Menteri Rini Minta Pertamina Miliki dan Operasikan 25 Persen SPBU di Seluruh Nusantara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Desember 2018 - 11:50 WIB

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)
BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno meminta PT Pertamina (Persero) agar memiliki dan mengoperasikan sebanyak 1.250 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau 25% dari 5.000 SPBU yang tersebar di Nusantara. 

“Ke depan, kami targetkan minimal Pertamina memiliki dan mengontrol 25% SPBU,” tutur kata Rini usai penandatangan kerjasama antara Pertamina, Waskita Karya, dan Hutama Karya, di Kementerian BUMN, Senin (3/12/2018). 

Menurut Rini, setiap Kabupaten dan Kota di Tanah Air minimal ada satu SPBU yang dimiliki Pertamina. Oleh sebab itu, tempat istirahat dan pelayanan yang dikelola oleh BUMN jalan tol harus terdapat SPBU milik Pertamina. 

“Jadi betul-betul di semua rest area BUMN, Pertamina harus tampil sebagai perusahaan yang menjamin ketersediaan BBM di setiap rest area,” tegasnya. 

Menurut Menteri Rini, Pertamina harus memiliki dan mengelola SPBU karena persaingan akan sangat ketat di masa mendatang. Beberapa perusahaan asing seperti Total, Chevron, Shell sudah mengelola SPBU di Tanah Air. 

“Misalnya, ada kejadian di Donggala dan Palu. Karena SPBU Pertamina enggak ada di sana jadi sangat mempersulit kami untuk memenuhi kebutuhan BBM warga di sana. SPBU di sana milik individu, akhirnya ini jadi sulit. Ketika terjadi bencana, mereka pergi, karena tidak ada kewajiban juga, jadi mereka pergi. Itu terasa sekali ketika bencana Palu,” jelasnya. 

Sementara, Direktur Pemasaran Ritel Mas’ud Khamid mengatakan, saat ini, Pertamina memiliki dan mengelola sekitar 200 SPBU. “Dalam 2-3 tahun mendatang, SPBU yang kami miliki bisa menjadi 1.000-1.300 SPBU,” tutur Mas’ud.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.