Yellowfin Ungkap Solusi Kelola Data yang Efisien untuk Peforma Industri

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 27 November 2018 - 08:26 WIB

Consultant and Trainer Minerra for Yellowfin, Steve Remington
Consultant and Trainer Minerra for Yellowfin, Steve Remington

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Vendor global intelegensi bisnis (Business Intelligence atau BI), pada Senin (26/11/2018) Yellowfin BI, membagi solusi analisis data terbarunya, bertajuk Signal dan Stories. Kedua solusi ini ditujukan untuk membantu pengguna di bidang bisnis dan perusahaan secara keseluruhan untuk meningkatkan performa perusahaan.

Consultant and Trainer Minerra for Yellowfin, Steve Remington, dalam paparannya, mengatakan, di era big data, cara memanfaatkan data menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku bisnis di dunia, termasuk Indonesia. Pihaknya di Yellowfin mencoba memberikan pengguna bisnis kemampuan untuk dapat memanfaatkan data, sehingga bisa mengambil keputusan dengan lebih baik.

“Yellowfin Signal merupakan solusi yang ditawarkan dengan kemampuan untuk melakukan pencarian secara otomatis dan menyusun perubahan yang ditemukan pada data bisnis dalam waktu singkat,”ujarnya.

Jadi, pengguna bisnis dapat menarik kesimpulan dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Karena temuan perubahan tersebut akan disampaikan melalui notifikasi via email ataupun aplikasi mobile.

Sedangkan Yellowfin Storie, lanjut  Steve Remington, berkemampuan untuk menyuguhkan konteks utuh dalam bentuk narasi dari masing-masing data yang dibagikan oleh dashboard sistem. Solusi ini memungkinkan pengguna bisnis memahami data dengan lebih baik, sehingga menghindari salah tafsir dan pengambilan keputusan kurang tepat.

Sementara Christopher Tobing, Managing Director Big Change Agency, mengatakan, solusi terbaru dari  Yellowfin telah didukung oleh teknologi kecerdasan buatan. Selain itu, mereka mengklaim, solusi miliknya lebih baik dari solusi enterprise lain karena bisa menawarkan data dengan lebih lengkap dan tanpa bias.

“Melalui solusi yang ditawarkannya, Yellowfin menyatakan bahwa produktivitas pebisnis akan naik hingga 20 persen berkat kemampuannya untuk mempersingkat waktu dalam menghimpun data, serta memperlancar komunikasi antarbagian di perusahaan,” ujarnya.

Presiden Eckerson Group, Wayne Eckerson, mengatakan, Yellowfin Signals merepresentasikan masa depan business intelligence (BI): deteksi rangkaian waktu berkelanjutan dari tren dan anomali dengan korelasi instan untuk membantu pengguna mengidentifikasi masalah penting secara real-time dan apa yang mendorong mereka.

"Sinyal akan mempercepat waktu secara dramatis untuk wawasan yang relevan, yang memungkinkan pengguna bisnis untuk fokus pada apa yang benar-benar penting daripada mencari data."

Menurutnya, Yellowfin Signals beroperasi secara terus menerus, di mana produk ini secara rutin menganalisis data yang tersedia untuk mencari tren, pola, atau perubahan lainnya. Ketika menemukan sesuatu, Yellowfin Signals menganalisis sumber data lainnya untuk menemukan informasi yang berhubungan, kemudian mengirimkan peringatan yang menggarisbawahi sebuah pola, sehingga semua penerima dapat menentukan apakah data dapat ditindaklanjuti.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) Yellowfin BI, Glen Rabie, mengatakan, akibat dari performa tersebut, kelelahan analisis dan bias manusia, dua hal yang lazim dalam perangkat dashboard tradisional, menghilang.

 “Kami menyasar dashboard secara serius karena mereka gagal memenuhi janji mereka. Mereka harus memajukan bisnis – bukan membuat mereka menunggu,” kata “Yellowfin Signals secara otomatis menemukan apa yang dilewatkan dashboard, sehingga pengguna tahu apa yang sedang terjadi dalam bisnis mereka saat itu terjadi.” Yellowfin Stories “Dashboard jarang menyediakan konteks utuh untuk data yang mereka bagikan, yang berakibat pada perbedaan penafsiran,” ujar Rabie.

Research Director pada EMA, John Santaferraro, menambahkan, Yellowfin Stories memungkinkan Anda mengumpulkan informasi di satu tempat –termasuk sinyal-sinyal dan laporan-laporan dari vendor yang berbeda - menyetujui artinya, dan mensejajarkan pada tindakan yang akan diambil. Di mana dashboard gagal, Yellowfin memenuhi.

Yellowfin Stories meningkatkan penyebaran pengetahuan, kolaborasi, dan komunikasi dalam organisasi dan pada gilirannya, membantu organisasi menjadi lebih berpedoman pada data dalam keputusan mereka.

“Yellowfin Signals menggunakan artificial intelligence (AI) yang beroperasi terus menerus di background pada live data, memperingatkan pengguna untuk mengubah data mereka, memvisualisasikan data, menjelaskan apa yang ada dalam visualisasi dan memiliki kemampuan untuk menemukan informasi yang berhubungan dari database lain,” paparnya.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…