Komplotan Penjual Cula Badak Sumatera Berhasil Diringkus di Lampung

Oleh : Ridwan | Rabu, 28 November 2018 - 14:20 WIB

Komplotan Penjual Cula Badam Sumatera berhasil Diringkus
Komplotan Penjual Cula Badam Sumatera berhasil Diringkus

INDUSTRY.co.id - Lampung, Tim reaksi cepat (TRC) Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) dan Polda Lampung, Senin (26/11/18) sekitar pukul 15.00 WIB membongkar penjualan cula Badak Sumatera di Hotel Sempana Lima Krui, Lampung Barat.

Dalam pengungkapan kasus tersebut, petugas menahan 6 (Enam) tersangka. Mereka terdiri dari M pembawa barang sekaligus pemasaran, S teman dari DM, AS anak DM, N petugas cleaning service salah satu bank pemerintah, AK sebagai calo, dan M oknum TNI Bengkulu Selatan. 

Diindikasi ini adalah dampak dari kejadian tahun 2014 terjadi dua atasan oknum tersebut juga diduga sebagai pelindung pembakaran pos-pos keamanan diarea TNBBS yang sudah berkali-kali dilaporkan tapi tidak mendapat respon dan baru dua (2) tahun kemudian  diproses bahkan mereka saat itu mendapat kenaikan pangkat , inilah yang  disebut guru kencing berdiri murid kencing berlari, hampir dapat dipastikan kejadian seperti ini tidak akan berhenti apabila kepada pelaku tidak diberikan sanksi hukum yang berat .

Menurut petugas, kasus perdagangan cula badak terbongkar setelah ada informasi dari masyarakat bahwa akan adanya transaksi. Berbekal informasi ini TRC BBTNBBS dan Polda Lampung membentuk tim dan melakukan penyelidikan.

Dari penyelidikan awal, petugas melakukan sasaran terhadap DM dengan menyamar sebagai pembeli barang. Setelah terjadi komunikiasi, DM mengatur pertemuan transaksi di hotel yang telah ditetapkan.

“Saat barang bukti diperlihatkan, bentuknya benar cula badak, lalu ke 6 orang tersangka yang ada dilokasi tersebut langsung diamankan oleh Tim Gabungan dan digiring ke Polres Tanggamus, sedangkan oknum TNI yang terlibat, diserahkan ke Korem Gatam untuk menjalani proses lebih lanjut,” kata Dirreskrimsus Polda Lampung, Kombespol Subakti.

Saat petugas mengidentifikasi cula badak, beratnya mencapai 200 gram dan diameter cula badak sepanjang 28 centimeter. Kuat dugaan, bahwa tersangka ini merupakan pemain lama. Ini terlihat dari cara kerja yang cukup rapi dan melibatkan oknum TNI.

Untuk mendalami peran masing-masing, petugas akan membawa cula badak ke laboratorium, serta melakukan pendalaman dan pengembangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…