BATIKVAGANZA dan Kirab Budaya Ramaikan Gelaran Rapimnas Kadin

Oleh : Ridwan | Selasa, 27 November 2018 - 10:53 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosa P. Roeslani saat membuka pameran BATIKVAGANZA (Foto: Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosa P. Roeslani saat membuka pameran BATIKVAGANZA (Foto: Kadin Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Solo, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia 2018 yang digelar di Kota Solo akan diramaikan dengan serangkaian kegiatan, diantaranya pameran Batikvaganza yang akan digelar selama 3 hari, mulai dari tanggal 26-28 November 2018 di Hotel Alila berlangsung pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Ketua Kadin Kota Surakarta Gareng S. Haryanto menuturkan, pameran ini menampilkan berbagai kreasi batik terkini dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sedikitnya 57 stand UKM binaan kadin telah ambil bagian memeriahkan BATIKVAGANZA, bahkan produsen tekstil industri besar juga turut ambil bagian. Beberapa peserta pameran itu antara lain PT Sritex, Batik Danar Hadi, Batik Semar, Batik Riana Kesuma, Batik Mayaratna, Mustika Ratu dan masih banyak lagi," kata Gareng di Solo (26/11).

Selain produk batik, tambah Gareng, pameran ini juga memamerkan berbagai komoditas produk ukm unggulan daerah diantaranya ada yang sudah berorientasi ekspor. Hal tersebut sejalan dengan tema yang diusung dalam Rapimnas Kadin, “Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

"BATIKVAGANZA merupakan bentuk konsistensi komitmen Kadin untuk mengembangkan UMKM, utamanya dalam hal ini batik sebagai warisan budaya yang bernilai tinggi," ungkap Gareng.

Menurutnya, dalam kaitan itu, Kadin mengajak para pelaku terkait untuk bersama-sama mendukung UMKM agar bisa terus maju dengan memberikan fasilitas permodalan, pelatihan SDM, dan akses pasar yang lebih besar.

Selain BATIKVAGANZA, Rapimnas Kadin juga akan diramaikan serangkaian kegiatan seperti acara welcoming dinner yang dimeriahkan oleh penyanyi kenamaan Katon Bagaskara dan tur Kota Solo. 

Tak hanya itu, kirab budaya juga akan dilaksanakan 27 November 2018 pukul 14.30-17.30 WIB. setelah acara Rapimnas resmi dibuka. Kirab mengambil rute dari stadion Sriwedari melewati Jalan Slamet Riyadi menuju Balai Kota Surakarta.

Panitia dan Pemerintah telah menyiapkan 50 kereta kencana untuk mendukung gelaran Kirab Budaya sebagai bagian dari kegiatan Rapimnas Kadin 2018. Ada Panggung kehormatan di depan Kantor Bank Indonesia.

Kegiatan acara dilanjutkan dengan welcoming dinner para peserta Rapimnas Kadin yang jamuannya diterima langsung oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo di Pendapi Gede Balai Kota Solo. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.