Menteri Rini Minta Pertamina Miliki dan Operasikan 25 Persen SPBU di Seluruh Nusantara

Oleh : Hariyanto | Selasa, 04 Desember 2018 - 11:50 WIB

BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)
BBM, SPBU (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno meminta PT Pertamina (Persero) agar memiliki dan mengoperasikan sebanyak 1.250 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) atau 25% dari 5.000 SPBU yang tersebar di Nusantara. 

“Ke depan, kami targetkan minimal Pertamina memiliki dan mengontrol 25% SPBU,” tutur kata Rini usai penandatangan kerjasama antara Pertamina, Waskita Karya, dan Hutama Karya, di Kementerian BUMN, Senin (3/12/2018). 

Menurut Rini, setiap Kabupaten dan Kota di Tanah Air minimal ada satu SPBU yang dimiliki Pertamina. Oleh sebab itu, tempat istirahat dan pelayanan yang dikelola oleh BUMN jalan tol harus terdapat SPBU milik Pertamina. 

“Jadi betul-betul di semua rest area BUMN, Pertamina harus tampil sebagai perusahaan yang menjamin ketersediaan BBM di setiap rest area,” tegasnya. 

Menurut Menteri Rini, Pertamina harus memiliki dan mengelola SPBU karena persaingan akan sangat ketat di masa mendatang. Beberapa perusahaan asing seperti Total, Chevron, Shell sudah mengelola SPBU di Tanah Air. 

“Misalnya, ada kejadian di Donggala dan Palu. Karena SPBU Pertamina enggak ada di sana jadi sangat mempersulit kami untuk memenuhi kebutuhan BBM warga di sana. SPBU di sana milik individu, akhirnya ini jadi sulit. Ketika terjadi bencana, mereka pergi, karena tidak ada kewajiban juga, jadi mereka pergi. Itu terasa sekali ketika bencana Palu,” jelasnya. 

Sementara, Direktur Pemasaran Ritel Mas’ud Khamid mengatakan, saat ini, Pertamina memiliki dan mengelola sekitar 200 SPBU. “Dalam 2-3 tahun mendatang, SPBU yang kami miliki bisa menjadi 1.000-1.300 SPBU,” tutur Mas’ud.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:00 WIB

Yayasan Allianz Peduli Gelar Konser Musik Lifechanger

Di tahun 2018 yang lalu, telah terjadi serangkaian bencana alam di beberapa wilayah Indonesia, seperti di Lombok, Palu, Donggala, Sigi dan area sekitar Selat Sunda yang menyebabkan kerusakan…