaliknya sangat padat," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Provinsi Jawa Timur Gatot Sulistiyo Hadi kepada awak media di Surabaya, Selasa (4/12/2018)

Menurut dia, rencana difungsionalkannya jalan tol tersebut sangat diperlukan, terlebih saat ini progres ruas seksi 1 sampai 3 itu sudah rampung dan hanya menunggu proses peresmian agar bisa dioperasionalkan.

Jalan tol yang menjadi bagian dari proyek jalan t ol Trans Jawa tersebut pengerjaannya dibagi menjadi lima seksi wilayah, yakni seksi 1 adalah Pandaan-P urwodadi sepanjang 15,47 kilometer, lalu seksi 2 menghubungkan Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, dan seksi 3 dari Lawang menuju Singosari sepanjang 7,10 kilometer.

Berikutnya adalah seksi 4 dari Singosari ke Pakis sepanjang 4,75 kilometer dan terakhir adalah seksi 5 yang menghubungkan Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer.

"Sementara, ruas tol yang bisa digunakan seksi 1 sampai 3. Kalau berjalan sesuai rencana maka difungsionalkannya mulai 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019," ucapnya.

Selain itu, masih akan diberlakukan batas waktu kendaraan melintas di ruas tol tersebut, yakni diperbolehkan masuk tol mulai pukul 06.00 WIB dan akan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

"Karena masih fungsional maka pengendara harus lebih berhati-hati meski petugas akan selalu siaga di sana. Pengendara yang masuk tol juga tidak membayar atau masih gratis," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa ruas tol seksi 1 sampai 3 akan resmi dioperasikan mulai Januari 2019 yang diharapkan memperlancar transportasi masyarakat umum maupun industri, sedangkan seksi 4 siap dioperasionalkan Februari 2019, kemudian seksi 5 pada Juni 2019.

Ruas tol ini memiliki lima pintu keluar, masing-masing di Pandaan sekitar Purwodadi, kemudian di Lawang, di Singosari sekitar Karanglo, di Pakis di arah menuju Bandara Abdurahman Saleh, dan di Malang sekitar Sawojajar

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BRI Syariah Raih Top Brand Award

Sabtu, 16 Februari 2019 - 16:44 WIB

Tabungan Faedah BRISyariah Jadi Favorit Milenial

Jakarta - Bank BRIsyariah Tbk atau yang lebih dikenal dengan BRIsyariah kembali menerima penghargaan di acara Top Brand Award 2019 kategori Tabungan Syariah yang diselenggarakan oleh Majalah…

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…