Keberadaan Tol Cigatas Perlancar Industri Logistik

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Desember 2018 - 12:30 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pembangunan Jalan Tol Cileunyi Garut Tasikmalaya Ciamis Banjar atau Jalan Tol Cigatas akan memperlancar distribusi logistik dari kawasan Priangan Timur menuju ke Bandung atau DKI Jakarta.

"Tol Cigatas itu sangat penting untuk mendistribusikan logistik seperti bahan pangan dari kawasan Priangan Timur ke Bandung atau Jakarta. Jika ada jalan tol, jalur distribusi akan jauh lebih cepat dan menekan angka inflasi," kata Uu Ruzhanul Ulum, di Gedung Sate Bandung, Senin (3/12/2018)

Dia mengatakan apabila pembangunan Jalan Tol Cigatas akan dilelangkan pada awal 2019, maka diharapkan proses pembangunannya bisa cepat dan tidak ditunda-tunda lagi.

Wagub menuturkan saat ini arus lalu lintas di jalan utama Bandung-Tasikmalaya-Banjar, sudah sangat padat dan membutuhkan solusi untuk mempercepat arus lalu lintasnya.

Terlebih, lanjut dia, kemacetan di kawasan tersebut sudah menjadi hal yang biasa saat masa libur seperti Idul Fitri dan Tahun Baru atau bahkan libur panjang di akhir pekan.

"Bukan hanya saat lebaran, saat libur panjang juga sekarang mah suka macet panjang di kawasan tersebut," kata Wagub Jabar seusai menghadiri Upacara Hari Bakti PU ke-73 dengan Inspektur Upacara Menteri PUPR RI di Halaman Depan Gedung Sate Bandung.

Terkait Hari Bakti PU Ke-73, pihaknya berharap akan semakin banyak proyek pembangunan nasional yang dikerjakan di Jawa Barat sehingga, masyarakat akan merasakan dampak pembangunan nasional.

"Apalagi Pak Jokowi bilang kepada kami, akan memprioritaskan Jabar untuk tahun yang akan datang," kata Uu.

"Dan seluruh yang dilakukan nasional itu didukung program kami, karena RPJMD kami itu konsider dengan RPJMN. Ini tidak bisa berbeda, termasuk pembangunan infrastruktur di wilayah selatan dan juga pariwisata di wilayah selatan," lanjut dia.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…