Mantan Anak Buah: Chuck Kajati Yang Memiliki Nurani

Oleh : Hariyanto | Senin, 19 November 2018 - 08:08 WIB

Chuck Suryosumpeno
Chuck Suryosumpeno

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Penetapan tersangka jaksa Chuck Suryosumpeno menyisakan kesedihan semua pihak. Tak terkecuali mantan Kasi Penkum Kejati Maluku Bobby Palapia.

Menurut pengakuan pria yang kini menjabat Kepala Bagian Humas Pemprov Maluku, keseharian Chuck saat menjabat Kepala Kejati Maluku pada tahun 2015 begitu sederhana. Bahkan dirinya mengaku pertama kali punya pengalaman memiliki pimpinan yang gak neko-neko.

"Saya berjumpa dengan Bapak dan Ibu (Chuck dan istri) saat mereka datang untuk tugas sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku di Ambon tahun 2015. Karena jabatan itulah saya dituntut untuk senantiasa dekat dengan Bapak dan otomatis tahu keseharian Bapak dan Ibu yang sederhana," kata Bobby menjawab wartawan di Jakarta, Senin (19/11/2018).

Bahkan, kata dia, banyak yang tidak tahu jika istri Chuck bekerja sebagai konsultan komunikasi, pemberi materi pelatihan komunikasi dan penulis buku. "Saya lihat selama beliau mengikuti Bapak ke Ambon selalu sibuk menulis sehingga lebih sering tinggal di rumah dan tidak kemana mana." ungkapnya.

"Saya hampir tidak pernah lihat Ibu jalan ke toko toko seperti yang lainnya. Ibu hanya ke kantor Kejati bila dipanggil Bapak untuk menemani makan siang. Selebihnya beliau di rumah." lanjutnya.

Keseharian keduanya diakuinya sangat jauh dari kemewahan. Tak jarang dirinya merasa iri dengan pasangan yang harmonis tersebut. Kata Bobby, kedua pasangan ini lebih sering makan di rumah dan selalu mengajak siapa saja yang datang untuk makan sama-sama. "Tidak pandang siapapun dan apa pangkatnya," kenangnya.

Ia pun punya pengalaman unik, suatu ketika dirinya dipanggil Kejaksaan Agung untuk pelatihan kehumasan. Surat panggilan tersebut terima sangat mendadak dan mewajibkan peserta pelatihan diminta untuk datang terlebih dahulu ke Jakarta.

Saat itu dirinya pun kebingungan karena pengganti uang transportasi akan diberikan setelah selesai pelatihan. Saya sempat bingung karena tiket ke Jakarta dari Ambon memang tidak murah, belum lagi uang hotelnya."tambahnya.

Seribu langkah pun ia lakukan dan langsung menghadap Chuck. Ketika itu ia menyampaikan kesulitan tersebut. "Bapak lalu buka dompetnya di depan saya dan bilang, 'Wah, ternyata duitku tinggal ini Bob, bentar aku tanya Ibu'. Saat itu juga saya langsung berpikir, ternyata Kajati saya miskin juga," kata Bobby.

Tak lama kemudian Chuck menyampaikan kabar baik. "Nih Bob berangkatlah, Ibu ada uang tiket untuk kami pulang ke Jakarta, kamu pakai aja kami akan tinggal di Ambon saja bulan ini," kata Bobby meniru perkataan Chuck.

Saat itu juga dirinya langsung merasa tidak enak sekali kepada pasangan suami istri ini, "Saya baru sadar keduanya gak memikirkan diri mereka saat seseorang datang minta tolong. Mereka memang tidak berlebih dalam kekayaan tapi selalu dengan mudah membantu sesama."ungkapnya.

Terkait musibah yang diterima Chuck saat ini, Bobby hanya bisa membantu melalui doa semata. "Tak ada yang bisa saya bantu kecuali doa dan doa, semoga urusannya dimudahkan. DemiTuhan saya bersaksi, beliau adalah pemimpin yang mengayomi anak buahnya bagai orang tua sendiri," ujar Bobby.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Skandinavia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:02 WIB

Lakukan Serah Terima Kunci, Apartemen Skandinavia Sudah Siap Dihuni

Puluhan unit apartemen Skandinavia telah mulai diserah terimakan sejak 11 December 2018. Setiap harinya mulai tanggal tersebut, PT Pancakarya Griyatama selaku pengembang Skandinavia apartemen,…

Taman Krueng Daroy

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:42 WIB

Krueng Daroy Contoh Baik Program Kolaborasi Penataan Kawasan di Banda Aceh

Keberhasilan penataan kawasan yang dilaksanakan secara paralel dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertujuan untuk…

BRIsyariah berpartisipasi di ISEF

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:25 WIB

Festival Ekonomi Syariah Sepakati Bisnis Senilai Rp 6,75 Triliun

Bank Indonesia menyebutkan selama penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia (Indonesia Sharia Economic Festival/ISEF) pada 11-15 Desember 2018 terjadi kesepakatan bisnis para pelaku…

i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi asal Malaysia mengucurkan investasi senilai 42 juta dolar Australia untuk mengembangkan afiliasi pemasaran dan business training centrenya di Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 19:32 WIB

Jaring Pelaku E-commerce, i Synergy Luncurkan Bisnis Pemasaran Afiliasi

Semarak dunia digital dan ramainya lini e-commerce pun tersaji di negeri ini. Sebuah era baru yang begitu dinamis sekaligus menantang. Karenanya, i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi…

Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok promosikan 10 Bali Baru (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 15 Desember 2018 - 18:05 WIB

Lewat Pagelaran Budaya, GenWI Tiongkok Promosikan 10 Bali Baru

Sebuah terobosan dilakukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok. Bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing dan ranting Chengdu, GenWI Tiongkok…