Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

Oleh : Wiyanto | Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Pedet
Pedet

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti keberhasil Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang telah dicanangkan Kementerian Pertanian (Kementan).

Demikian diungkapkan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementan, I Ketut Diarmita saat menghadiri Gebyar SIWAB dan Panen Pedet di Luwuk Banggai Provinsi Sulawesi Tengah pada hari Sabtu, (17/11). Hadir pada acara tersebut Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, para pelaku usaha peternakan dan perwakilan pengurus Kelompok Ternak.

Ketut menjelaskan bukti keberhasilan UPSUS SIWAB dapat juga dillihat berdasarkan data i-Shiknas yaitu realisasi pelaksanaan UPSUS SIWAB pada tahun 2017, di mana capaian Inseminasi Buatan (IB) nasional sebanyak 3.976.470 ekor atau 99,41% dari target 3 juta ekor. Kemudian, capaian kebuntingan nasional sebanyak 1.892.462 ekor atau 63,08% dari target 2,1 juta ekor serta kelahiran sebanyak 911.135 ekor.

Sedangkan realisasi tahun 2018 sampai dengan tanggal 14 November 2018, capaian layanan IB nasional 3.954.710 ekor atau 136.42% dari target 3 juta ekor dan capaian kebuntingan nasional sebanyak 1.815.387 ekor atau 86.45% dari target 2,1 juta ekor serta kelahiran sebanyak 1.537.003 ekor atau 91.49%, jelasnya.

Ketut menegaskan jika dihitung untuk analisa ekonomi hasil yang sudah dicapai pada program UPSUS SIWAB selama kurun waktu 2017-2018 melalui anggaran sebesar 1,411 Triliun dengan jumlah kelahiran 1 Januari 2017 sampai dengan 14 November 2018 sebanyak 2.448.138 ekor dan harga anak sapi rata-rata Rp 8 juta per ekor maka hasil UPSUS SIWAB 2017-2018 sebesar Rp 19,6 triliun.

Untuk kegiatan pendukung UPSUS SIWAB, penanganan gangguan reproduksi terperiksa sampai dengan bulan Oktober 2018 sebanyak 170.823 ekor atau sebesar 89.61% dari target 190.623 ekor serta kesembuhan terealisasi sebanyak 109.284 ekor dari yang sudah ditangani, tegasnya.

Karena itu, Ketut berharap kepada insan peternakan khusnya Pemda Luwuk Banggai untuk terus mendukung kemajuan pembangunan peternakan Indonesia. Pasalnya, kesadaran dan perhatian akan pentingnya penanganan masalah pangan menjadi pendorong semangat bagi kita semua untuk senantiasa berupaya mewujudkan swasembada protein hewani.

"Saya berharap untuk terus mendukung kemajuan pembangunan peternakan Indonesia menuju swasembada protein hewani," harapnya.

Lebih lanjut Ketut mengatakan upaya mewujudkan swasembada protein hewani tidak sebatas hanya pada kemampuan dalam menyediakan pangan yang cukup bagi masyarakatnya. Akan tetapi juga harus disertai dengan peningkatan kualitas konsumsi pangan masyarakat yang berbasis sumberdaya lokal.

Dalam upaya mencapai tersebut, kiranya perlu kita menggerakkan seluruh sumber daya yang dimiliki termasuk kontribusi daerah dalam pembangunan peternakan untuk mewujudkan Indonesia sebagai penyumbang kebutuhan protein hewani yang sudah kita cita-citakan, ujarnya.

Ketut menilai masa sekarang merupakan momentum yang tepat untuk terus membangun seluruh potensi yang dimiliki. Dampaknya, program pembangunan peternakan nasional menjadi lebih efektif dan berdampak pada upaya pengentasan kemiskinan sebagaimana telah menjadi fokus kebijakan nasional.

Ke depan kami terus melakukan penyebaran informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang apa yang sudah dicapai dan diraih di bidang peternakan, ucapnya.

Selain itu, sambunya Ketut, dibutuhkan juga dukungan regulasi yang efektif untuk mendukung usaha di bidang peternakan. Ini tentu dapat menarik minat masyarakat dalam mendukung pembangunan peternakan.

Regulasi, modernisasi, inovasi dan kontribusi melalui pemberdayaan sangat diharapkan dapat mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045, ujarnya.

"Kita berharap dengan adanya kerjasama yang baiik antara pemda pusat, daerah dan stakeholder dapat mewujudkan Indonesia sebagai Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045," imbuhnya.

Bupati Kabupaten Luwuk Banggai, yang diwakili Sekretaris Daeah Abdullah berharap untuk mempercepat swasembada daging, perlu adanya bantuan sapi brahman cross.

Dengan begitu dapat menambah populasi ternah sekaligus upaya pemerintah untuk mempercepat menuju Sulteng sejuta sapi tahun 2021, katanya.

Sementara Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Banggai I Pujo Lesmono mengatakan Gebyar SIWAB ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan gairah kepada peternak. Sehinhha bisa mewujudkan Provinsi Sulteng menuju sejuta sapi 2021.

"Iya, kami bertekad menjadikan Sulawesi Tengah menuju sejuta sapi tahun 2021," sebutnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Skandinavia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:02 WIB

Lakukan Serah Terima Kunci, Apartemen Skandinavia Sudah Siap Dihuni

Puluhan unit apartemen Skandinavia telah mulai diserah terimakan sejak 11 December 2018. Setiap harinya mulai tanggal tersebut, PT Pancakarya Griyatama selaku pengembang Skandinavia apartemen,…

Taman Krueng Daroy

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:42 WIB

Krueng Daroy Contoh Baik Program Kolaborasi Penataan Kawasan di Banda Aceh

Keberhasilan penataan kawasan yang dilaksanakan secara paralel dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertujuan untuk…

BRIsyariah berpartisipasi di ISEF

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:25 WIB

Festival Ekonomi Syariah Sepakati Bisnis Senilai Rp 6,75 Triliun

Bank Indonesia menyebutkan selama penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia (Indonesia Sharia Economic Festival/ISEF) pada 11-15 Desember 2018 terjadi kesepakatan bisnis para pelaku…

i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi asal Malaysia mengucurkan investasi senilai 42 juta dolar Australia untuk mengembangkan afiliasi pemasaran dan business training centrenya di Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 19:32 WIB

Jaring Pelaku E-commerce, i Synergy Luncurkan Bisnis Pemasaran Afiliasi

Semarak dunia digital dan ramainya lini e-commerce pun tersaji di negeri ini. Sebuah era baru yang begitu dinamis sekaligus menantang. Karenanya, i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi…

Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok promosikan 10 Bali Baru (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 15 Desember 2018 - 18:05 WIB

Lewat Pagelaran Budaya, GenWI Tiongkok Promosikan 10 Bali Baru

Sebuah terobosan dilakukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok. Bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing dan ranting Chengdu, GenWI Tiongkok…