Kemenpar-Malindo Promosi Wisata di Malaysia

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 24 November 2018 - 04:40 WIB

Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)
Ilustrasi Penari Bali (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kuala Lumpur - Kementerian Pariwisata RI bersama Malindo Air menyelenggarakan promosi "Wonderful Indonesia Fair with Malindo Air" di Sunway Putra Mall, Kuala Lumpur, Malaysia, 21-25 November 2018.

"Pasar Malaysia selalu menjanjikan untuk terus dikembangkan. Kolaborasi dengan Malindo tentu sangat bagus sebab pasarnya sangat kuat di Malaysia. Mereka merupakan maskapai besar. Lebih penting, profil wisatawan di Malaysia sangat positif," ujar Plt Deputi Bidang Pemasaran I Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani di Kuala Lumpur, Kamis (22/11/2018)  Promosi tersebut diselenggarakan di lantai dasar Sunway Putra Mall, Kuala Lumpur, mulai pukul 10.00 hingga 21.00 waktu setempat.

Dia mengatakan arus masuk pergerakan wisatawan negeri jiran positif pada 2018 dengan kemampuan belanja yang bagus.

"Kerja sama dengan Malindo Air sangat menjanjikan. Apalagi Kemenpar menargetkan kunjungan 2,9 juta wisatawan Malaysia untuk 2019. Kenaikan besar ini seiring pertumbuhan positif dalam beberapa tahun terakhir," katanya.

Pergerakan wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Indonesia sekitar 1,9 juta kunjungan dari rentang Januari hingga September 2018.

Pergerakan wisatawan dalam delapan bulan terakhir ini melonjak naik 23,6 persen dari bulan yang sama tahun 2017.

Total outbound pada 2017 menurut Euromonitor sudah mencapai 17,17 juta orang atau tumbuh +8,81 persen dengan tujuan Indonesia sebesar 13,98 persen dari seluruh total outbound Malaysia ke seluruh dunia.

"Pasar Malaysia bagus. Saat ini outbound Malaysia sudah sangat berkembang. Potensi pasar begini tentu harus dioptimalkan. Ada banyak aspek bisnis yang sangat bagus di situ. Apalagi, Malaysia ini jadi sumber besar wisatawan untuk mendukung program 20 Juta wisman di 2019. Untuk itu, target 2,9 Juta wisatawan Malaysia tahun depan sangat realistis," ujar Giri Adnyani.

Giri mengatakan secara kalkulasi ekonomi postur wisatawan Malaysia relatif besar karena belanja minimal mereka sekitar 710 dollar AS per kunjungan dengan rata-rata lama tinggal 5 hingga 11 hari yang berarti ada potensi perputaran uang 139,01 dolar AS per orang per hari.

"Mereka sangat familiar dengan destinasi Jakarta, Batam, Bali, Medan, dan Bandung. Wisatawan Malaysia sangat suka dengan destinasi tersebut. Mengambil sampel di Batam, setiap akhir pekan ada banyak wisatawan Malaysia yang masuk. Mereka rata-rata datang menggunakan feri dan dengan bergabungnya Malindo Air di program Wonderful Indonesia Fair ini, otomatis konektivitas di banyak kota akan semakin solid, “katanya.

Menariknya, ujar dia, beberapa destinasi favorit tersebut merupakan rute Malindo Air sehingga maskapai ini menjadi jembatan udara poros Kuala Lumpur dengan Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

"Batam dihubungkan dari Subang, lalu Medan terkoneksi dengan Bandara Sultan Azlan Shah, Ipoh, Negara Bagian Perak. Malindo Air juga menerbangi Banda Aceh dan Pekanbaru dari Malaysia," katanya.

Mengoptimalkan pasar Malaysia bersama Malindo Air, ujar dia, Program Wonderful Indonesia Fair with Malindo Air ini akan melibatkan publik figur Malaysia seperti artis Fara Hezel yang merupakan penyanyi muda pendatang baru.

"Selain itu artis yang ikut memeriahkan kegiatan ini adalah Luqman Faiz yang merupakan penyanyi muda yang cukup diperhitungkan, terkenal dengan single lagu hits pertamanya yaitu Kepuraanmu," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…