Berita-cita Jadi Paleontolog, Siswa SD Ini Juarai Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Oleh : Hariyanto | Selasa, 27 November 2018 - 16:36 WIB

Juara Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat Nasional
Juara Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat Nasional

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Arda Achmad Sandya Mudarso, berhasil merebut juara pertama dari grup C (kategori kelas 5-6 SD) EF Spelling Bee Competition 2018 tingkat nasional. Siswa dari Sophos School BSD ini, saat ditanya tentang cita-cita dia mengatakan, “Berubah mulu setiap hari”, tapi setelah berbincang beberapa saat dan ditanya kembali pertanyaan yang sama, dia mengatakan ingin menjadi seorang Paleontolog. 

Arda, memang hobi baca buku sejak usia 2 tahun. Buku-buku yang dibacanya tidak hanya buku berbahasa Indonesia tapi juga berbahasa Inggris. Selain buku, ia juga sangat suka nonton YouTube berbahasa Inggris. Tidak heran bahasa Inggrisnya sudah sangat lancar, meskipun usianya baru 10 tahun. 

Ketika ditanya lagi lebih jauh apa tujuan mengikuti lomba EF Spelling Bee, Arda menjawab, “Biar mengasah kemampuan bahasa Inggrisku, biar bisa cari pekerjaan di luar negeri,” ungkapnya. 

Tri Astuti, Ibunda Arda berpendapat bahwa EF Spelling Bee adalah kompetisi yang dapat membuka peluang dan jalan bagi anaknya untuk dapat beasiswa sekolah ke luar negeri. 

EF Spelling Bee Competition memang selalu membawa cerita emosional; seru, menarik dan mengharukan. Selain tawa bahagia para pemenang, banyak juga tangis dari siswa-siswa yang belum berhasil menang. 

Aaron Xander Mulyadi contohnya, juara 3 dari grup B (kelas 3-4 SD) sangat senang mengikuti kompetisi EF Spelling Bee. Dia berujar, “Saya ingin menang biar bisa dapat tropi dan bisa dibellin buku Dog Man sama mama. Harapannya biar bisa jadi good speller”. Ungkapnya polos.

Ribka Veronica, orangtua Aaron mengungkapkan, Aaron memang book lover, dia suka baca buku dan menulis buku dari saat dia masih pre-school. "Saya memang bilang, kalau dia masuk top 3, saya akan belikan dia buku baru. Saya sangat suka dia mengikuti kompetisi ini, kenapa? karena menurut saya kompetisi EF Spelling Bee ini sudah terkenal dan kompetisinya benar-benar fair, dan tingkatnya nasional. Ini sesuatu yang bagus buatnya dan jadi awarding, karena dia sudah berjuang dan berusaha keras untuk bisa jadi juara," katanya.

EF Speeling Bee Competition ini menjadi salah satu kegiatan yang selalu ditunggu para siswa dan orang tua setiap tahunnya, karena, selain membantu anak untuk lebih berani tampil di depan umum, para siswa juga mendapatkan pengalaman berharga yang bisa memacu mereka untuk terus mengasah kemampuan mereka demi menggapai cita-citanya.

Yusuf Muhyidin, Direktur Pembinaan Pendidikan Kursus dan Pelatihan (Dit. Bindik Suslat) Ditjen PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada sambutannya, mengucapkan rasa terima kasih serta dukungannya kepada EF English First yang telah menyelenggarakan EF Spelling Bee Competition. 

“Kegiatan ini sangat berharga dan sangat penting khususnya bagi anak-anak untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Mereka adalah generasi emas Indonesia yang akan menentukan Indonesia ke depannya. Di era globalisasi sekarang, bahasa Inggris adalah penting untuk berbagai hal, termasuk untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan sebagai bekal bekerja, berkarir, di berbagai bidang.”ungkapnya.  

EF Spelling Bee Competition dimulai pada Oktober lalu hingga November 2018. Penyaringan pertama diadakan di tingkat regional dan diikuti oleh total setidaknya 7000 peserta dari seluruh Indonesia. Kurang lebih 700 peserta lolos ke kompetisi tingkat nasional dan maju untuk memperebutkan gelar juara yang diselenggarakan pada 25 November 2018, di gedung SMESCO Jakarta. 
Inilah daftar juara EF Spelling Bee 2018 tingkat nasional dari keempat grup:  

Grup A (kategori kelas 1-2 SD) 
Juara 1: Kaylee Ann Siswanto, Surabaya 
Juara 2: Alendra Aghnybrata Windarto, Matraman
Juara 3: Amabelle Donamessi Pucestri, Cibubur

Grup B (kategori kelas 3-4 SD)
Juara 1: Matheya Sabian Jyestaputra Prawara, BSD 
Juara 2: Karin Alegre Lazaro, Bali 
Juara 3: Aaron Xander Mulyadi, Cengkareng

Grup C (kategori kelas 5-6 SD)
Juara 1: Arda Achmad Sandya Mudarso, BSD
Juara 2: Alya Rizqy Zahra, Bogor
Juara 3: Mifzal Hamizan Landiyanto, Rawamangun

Grup D (kategori kelas 1-3 SMP)
Juara 1: Riza Muhammad Ramandira, Bekasi 
Juara 2: Jihad Abdurrahman, Cibubur
Juara 3: Emmanuel Patrick, Bandung
Kompetisi EF Spelling Bee 2018 didukung oleh berbagai pihak seperti GOPAY, Antangin Junior, Dwidayatour dan brand-brand lainnya yang memberikan dukungan mulai dari tingkat regional hingga tingkat nasional.

 “EF Spelling Bee Competition merupakan salah satu kegiatan yang kami selenggarakan rutin tiap tahunnya, sebagai bagian dari upaya untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pembelajaran bahasa Inggris sejak dini dan bisa dilakukan mulai dari hal sederhana seperti spelling. Dengan kemampuan berbahasa, kita bisa memiliki keterampilan berkomunikasi. Apalagi di era globalisasi ini, di mana bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yang mutlak dikuasai.” Pungkas Erditya Arfah, Marketing Director EF English First for Kids & Teens.     

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:00 WIB

Menteri PUPR Basuki Resmikan Rusun Panti Asuhan Muhammadiyah di Pamekasan, Madura

Memanfaatkan libur Jumat Agung 2024, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meresmikan Rumah Susun (Rusun) Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan yang berlokasi di…