Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi(Foto Setkab)
Presiden Jokowi(Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Dalam keterangan yang diterima, Senin (19/11/2018), inovasi di bidang pembiayaan ini dinyatakan Jokowi pada hari terakhir Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018.

Pernyataan itu disampaikan Presiden saat menghadiri Leaders Retreat dan Working Lunch dalam rangkaian KTT APEC 2018 yang dihelat di APEC Haus, Port Moresby, Papua Nugini, Minggu (18/11).

Hal tersebut juga disampaikan Presiden dan mulai dibahas pada saat Pertemuan Tahunan International Monetary Fund (IMF) dan World Bank di Bali.

"Blended finance" merupakan salah satu inovasi yang perlu mendapat dukungan, katanya.

Dalam forum tersebut, Presiden juga menuturkan bahwa saat ini dunia sudah masuk pada era digital di mana "e-commerce" dan sosial media ada di mana-mana.

Oleh karena itu Presiden mengatakan terjadi pergeseran besar dari konsumsi barang menjadi konsumsi pengalaman.

Konsumen di seluruh dunia jadi mengincar pengalaman petualangan dan hiburan Saat ini pertumbuhan pariwisata dunia, sekitar tujuh persen atau dua kali lipat dari laju ekonomi dunia yang hanya sekitar 3,5 persen.

Bloomberg menghitung bahwa dalam 15- 25 tahun ke depan, 1 dari 4 lapangan kerja baru datangnya dari sektor pariwisata.

Selain ekonomi digital dan ekonomi maritim,  Presiden mengusulkan isu pariwisata dan "lifestyle" dapat masuk agenda APEC pasca-Bogor.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:35 WIB

Kemeneperin Bidik Industri Perhiasan Tumbuh 5 Persen

Kementerian Perindustrian terus mendorong penguatan branding produk perhiasan Indonesia agar lebih berdaya saing di tingkat global.

Peluncuran Kampanye #KomuterTegar Redoxon

Sabtu, 19 Januari 2019 - 19:30 WIB

Kampanye #KomuterTegar Redoxon, Siapkan Komuter Indonesia untuk Jaga Daya Tahan Tubuh Sehat dan Kuat

Redoxon, merek vitamin daya tahan tubuh terkemuka dari Bayer. hari ini meluncurkan kampanye #KomuterTegar guna menyebarluaskan kesadaran kepada para komuter di Indonesia untuk menjaga daya tahan…

Jenius solusi life financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy.

Sabtu, 19 Januari 2019 - 17:53 WIB

Jenius Hadirkan Solusi Dongkrak Penetrasi Keuangan di Jawa Timur

Diciptakan melalui semangat kokreasi, Jenius terus berinovasi menciptakan fitur-fitur unik sebagai solusilife financebagi masyarakat melek digital ataudigital savvy. Setelah diperkenalkan kepada…

PT Decathlon Sport Indonesia sebagai ritel olahraga asal Perancis buka gerai keduanya di Summarecon Bekasi

Sabtu, 19 Januari 2019 - 14:42 WIB

Pulau Jawa Masih Jadi Andalan Penjualan Peritel

Emiten ritel masih cukup percaya diri dengan penjualan mereka di tahun ini. Hal ini karena masih besarnya potensi pasar khususnya di Pulau Jawa.

ilustrasi taksi Blue Bird

Sabtu, 19 Januari 2019 - 14:33 WIB

Blue Bird Perkuat Bisnis Angkutan Antar Kota dan Provinsi

Perusahaan transportasi PT Blue Bird Tbk (BIRD) menyiapkan rencana bisnis angkutan antar kota antar provinsi (AKAP) di tahun 2019.