UKM Maju dan Berkembang, Kota Tangsel Raih Penghargaan Natamukti Nindya 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 16 November 2018 - 10:23 WIB

Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali memperoleh penghargaan Natamukti 2018 dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai kota/kabupaten yang berhasil mendorong kemajuan dan menciptakan ekosistem bagi UKM.
Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali memperoleh penghargaan Natamukti 2018 dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai kota/kabupaten yang berhasil mendorong kemajuan dan menciptakan ekosistem bagi UKM.

INDUSTRY.co.id, Tangerang -  Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kembali memperoleh penghargaan Natamukti  2018 dari Kementerian Koperasi dan UKM sebagai kota/kabupaten yang berhasil mendorong kemajuan dan menciptakan ekosistem bagi UKM.

Menteri koperasi dan UKM Puspayoga mengatakan, dalam rangka memajukan UKM, maka seluruh elemen pemerintahan baik pusat maupun daerah harus bekerja sama. Karenanya, usaha yang dilakukan oleh kepala daerah meningkatkan UKM-nya patut diapresiasi.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kontribusi yang telah diberikan kepala daerah dalam mendukung UKM yang berarti juga memajukan perekonomian Indonesia,” kata Menteri Puspayoga.

Acara yang diiniasi ICSB (International Council for Small Business) itu dihadiri Chairman ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany selaku tuan rumah, Bupati/Walikota penerima penghargaan Natamukti 2018, dan para pelaku UKM se-Tangsel.

Puspayoga mengatakan kepedulian Kepala Daerah kepada UKM akan memberikan dampak berarti bagi perkembangan dan kemajuan UKM. Dan pada ujungnya, kepedulian itu akan mampu meningkatkan kesejahteraan pelaku UKM.

Ia juga menyatakan dukungan dan apresiasi kepada ICSB Indonesia dalam melaksanakan penganugerahan Piala Natamukti 2018 ini.

Piala Natamukti sendiri telah memasuki tahun ketiga, dengan perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan, mulai dari proses penilaian hingga penganugerahan pemenang.

Dalam hal ini Kemenkop dan UKM terus berdialog terkait keseluruhan proses yang dijalankan, agar mampu menjaring daerah-daerah yang berprestasi dalam mengembangkan UKM, khususnya terkait aksesbilitas UKM terhadap pasar, kualitas produk dan pengoperasian usaha dari para UKM.

Chairman ICSB Hermawan Kartajaya menjelaskan, penganugerahan Piala Natamukti 2018 terbagi dalam tiga kategori, pertama Natamukti, yaitu Kota/Kabupaten yang berhasil mendorong kemajuan dan menciptakan ekosistem bagi UKM.

Kedua, kategori Natamukti Nindya Ganapravara, yaitu Kota/Kabupaten yang berhasil mempertahankan piala Natamukti yang telah diraihnya tahun lalu.

Ketiga, kategori Natamukti Nindya, yang merupakan penghargaan tertinggi dan diberikan pada Kota/Kabupaten yang berhasil menaikkan daya saing UKM ke tingkat regional bahkan internasional.

Kota Tangerang Selatan mendapatkan Pengahargaan Piala Natamukti dan Natamukti Nindya Ganapravara karena berhasil mempertahankan piala Natamukti yang telah diraihnya tahun lalu.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, dalam sambutannya mengatakan bahwa menjadi suatu kebanggan atas ditunjuknya Tangsel sebagai tuan rumah ketiga dalam kegiatan Gebyar UKM.

Airin pun meminta para tamu undangan untuk dapat berkunjung dan jalan-jalan di Kota Tangsel.

"Kita berharap dari kegiatan ini banyak mendapatkan manfaat. Salah satu untuk mendapatkan dana insentif daerah yaitu penghargaan yang didapatkan. Mudah-mudahan ini jadi stimulan bagi kami untuk majunya Koperasi dan UKM di wilayah," jelasnya.

Lanjut Wali Kota Airin, sesuai dengan harapannya yakni satu koperasi bisa menaungi 1000 UKM. Bukan hanya kuantitas tapi yang terpenting adalah kualitasnya, bagaimana persoalan pemasaran, kualitas produk dan permodalan didorong.  

"Mudah-mudahan koperasi dan UKM-nya terus berkembang memiliki kemandirian sebagai seorang usaha. Tidak hanya kuantitasnya tapi kualitasnya," tandasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…

PempekRoyal

Kamis, 25 April 2024 - 15:05 WIB

Siap Support Franchisee di Seluruh Indonesia, PempekRoyal Hadirkan Solusi Bisnis Makanan Tidak Tergantung Chef

Bisnis makanan seringkali mengalami kendala chef mengundurkan diri, dan ketika terjadi pergantian chef, rasa berbeda, maka jumlah konsumen menurun. Di luar itu, juga ada resiko membuang produk…