Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Dalam keterangan yang diterima, Senin (19/11/2018), inovasi di bidang pembiayaan ini dinyatakan Jokowi pada hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018.

Pernyataan itu disampaikan Presiden saat menghadiri Leaders Retreat dan Working Lunch dalam rangkaian KTT APEC 2018 yang dihelat di APEC Haus, Port Moresby, Papua Nugini, Minggu (18/11).

Hal tersebut juga disampaikan Presiden dan mulai dibahas pada saat Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali.

"Blended finance" merupakan salah satu inovasi yang perlu mendapat dukungan, katanya.

Dalam forum tersebut, Presiden juga menuturkan bahwa saat ini dunia sudah masuk pada era digital di mana "e-commerce" dan sosial media ada di mana-mana.

Oleh karena itu Presiden mengatakan terjadi pergeseran besar dari konsumsi barang menjadi konsumsi pengalaman.

Konsumen di seluruh dunia jadi mengincar pengalaman petualangan dan hiburan Saat ini pertumbuhan pariwisata dunia, sekitar tujuh persen atau dua kali lipat dari laju ekonomi dunia yang hanya sekitar 3,5 persen.

Bloomberg menghitung bahwa dalam 15- 25 tahun ke depan, 1 dari 4 lapangan kerja baru datangnya dari sektor pariwisata.

Selain ekonomi digital dan ekonomi maritim,  Presiden mengusulkan isu pariwisata dan "lifestyle" dapat masuk agenda APEC pasca-Bogor.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.