Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

Oleh : Herry Barus | Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)
Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di pelabuhan bagian barat Indonesia.

“Pinjaman korporasi itu bagian dari kredit sindikasi tiga bank BUMN kepada PT Pelindo I senilai Rp1,3 triliun dengan masa pinjaman tujuh tahun, “kata Senior Vice President Large Corporate Bank Mandiri Yusak L. S. Silalahi di Jakarta, Senin (19/11/2018)

"Ini dukungan pembiayaan bagi Pelindo I dalam mewujudkan konektivitas yang lebih baik di wilayah Indonesia bagian Barat," ujar Yusak.

Mandiri ingin menjadikan Pelindo sebagai mitra bisnis dalam ekspansi perseroan yang ingin meningkatkan penetrasi pembiayaan di sektor infrastruktur.

Saat ini, Mandiri memasang komitmen pembiayaan secara total Rp4,7 triliun kepada Pelindo I.

"Dukungan ini juga sejalan dengan keinginan Mandiri untuk menjadikan Pelindo I sebagai salah satu mitra strategis dalam ekspansi bisnis perseroan ke depan," tutur Yusak.

Pembiayaan pembangunan pelabuhan, kata Yusak, menjadi prioritas Mandiri untuk mempercepat pembangunan infrastruktur kelautan, sekaligus memberi andil terhadap upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Khusus untuk sektor kepelabuhanan, Bank Mandiri telah menyalurkan komitmen pembiayaan hingga Rp 6,2 triliun kepada empat korporasi yakni Pelindo I, Pelindo II, Pelindo III dan Pelindo IV hingga Oktober 2018. Dari komitmen itu, kredit yang sudah dicairkan sebesar Rp1,9 triliun Selain pinjaman, Mandiri juga melayani transaksi kepelabuhanan seperti fitur pengumpulan otomatis, "host to host", dan "bill payment" untuk penerimaan penggunaan jasa pelabuhan.

"Ada juga fasilitas pembayaran non tunai melalui Mandiri uang elektronik untuk pembelian saat masuk dan layanan parkir di beberapa pelabuhan yang dioperasikan oleh Pelindo. Harapannnya, seluruh inisiatif ini juga dapat meningkatkan efisiensi operasional dan mengoptimalkan layanan yang dinikmati pengguna pelabuhan," kata Yusak.

Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan kredit sindikasi yang diterima tersebut akan digunakan untuk pembelian alat-alat, penguatan dermaga dan penerapan digitalisasi serta sistem nontunai (cashless) di sejumlah pelabuhan utama di Indonesia bagian barat seperti penataan Pelabuhan Belawan, perkuatan dermaga petikemas di Pelabuhan Perawang Pekanbaru, perpanjangan dermaga di Pelabuhan Dumai, pembangunan dermaga di Pelabuhan Sei Kolak Kijang, Tanjung Pinang dan penataan Pelabuhan Malahayati.

"Selain investasi sarana fisik, penguatan penerapan digitalisasi serta sistem non tunai di pelabuhan adalah menjadi prioritas Pelindo 1. Melalui langkah ini, diharapkan akan membuat biaya logistik nasional semakin efisien," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dian Pelangi perancang busana (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 12:00 WIB

Perancang Dian Pelangi Tampil di New York Fashion Week 2019

Panggung New York Fashion Week (NYFW) - The Shows, di Industria Studio, Manhattan kembali menampilkan koleksi busana fesyen dari Indonesia, akhir minggu lalu. Empat perancang mode yaitu Dian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Peletakan Batu Pertama Sekolah Vokasi di PT Gunung Raja Paksi (GRP), Cikarang Barat, Bekasi (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:15 WIB

Bangun Sekolah Vokasi, Menperin Apresiasi PT Gunung Raja Paksi Ciptakan SDM Kompeten di Industri Logam

Menperin memberikan apresiasi kepada PT GRP yang membangun sekolah vokasi sebagai wujud nyata dari komitmen menumbuhkan tenaga kerja terampil di sektor industri baja.

Operator Amerika Serikat (AS) Apple siap merilis iPhone 5G

Sabtu, 16 Februari 2019 - 11:00 WIB

Apple Segera Produksi Chip Modem Sendiri

Apple Inc telah memindahkan usaha rekayasa chip modemnya di bawah kelompok teknologi perangkat kerasnya sendiri dari unit rantai pasokannya, ujar dua orang yang mengetahui tentang langkah tersebut…

Suasana Kawasan Industri Morowali, Sulawesi Tengah.(Dok. PT IMIP)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:30 WIB

TNI Tugaskan Batalyon 716 Jaga Kawasan Industri Morowali

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Rabu siang mengunjungi Kawasan Industri pertambangan PT. Indonesia Morowali…

Richard Wilianto, Head of Busines Consultant Jet Commerce.(Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 16 Februari 2019 - 10:00 WIB

Jet Commerce Dorong Pelaku Usaha Tembus Pasar Ekspor Lewat Platform Digital

Jet Commerce, authorized channel partner Alibaba.com di Indonesia kembali menggelar lokakarya bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan pangsa pasar ekspor melalui platform digital. Setelah…