Wirausaha Sosial Asal Indonesia, Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 17 November 2018 - 13:00 WIB

Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018
Greenna Juarai Kompetisi Shell LiveWIRE Top Ten Inovator 2018

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Greenna, inovator dari Indonesia, menerima penghargaan tertinggi dalam kategori Social Enterprises (wirausaha sosial) Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Awards, sebuah kompetisi kewirausahaan global yang menyeleksi dan memberikan penghargaan kepada para wirausaha mudadengan inovasi terbaik.

Greenna adalah sebuah wirausaha sosial asal Desa Cisalopa,Bogor, Jawa Barat, yang tak hanya mengumpulkan sampah daur ulang dari perusahaan, desa dan sekolah, tapi juga membangun kapasitas dan kemampuan masyarakat lokal untuk menjadi bagian dari solusi melalui sistem pengelolaan sampah terpadu dengan pengembangan komunitas dan pendidikan.

Greenna berhasil meraih kemenangan setelah melewati seleksi dan penjurian kompetisi yang ketat dan mengalahkan dua pesaing wirausaha sosial lainnya di babak final, yaitu Mulheres Do Sul Global  dari Brazil dan Ai Brique dari Malaysia. 10 finalis Top Ten Innovators 2018 berasal dari Indonesia, Malaysia, Inggris, Nigeria, Perancis dan Brazil yang terpilih dari para alumni program Shell LiveWIRE di 17 negara di dunia.

“Penghargaan Top Ten Innovators adalah sesuatu yang luar biasa bagi Greenna. Prestasi ini bukan hanya prestasi Greenna, tapi juga prestasi untuk seluruh warga Desa Cisalopa yang selalu mendukung Greenna selama ini. Terima kasih kepada Shell Indonesia yang telah membina kami sehingga kami dapat meraih prestasi ini,” ujar CEO dan pendiri Greenna, Nina Nuraniyah melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Sabtu (17/11/2018).

Sementara itu, Darwin Silalahi, Presiden Direktur dan Country Chairman, Shell Indonesia mengutarakan kegembiraannya atas prestasi yang diraih Greenna. “Sebuah kebanggaan bahwa wirausaha muda Indonesia meraih penghargaan internasional Shell LiveWIRE Top Ten Innovators. Ini membuktikan bahwa generasi muda Indonesia mampu berinovasi, menjadi agen perubahan untuk memberikan solusi bagi lingkungannya dan masa depan Indonesia. Shell Indonesia melalui program Shell LiveWIRE berkomitmen untuk terus terlibat aktif dalam membina wirausaha muda, meningkatkan kualitas mereka agar kelak menjadi pebisnis tangguh.” ungkapnya.

Setelah melalui rangkaian seleksi dan penjurian yang ketat, para pemenang Shell LiveWIRE Top Ten Innovators Award diumumkan pada Rabu, 14 November 2018, di Kuching, Malaysia yang bertepatan dengan Global Entrepreneurship Week (GEW).

Terdapat 3 kategori dalam Top Ten Innovators, yaitu Energy Solutions, Retail Supply Chain dan Social Enterprises. Kategori Energy Solutions menyeleksi wirausaha muda yang memiliki inovasi yang disruptif dalam arti membantu menciptakan pasar baru dan memiliki potensi untuk menggantikan teknologi yang saat ini digunakan.

Kategori kedua, Retail Supply Chain, mencari wirausaha muda yang memiliki inovasi yang dapat mendorong tercapainya keberlanjutan rantai pasokan serta mendukung upaya Reduce, Reuse, Recycle. Kategori Social Enterprises dianugerahkan kepada wirausaha muda yang bisnisnya membantu mendorong kemajuan manusia dan menghasilkan perubahan sosial yang positif dalam berbagai bidang.

Selain tiga kategori tersebut, juga terdapat penghargaan Outstanding Achievement bagi wirausaha yang memiliki prestasi luar biasa dan layak untuk mendapatkan pengakuan di tingkat internasional.

Para pemenang setiap kategori menerima hadiah sebesar US$20.000 dan 2 juara runner-up masing-masing kategori menerima US$10.000. Kesepuluh juara menerima paket award, termasuk dukungan mentoring dari para ahli Shell, peluang keuntungan dari jaringan pemasaran dan peluang sebagai pemasok dalam jaringan bisnis ritel Shell.

“Suatu pengalaman yang sangat menginspirasi melihat semangat para wirausaha dari seluruh dunia dalam berbagi gagasan inovatif bisnis mereka yang dirancang untuk menghadapi permasalahan paling genting di dunia ini,” ujar Joerg Wienke, VP Global Retail Marketing dari Shell yang merupakan salah satu juri dalam panel penjurian Top Ten Innovators.

“Meraih bisnis ritel yang berkesinambungan secara utuh hanya mungkin terjadi dengan melakukan berbagai hal melalui cara-cara yang berbeda. Kami menginginkan mitra yang memiliki cara berpikir yang kreatif seperti mereka yang masuk dalam daftar Top Ten Innovators ini sehingga kami bisa meningkatkan lagi pola pikir inovatif mereka untuk memperbaiki daya berkesinambungan bisnis kami.” tambahnya.

Anggota juri lainnya terdiri dari: Gaurav Gupta, Direktur Regional Asia dari Dalberg; Esther Wang, Pendiri Joytingle yang merupakan pemenang Top Ten Innovators 2015; Gwen Abiola-Oloke, Direktur Investasi Afrika Barat di GroFin; dan Nurfarini Daing, Co-Founder dan CEO myHarapan, Youth Business Foundation dari Malaysia.

Sebagai bagian dari acara Top Ten Innovators, para wirausaha melakukan kunjungan ke salah satu SPBU Shell untuk berkolaborasi dalam mencari gagasan inovatif terpadu bersama para karyawan dari bagian operasional dan pemasaran Shellyang dapat mendukung tercapainya keberlanjutan di bisnis ritel Shell serta mendapatkan dukungan dari komunitas lokal.

Top Ten Innovators adalah sebuah kompetisi terbuka tingkat global untuk para alumni Shell LiveWIRE. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk menganugerahkan penghargaan kepada para inovator atas pencapaian terbaik mereka yang bisnisnya telah mendapatkan dukungan melalui program Shell LiveWIREdanuntuk menciptakan wirausaha muda panutan yang diharapkan akan menginspirasi wirausaha muda lainnya di seluruh dunia.

Penghargaan Shell LiveWIRE Top Ten Innovators tahun ini memiliki tujuan khusus untuk mengidentifikasi bisnis-bisnis terbaik dari program kewirausahaan Shell LiveWIRE yang memiliki potensi untuk mendukung dan meningkatkan keberlanjutan bisnis dan operasi ritel Shell.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 21 Maret 2019 - 18:00 WIB

Mama Friskila Diselamatkan Babinsa dari Banjir Bandang Jayapura

Berdasarkan laporan masyarakat bahwa seorang Nenek atas nama Mama Friskila Wally (66 thn) masih tertahan di rumahnya sendirian di Kampung Asei Kecil Distrik Sentani Timur, Kab. Jayapura.

Menko Perekonomian Darmin Nasution buka pameran IndoBuildTech Expo 2019

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:52 WIB

Pemerintah Dorong Pembentukan Lembaga Pelatihan Konstruksi

Pemerintah memastikan terus akan meningkatkan kapasitas SDM melalui sertifikasi profesi. Dan tahun ini sebanyak 3.000 orang mendapatkan sertifkasi sebagai ahli jasa konstruksi.

Kebun Kelapa Sawit (Ist)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:09 WIB

Dua Gubernur Kalimantan Usulkan Dana Bagi Hasil Sawit

Pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan mengusulkan pengaturan dana bagi hasil (DBH) bagi provinsi penghasil sawit. Aturan baru ini diperlukan untuk mewujudkan keadilan dan pemerataan…

Ilustrasi Pengemudi Gojek (Foto: Serba Gojek)

Kamis, 21 Maret 2019 - 17:01 WIB

Ratusan Mitra GOJEK Semarakkan Festival Olahraga Mitra Makassar

GOJEK, sebagai perusahaan penyedia layanan on-demand berbasis aplikasi terdepan di Indonesia, memahami bahwa mitra merupakan salah satu bagian penting dalam ekosistem GOJEK. Oleh karena itu,…

Pelepasan Ekspor Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang

Kamis, 21 Maret 2019 - 16:40 WIB

Philip Morris Indonesia Ekspor Perdana Rokok Malboro dan L&M ke Duty Free Jepang

PT Philip Morris Indonesia (PMID) secara resmi melakukan ekspor perdana produk rokok premiumnya, Marlboro dan L&M ke pasar Duty Free Jepang.