Konsumen Indonesia Ternyata Masih Khawatirkan Keamanan dalam Metode Pembayaran yang Baru

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 04 Desember 2018 - 15:54 WIB

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. Visa Umumkan Rencana Peningkatan Keamanan Sistem Pembayaran dalam Rangka Mendukung Gerakan Non Tunai di Indonesia
Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia. Visa Umumkan Rencana Peningkatan Keamanan Sistem Pembayaran dalam Rangka Mendukung Gerakan Non Tunai di Indonesia

INDUSTRY.co.id-Jakarta– Visa, penyedia teknologi pembayaran digital, pada Selasa (4/12/2018) meluncurkan Future of Security Roadmap untuk Indonesia yakni sebuah skema yang menjabarkan pendekatan dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran di Indonesia selama empat tahun ke depan.

Roadmap ini berfokus pada sejumlah inisiatif utama dalam meningkatkan keamanan pembayaran seiring perkembangan teknologi yang mengubah cara konsumen dalam membayar. Beberapa inisiatif tersebut, diantaranya:

  • Devalue Data – Mengenkripsi data sensitif dengan menggunakan Kartu Chip EMV dan Tokenisasi
  • Protect Data – Melindungi data pembayaran dengan mematuhi Payment Card Industry Data Security Standards (PCI DSS)
  • Harness Data – Menghentikan penipuan sebelum terjadi menggunakan Dynamic Risk-Based Authentication
  • Empower Everyone – Merangkul pemegang kepentingan dalam memperkuat keamanan pembayaran

Riko Abdurrahman, Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, menyampaikan kebanggaanya karena dapat meluncurkan Future of Security Roadmap untuk Indonesia.

“Memastikan keamanan ekosistem pembayaran merupakan prioritas utama dan kami meyakini bahwa hal ini merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia jaringan pembayaran, konsumen, perbankan, dan pemerintah. Perkembangan teknologi mendorong cara-cara pembayaran yang inovatif, tetapi di sisi lain, juga membawa risiko tersendiri,”ujarnya.

 Untuk mencegah penipuan, tentunya penting untuk berkolaborasi dan berinvestasi dalam meningkatkan keamanan sistem pembayaran, selaras pentingnya berinovasi dalam menciptakan pengalaman baru dalam bertransaksi.

Roadmap Visa diterbitkan demi menjawab pesatnya transformasi pembayaran di Indonesia seiring hadirnya sejumlah inovasi seperti pembayaran mobile yang semakin meningkatkan ekspektasi konsumen saat melakukan pembayaran.

Berdasarkan studi Consumer Payment Attitudes yang dilakukan Visa, keamanan merupakan kekhawatiran utama para konsumen di Asia Tenggara, di mana dua pertiga konsumen (67%) merasa khawatir dengan keamanan informasi pribadi mereka saat menggunakan ponsel untuk melakukan pembayaran.

Saat ditanya secara spesifik, konsumen di Indonesia menyebutkan bahwa kehilangan atau kecurian ponsel, menjadi korban peretasan atau pencurian data, serta serangan malware dan virus dalam ponsel merupakan tiga kekhawatiran terbesar saat melakukan pembayaran menggunakan ponsel.

Visa bekerja sama dengan para pemangku kepentingan di industri pembayaran, termasuk diantaranya institusi keuangan, pelaku usaha, pembuat kebijakan, penegak hukum, dan pemegang akun dalam rangka memastikan keamanan pembayaran. Visa Future of Security Roadmap merupakan sebuah dokumen yang komprehensif disusun dari hasil konsultasi dan kerja sama yang dapat digunakan sebagai panduan untuk meningkatkan keamanan sistem pembayaran di Indonesia.

Visa menyajikan roadmap tersebut ke seluruh dunia untuk memperkokoh keamanan ekosistem pembayaran global, serta berkolaborasi dengan sejumlah institusi di Indonesia untuk menyelaraskan inisiatif keamanan tersebut.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…