Pemda Diharapkan Kembangkan Sektor Pariwisata Geopark

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 01 Desember 2018 - 12:41 WIB

Geopark Tingkatkan Partisipasi, dan Pendapatan Masyarakat Sekitar
Geopark Tingkatkan Partisipasi, dan Pendapatan Masyarakat Sekitar

INDUSTRY.co.id - Bogor- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengajak kepala daerah berinvestasi mengembangkan geopark karena memiliki nilai keekonomian yang dapat dijual sehingga meningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

"Saya yakinkan pada semua kepala daerah, bahwa geopark bisa dijual. Tapi kalau tidak investasi tidak bisa, harus investasi," katabya saat menghadiri penyerahan sertifikat pengakuan Geopark Nasional untuk delapan kepala daerah yang berlangsung di Geopark Pongkor, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (30/11/2018)

Menurutnya, perkembangan geopark di Indonesia relatif lambat dibandingkan negara lain di Indonesia, padahal potensinya jauh lebih banyak.

Ia mencontohkan China memiliki 34 geopark berstatus (UGG) atau UNESCO Global Geopark dan 204 geopark nasional. Sementara Indonesia baru memiliki 15 geopark nasional dan empat Geopark UGG.

Menpar mensinyalir kondisi ini dikarenakan definisi geopark belum mencantumkan nilai keekonomian. "Inilah yang saya curiga, para bupati, dan wali kota tidak tertarik berinvestasi, karena kalau disebut nilai keekonomiannya tinggi pasti pada mau berinvestasi," katanya.

Menpar membandingkan pengembangan geopark di China yang memiliki 37 UGG dan 204 geopark nasional mampu mendatangkan wisatawan 21 juta pengunjung, dan Pulau Jeju, Korea Selatan delapan juta pengunjung.

"Ini bukti geopark menarik wisatawan dalam jumlah yang besar," katanya.

Menpar menyebutkan 65 persen sumbangan ekowisata di China bersumber dari geopark, sedangkan di Indonesia baru 35 persen.

Contohnya pengembangan geopark Indonesia adalah Geopark Gunung Sewu yang mampu menarik lima juga wisatawan. Sedangkan geopark Malaysia mampu menarik enam juta pengunjung.

Ia menyebutkan, Danau Toba sebelum ditetapkan sebagai geopark belum bisa menarik wisatawan lebih banyak. Sejak ditetapkan sebagai geopark nasional kini rata-rata pengunjung naik 300 persen. Untuk mendorong keseriusan pemerintah kota dan kabupaten mengembangkan geopark, Menpar meminta Komite Geopark Nasional untuk mencantumkan nilai keekonomian dalam definisi geopark.

"Maka saya minta kepada tim agar nilai keekonomian dari geopark dimasukkan dalam definisi," katanya kepada awak media.

Ia kembali mencontohkan Geopark Danau Toba. Nama Geopark Danau Toba bisa mensejahterakan masyarakat di sana dengan pertumbuhan PAD rata-rata 79 persen, atau 80 persen. Menpar menyaksikan penyerahan sertifikat pengakuan status Geopark Nasional kepada delapan geopark, salah satunya Geopark Pongkor - Bogor.

"Saya harapkan Geopark Pongkor ini bisa menyejahterakan masyarakat terutama di daerah sini (Pongkor) dan lebih luas lagi di kabupaten Bogor," katanya.

Penambahan jumlah status Geopark Nasional tahun 2018 sebanyak delapan geopark diharapkannya semakin melestarikan dan menyejahterakan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…