Investasi Meningkat, Kemenperin Optimis Industri Kimia Tumbuh 6%

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 15:59 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis pertumbuhan industri petrokimia dapat mencapai 6% pada tahun ini, naik 5,2% dari realisasi tahun lalu.

"Kenaikan pertumbuhan akan ditopang oleh sejumlah investasi di sektor petrokimia yang ditargetkan dapat segera dimulai tahun ini," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono kepada awak media di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Pada tahun ini, menurut Sigit, ditargetkan investasi industri petrokimia dapat mencapai Rp152 triliun, ditopang terutama oleh investasi di sektor petrokimia.

"Tahun lalu investasi IKTA sebesar Rp110 triliun. Untuk tahun ini akan didorong oleh industri petrokimia seperti investasi pabrik naphta cracker oleh Lotte Chemical Titan dan Chandra Asri," papar dia.

Dua pabrik berbasis petrokimia belum lama ini menyatakan akan memulai mendirikan pabrik naphtha cracker. Chandra Asri Petrochemical (CAP) pekan lalu menyebut menginvestasikan US$6 miliar atau sekitar Rp79 triliun.

Pabrik baru tersebut akan berkapasitas 1 juta ton per tahun, sehingga saat selesai pada 2021, kapasitas produksi etilena dapat mencapai 1,86 juta ton.

Adapun, Lotte Chemical Titan Holding Bhd segera memulai konstruksi pabrik naphtha cracker di Cilegon setelah sempat tertunda selama tiga tahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi meresmikan pasar rakyat Pasar Badung di Kota Denpasar, Jumat (22/3).

Sabtu, 23 Maret 2019 - 17:33 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Pasar Badung Jadi Ikon Smart Heritage Market

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berharap pasar rakyat atau pasar tradisional di Indonesia, khususnya di wilayah Provinsi Bali, harus mampu bersaing dengan pusat perbelanjaan moderen, pasar…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:45 WIB

Kementan: Kedaulatan Pangan Harus Berdampak Pada Kesejahteraan Petani

Indramayu - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong petani di Kabupaten Indramayu untuk bisa mencapai target produksi padi hingga lebih dari 1,8 juta ton gabah kering pungut di tahun 2019.…

Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah Wahyu Avianto

Sabtu, 23 Maret 2019 - 16:36 WIB

BNI Syariah Siapkan Strategi Untuk Hadapi Era Disrupsi

Jakarta - BNI Syariah sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi era disrupsi. Era disrupsi ini terjadi ditunjukkan dengan perubahan yang cukup cepat dan mengganggu eksisting bisnis.

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…