Fitur Pemindai Wajah Cerdas Vivo V11 Pro dan V11 Mampu Mendeteksi 1.024 Titik Sensor

Oleh : Hariyanto | Minggu, 25 November 2018 - 12:27 WIB

Vivo V11 pro
Vivo V11 pro

INDUSTRY co.idJakarta – Vivo, brand smartphone global, melengkapi produknya dengan fitur keamanan pengunci layar dalam berbagai metode. Salah satu fitur pengunci layar terkini yang menjadi unggulan adalah Screen Touch ID atau pengunci dengan sensor sidik jari di layar yang telah diaplikasikan di dalam Vivo V11 Pro.

Meski demikian, vivo juga menyertakan fitur autentikasi alternatif lain seperti penggunaan Pattern atau Pola, PIN, danFace Unlock.

Penyerapan teknologi pengenalan wajah akan lebih cepat daripada fitur unggulan lainnya pada smartphone karena pengenalan wajah 2D sejatinya telah ada di platform Android. Menurut Counterpoint Research – Component Tracker, nbsp;penetrasi teknologi fitur Face Scanning telah dimulai sejak tahun 2017 lalu tapi hanya 5% dari total smartphone yang membenamkan fitur ini.

Namun diprediksikan hingga tahun 2020, akan ada lebih dari satu miliarsmartphone atau hampir 60% dari total smartphone lengkap dengan fitur Face Scanning yang mengandalkan sensor 3D dipasarkan di seluruh dunia.

Solusi facial recognition kini semakin jamak digunakan oleh sejumlah mereksmartphone mulai kelas budget hingga mid-range. Vivo sendiri telah menggunakan teknologi Face Scanning atau Face Unlock yang kemudian dinamai Face Access sejak 2017. Teknologi ini kemudian ditambahi dengan kemampuan AI dan sensor IR sinar infrared agar semakin cerdas dan akurat dalam mengenali wajah pemilik smartphone.

Fitur facial recognition atau AI Face Access terbaru yang dimiliki vivo kini dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI) dan IR yang mempercepat proses untuk mengenali wajah pemilik smartphone. AI Face Access, yang menjadi nama resmi fitur pembuka layar tersebut mampu mendeteksi wajah secara akurat dengan menggunakan teknik tiga dimensi (3D). 

“AI Face Access bukan hanya untuk membuka pengunci layar pada Vivo V11 Pro namun juga dapat diaplikasikan untuk mengunci dan membuka beragam aplikasi, tanpa harus melakukan kontak fisik dengan smartphone, jadi sangat fungsional sebagai fitur autentikasi yang cerdas dan aman,”  ujar Jason Fanjaya, Product Manager PT Vivo Mobile Indonesia melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Minggu (25/11/2018).

Berbeda dengan model pengaman layar smartphone seperti Pattern, PIN, ataualphanumeric password yang memerlukan kontak fisik, fitur AI Face Accessmampu membuka layar hanya dalam waktu 0,1 detik. Meski kondisi di sekitar temaram, AI Face Access pada Vivo V11 Pro masih bisa mengenali wajah secara cepat karena bantuan sensor IR.

Berbeda dengan model Face Unlock yang umumnya mengandalkan foto, AI Face Access akan menggunakan sensor IR yang menyinari wajah pengguna dan akan mengidentifikasi 1.024 titik unik di wajah kemudian menciptakan model 3D dari wajah pengguna Vivo V11 Pro. Fitur AI Face Access di vivo V11 Pro juga tidak bisa diakali dengan menggunakan foto dari pengguna, karena foto merupakan bentuk 2D.

Dengan adanya sinar inframerah yang menyinari seluruh area wajah menjadikan fitur AI Face Access pada Vivo V11 Pro akan tetap bisa bekerja normal meski dalam ruang gelap. Hal ini tidak bisa dilakukan oleh fitur Face Unlock yang berbasis foto. Penggunaan algoritma mesin pembelajaran berbasis AI digabungkan dengan prosesor yang lebih cepat pada Vivo V11 Pro telah membuat teknologi AI Face Access mampu mengatasi banyak kelemahan pada model pengenalan wajah 2D yang masih tradisional.

Penggunaan sensor sidik jari mungkin lebih nyaman dan lebih cepat karena sensor tidak mengharuskan pengguna untuk melihat langsung ke perangkat, bahkan smartphone dapat dibuka kuncinya ketika sedang dikeluarkan dari saku atau tas pengguna. Untuk melakukannya di Vivo V11 Pro, bisa disetel dari menu Settings -> Fingerprint, Face and Password lalu menambahkan sidik jari atau mendaftarkan data wajah pengguna.

Yang perlu diingat adalah kecepatan deteksi AI Face Access kadang berkurang jika wajah pengguna Vivo V11 Pro tersorot sinar secara langsung, saat berada pada pencahayaan yang terlalu terang, atau sebaliknya saat wajah membelakangi cahaya.Untuk menghindari AI Face Access kesulitan dalam mendeteksi wajah, maka pengguna Vivo V11 Pro sebaiknya melakukan registrasi wajah pertama kali pada kondisi cahaya yang terang.     

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Rabu, 24 April 2024 - 09:27 WIB

Optimalkan PMN 2024, Hutama Karya Pastikan Keberlangsungan Perusahaan Jalan Tol Trans Sumatera

Selama satu dekade terakhir, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) berhasil menghubungkan konektivitas 8 provinsi di Sumatra melalui ketersediaan infrastruktur jalan tol. Pencapaian ini tidak…

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Rabu, 24 April 2024 - 09:11 WIB

Tokoh Budaya Nasional Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo Telah Berpulang

Dengan rasa duka cita yang mendalam, kami menyampaikan bahwa salah satu perempuan terbaik Indonesia, Ibu Dr. BRA. Mooryati Soedibyo, telah meninggalkan kita dalam kedamaian pada hari Rabu, jam…

Peran perempuan di sektor parekraf

Rabu, 24 April 2024 - 09:10 WIB

UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism Jadi Momen Perkuat Peran Perempuan di Sektor Parekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, pelaksanaan 2nd UN Tourism Conference on Women Empowerment in Tourism in Asia and the Pacific di Bali…

Jababeka Residence

Rabu, 24 April 2024 - 08:12 WIB

Jababeka Residence Sukses Bikin Sektor Properti di Timur Jakarta Berkembang Pesat

Pengembangan properti yang dilakukan oleh Jababeka Residence di kota hijau Cikarang telah menjadi barometer industri properti di Timur Jakarta. Selain memiliki fasilitas infrastruktur terlengkap…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Rabu, 24 April 2024 - 06:38 WIB

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi Cek Peralatan Senjata

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., M.M., M.Tr.Opsla., CHRMP., CRMP. didampingi Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan…