Peningkatan Ekspor dan Daya Saing Industri Jadi Fokus Rapimnas Kadin

Oleh : Ridwan | Jumat, 23 November 2018 - 10:35 WIB

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menghadiri acara Rapat Dewan Pengurus Lengkap yang digelar di Balai Kartini, Jakarta (Foto: Kadin Indonesia)
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menghadiri acara Rapat Dewan Pengurus Lengkap yang digelar di Balai Kartini, Jakarta (Foto: Kadin Indonesia)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengangkat isu peningkatan ekspor, daya saing industri dan pembangunan ekonomi berkeadilan dalam perhelatan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Kadin 2018. 

Rapimnas yang akan dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah pada 26-28 November 2018, mengusung tema "Meningkatkan Ekspor dan Mendorong Pembangunan Industri yang Berdaya Saing Menuju Pembangunan Ekonomi yang Berkeadilan”.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi dan Keanggotaan, Anindya N. Bakrie menuturkan, pokok pembahasan tersebut diambil dengan memperhatikan perkembangan perekonomian nasional dan internasional dengan segala tantangan dan permasalahannya, juga memperhatikan visi, misi dan program Nawacita pemerintah, dalam rangka menciptakan kemandirian ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Tema ini juga ditetapkan dengan memperhatikan sepenuhnya dinamika ekonomi yang terjadi akhir-akhir ini, dimana masih terjadinya defisit neraca transaksi berjalan dan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), disamping perlunya terus meningkatkan ekspor dan mendorong pembangunan industri yang berdaya saing,” kata Anindya Bakrie yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia Pengarah Rapimnas Kadin pada Rapat Dewan Pengurus Lengkap yang digelar di Balai Kartini, Jakarta (22/11/2018) kemarin. 

Ditambahkan Anindya, dalam Rapimnas Kadin juga akan membahas berbagai tantangan yang dihadapi dunia usaha, seperti masalah kebijakan DNI sebagai bagian dari paket kebijakan XVI yang saat ini masih menjadi pembahasan.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Indonesia, Rosan P. Roeslani mengatakan pihaknya akan menghimpun berbagai usulan dan masukan dari kalangan pelaku usaha dan asosiasi, utamanya bagi sektor usaha yang masuk ke dalam DNI. 

Rosan juga memaparkan, kondisi perekonomian dan internasional saat ini dalam kondisi bercampur. Di satu sisi diwarnai oleh gambaran yang menjanjikan, seperti pertumbuhan ekonomi yang positif dan stabil pada kisaran 5,1-5,2%, tingkat inflasi rendah 3,3-3,6%, tingkat suku bunga 5%, tingkat pertumbuhan investasi tinggi 7,95%, tingkat konsumsi yang kuat, dan surplus neraca perdagangan, tetapi di sisi lainnya terdapat gambaran yang masih memerlukan perhatian khusus, seperti defisit neraca transaksi berjalan, pertumbuhan ekspor dan pertumbuhan industri manufaktur yang belum kuat.

Rosan berharap pada pelaksanaan Rapimnas 2018 yang merupakan Rapimnas ketiga selama Kepengurusannya sebagai Ketua Kadin Indonesia masa bakti 2015-2020 itu dapat berjalan lancar dan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang bermanfaat bagi pemerintah dan meningkatkan kontribusi Kadin dalam membangun Indonesia. 

Rapimnas 2018 bertujuan mengevaluasi program yang telah dilaksanakan pada tahun 2018 dan menyusun Rencana Program Kerja Kadin Indonesia tahun 2019. Rapimnas akan diikuti jajaran Dewan Pengurus Kadin baik pusat dan daerah, pimpinan asosisasi bisnis hingga kalangan pemerintah. Rapimnas digelar dalam rangka koordinasi, sinkronisasi dan upaya-upaya sinergistik dalam perencanaan dan pelaksanaan program-program antar jajaran. 

Direncanakan Rapimnas 2018 akan dibuka oleh Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Salah satu sesi dalam Rapimnas ini akan diselenggarakan Satu Diskusi Panel dengan para Menteri di bidang ekonomi, yaitu Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian, Gubernur Bank Indonesia dan Menko Bidang Perekonomian yang akan memberikan “keynote address”. 

Dalam acara tersebut, peserta Rapimnas akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan aspirasi serta masukan-masukan dari dunia usaha yang kemudian akan dirumuskan menjadi Rekomendasi Rapimnas Kadin 2018 yang akan disampaikan kepada pemerintah.  

Selain konferensi, Rapimnas Kadin juga akan diramaikan serangkaian kegiatan seperti acara kirab budaya, pameran produk UKM, Batik Extravaganza dan tour kota Solo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…

Festival Seoul Beats on Campus (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 17:57 WIB

Bakal Gelar Festival Seoul Beats on Campus, President University Siap Luncurkan Konsentrasi K-Wave

Presuniv berencana membuka konsentrasi K-Wave yang akan bernaung di bawah Program Studi (Prodi) Business Administration. Pembukaan konsentrasi ini akan ditandai dengan event Seoul Beats on Campus…