Investasi Meningkat, Kemenperin Optimis Industri Kimia Tumbuh 6%

Oleh : Herry Barus | Selasa, 21 Februari 2017 - 15:59 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Jakarta —  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimistis pertumbuhan industri petrokimia dapat mencapai 6% pada tahun ini, naik 5,2% dari realisasi tahun lalu.

"Kenaikan pertumbuhan akan ditopang oleh sejumlah investasi di sektor petrokimia yang ditargetkan dapat segera dimulai tahun ini," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin, Achmad Sigit Dwiwahjono kepada awak media di Jakarta, Selasa (21/2/2017).

Pada tahun ini, menurut Sigit, ditargetkan investasi industri petrokimia dapat mencapai Rp152 triliun, ditopang terutama oleh investasi di sektor petrokimia.

"Tahun lalu investasi IKTA sebesar Rp110 triliun. Untuk tahun ini akan didorong oleh industri petrokimia seperti investasi pabrik naphta cracker oleh Lotte Chemical Titan dan Chandra Asri," papar dia.

Dua pabrik berbasis petrokimia belum lama ini menyatakan akan memulai mendirikan pabrik naphtha cracker. Chandra Asri Petrochemical (CAP) pekan lalu menyebut menginvestasikan US$6 miliar atau sekitar Rp79 triliun.

Pabrik baru tersebut akan berkapasitas 1 juta ton per tahun, sehingga saat selesai pada 2021, kapasitas produksi etilena dapat mencapai 1,86 juta ton.

Adapun, Lotte Chemical Titan Holding Bhd segera memulai konstruksi pabrik naphtha cracker di Cilegon setelah sempat tertunda selama tiga tahun.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Charles Honoris.Komisi I DPR (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 17:17 WIB

DPR Apresiasi Sinergi TNI-Polri Bebaskan Sandera di Papua

Sinergi TNI-Polri membebaskan sandera dari kelompok bersenjata di Papua patut diapresiasi, karena menunjukkan bentuk kerja sama kelas satu yang telah menyelamatkan nyawa ratusan anak bangsa,…

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar

Sabtu, 18 November 2017 - 17:08 WIB

Kapolda Papua-Pangdam Cendrawasih Nyaris Tertembak

Kepala Kepolisian Daerah Papua Irjen Polisi Boy Rafli Amar dan Panglima Daerah Militer XVII/Cenderawasih Mayjen TNI George Elnadus Supit dilaporkan nyaris tertembak oleh Kelompok Kriminal Bersenjata…

Ngerokok Cuma Bakar Uang (Foto Investor.co.id)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:40 WIB

Waspada, Candu Nikotin di Bawah Heroin-Kokain

Psikiater Rumah Sakit Jiwa Soeharto Heerdjan Jakarta dr Adhi Wibowo Nurhidayat SpKJ(K) MPH mengatakan candu nikotin sangat berbahaya dan berada pada peringkat tiga setelah heroin dan kokain.

PT Astra International Tbk (ASII)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:32 WIB

Astra International Lakukan Pengobatan Gratis di Makassar

Puncak peringatan HUT Ke-60 PT Astra International Tbk yang dirangkaikan dengan Festival Kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan, diwarnai kegiatan pengobatan gratis di atas kapal "Doctor share".

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Foto Ist)

Sabtu, 18 November 2017 - 15:28 WIB

RSCM Luncurkan Layanan Pemeriksaan Retinopati Keliling

Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM) meluncurkan pelayanan pemeriksaan retinopati untuk bayi prematur guna mencegah kebutaan yang akan bergerak secara keliling menyokong fasilitas rumah…