Pertamina Optimalisasi Performa Kompresor SKG

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 17 November 2018 - 05:57 WIB

Ilustrasi Pertamina EP
Ilustrasi Pertamina EP

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) memberikan perawatan maksimal pada kompresor SKG dalam bentuk Reliability, Availability, and Maintenance (RAM) untuk mengatasi permasalahan kompresor di SKG Bunyu.

Bunyu Field Manager Julfrinson A. Sinaga dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Jumat memberikan apresiasi kepada tim RAM karena telah mengatasi permasalahan shut down kompresor SKG Bunyu.

Shut down kompresor SKG Bunyu ini disebabkan tingginya vibration fan cooler yang mencapai 1.3 ips. Sehingga fungsi RAM melakukan investigasi untuk mengatasi shut down tersebut.

 Hasil investigasi menunjukkan adanya beberapa permasalahan seperti terjadinya corrosion pada skid dudukan pillow block dan vibration censor yang disebabkan oleh cooler pendinginannya dibantu dengan pengguyuran air.

 Tim RAM PEP Bunyu segera melakukan perbaikan dengan mengganti skid structure dengan material yang sesuai agar kompresor tidak shut down. Tim terdiri dari Pedy Siampa (Hoist & Heavy Equipment Sr. Technician), Muhammad Nasrudin (Gas Production Supervisor), Antok Afan (Mechanical Senior Supervisor), Khairul (tenaga kerja jasa penunjang/TKJP), Dahlan (TKJP), dan Ishak Ponni (TKJP).

Melihat optimisme dan keberhasilan tim RAM dalam menangani shutdown, Bunyu RAM Assistant Manager Ahmad Irfan Goeltom berkomitmen untuk meningkatkan kehandalan kompresor lainnya di PEP Bunyu.

Selesainya permasalahan shut down kompresor ini akan berdampak signifikan pada upaya penambahan produksi PEP Bunyu Field.

PT Pertamina EP Asset 5 Bunyu Field (PEP Bunyu) merupakan salah satu field yang beroperasi di bawah pengawasan PT Pertamina EP Asset 5 (PEP Asset 5). Data Oktober 2018 menunjukkan bahwa produksi minyak mentah (YTD) PEP Bunyu sebesar 4.766 barrel oil per day (BOPD) dari target 4.363 BOPD, atau realisasi sebesar 109,2 persen dari target yang ditentukan. Sedangkan produksi gas (YTD) PEP Bunyu sebesar 6,83 million standard cubic feet per day (MMSCFD) dari target 7,60 MMSCFD, atau realisasi sebesar 89,9 persen.

Julfrinson mengungkapkan bahwa PEP Bunyu Field akan terus meningkatkan sinergi untuk meningkatkan angka produksi. " Kami optimis pada akhir tahun angka produksi dapat tercapai bahkan melebihi target", pungkasnya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Skandinavia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 21:02 WIB

Lakukan Serah Terima Kunci, Apartemen Skandinavia Sudah Siap Dihuni

Puluhan unit apartemen Skandinavia telah mulai diserah terimakan sejak 11 December 2018. Setiap harinya mulai tanggal tersebut, PT Pancakarya Griyatama selaku pengembang Skandinavia apartemen,…

Taman Krueng Daroy

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:42 WIB

Krueng Daroy Contoh Baik Program Kolaborasi Penataan Kawasan di Banda Aceh

Keberhasilan penataan kawasan yang dilaksanakan secara paralel dengan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bertujuan untuk…

BRIsyariah berpartisipasi di ISEF

Sabtu, 15 Desember 2018 - 20:25 WIB

Festival Ekonomi Syariah Sepakati Bisnis Senilai Rp 6,75 Triliun

Bank Indonesia menyebutkan selama penyelenggaraan Festival Ekonomi Syariah Indonesia (Indonesia Sharia Economic Festival/ISEF) pada 11-15 Desember 2018 terjadi kesepakatan bisnis para pelaku…

i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi asal Malaysia mengucurkan investasi senilai 42 juta dolar Australia untuk mengembangkan afiliasi pemasaran dan business training centrenya di Indonesia

Sabtu, 15 Desember 2018 - 19:32 WIB

Jaring Pelaku E-commerce, i Synergy Luncurkan Bisnis Pemasaran Afiliasi

Semarak dunia digital dan ramainya lini e-commerce pun tersaji di negeri ini. Sebuah era baru yang begitu dinamis sekaligus menantang. Karenanya, i Synergy Group Limited platform pemasaran afiliasi…

Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok promosikan 10 Bali Baru (Foto: Kemenpar)

Sabtu, 15 Desember 2018 - 18:05 WIB

Lewat Pagelaran Budaya, GenWI Tiongkok Promosikan 10 Bali Baru

Sebuah terobosan dilakukan Generasi Wonderful Indonesia (GenWI) Tiongkok. Bekerja sama dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) cabang Chongqing dan ranting Chengdu, GenWI Tiongkok…