Pasar Saham dan Obligasi Berpotensi Aktraktif

Oleh : Wiyanto | Kamis, 15 November 2018 - 16:27 WIB

Iluastrasi Investasi-images IST
Iluastrasi Investasi-images IST

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Pasar saham dan obligasi masih cukup menarikkah di Indonesia. Seberapa besar potensi investasi di kedua sektor tersebut.

Dimas Ardhinugraha, Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia mengungkapkan bahwa pasar saham Indonesia saat ini masih menawarkan potensi yang atraktif. Kalau dilihat ada beberapa faktor pendukungnya.

"Faktor pertama, penyesuaian ekspektasi investor terhadap pasar saham Indonesia membuat valuasi pasar saham turun ke level yang atraktif. Level PE rasio pasar saham Indonesia saat ini di bawah rata-rata 5 tahun," kata dia di Jakarta, Kamis (16/11/2018).

Kedua katanya faktor kepemilikan investor asing di pasar saham domestik sudah rendah karena banyaknya _outflow_ yang terjadi sejak 2017 yang lalu. Kondisi ini menjadikan risiko _outflow_ lanjutan lebih terbatas. - Dari sisi fundamental kinerja keuangan emiten dalam IHSG juga menunjukkan pertumbuhan laba yang positif di tahun ini.

Sementara kata dia Pasar obligasi juga pada level yang atraktif. Imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun saat ini di kisaran 8,5%, salah satu negara dengan _rating investment grade_, yang memiliki imbal hasil tertinggi, menjadikan obligasi Indonesia sangat menarik di mata investor asing.

Menurutnya, dana asing mulai kembali masuk ke pasar obligasi di kuartal III. Setelah mencatat _outflow_ USD2 miliar di kuartal II, investor asing membukukan pembelian USD1,4 miliar di kuartal III.

"Mengindikasikan kalau pasar obligasi Indonesia masih tetap menarik di mata investor," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.