Unindra Berambisi Jadi Excellent Teaching University

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 14 November 2018 - 15:39 WIB

Wisuda Unindra ke-65 dilaksanakan di gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (31/10/2018).
Wisuda Unindra ke-65 dilaksanakan di gedung Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (31/10/2018).

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) melaksanakan gelar acara Wisuda bagi Mahasiswanya. Kali ini wisuda yang ke-66, wisuda yang kelima periode semester genap Tahun Akademik 2018/2019.

Gelar wisuda yang ke-66 bertempat di Sasono Utomo Taman Mini Indonesia Indah Jakarta pada hari Rabu (14/11/2018) yang dipimpin langsung oleh Rektor Unindra sekaligus merangkap Senat Universitas, Prof. Dr. H. Sumaryoto.

Bapak Rektor Sumaryoto dalam amanatnya menyampaikan bahwa Puji dan syukur ke hadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini kita masih diizinkan dan hadir dalam acara wisuda Universitas Indraprasta PGRI yang ke-66, pada hari ini yang kelima untuk Semester Genap TA.2018/2019 diwisuda sebanyak 1.125 wisudawan yang terdiri atas 1.025 program Strata 1 dan 100 program Strata 2.

Gelar wisuda yang digelar ini dari 1.125 Wisudawan, terdiri dari Fakultas Ilmu Pendidikan & Pengetahuan Sosial (FIPPS) untuk Program Studi Bimbingan dan Konseling (S1) 67 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1) 172 orang dan Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) 14 orang.

Fakultas Teknik, Matematika & IPA (FTMIPA) untuk Program Studi Pendidikan Matematika (S1) 89 orang, Program Studi Pendidikan Biologi (S1) 26 orang dan Program Studi Pendidikan Fisika (S1) 11 orang.

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 137 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Indonesia (S1) 54 orang dan Desain Komunikasi Visual 45 orang.

Fakultas Teknik Informatika dan Komputer (FTIK) Program Teknik Informatika (S1) 362 orang, dan Program Teknik Industri (S1) 41 orang.

Fakultas Pascasarjana Magister Pendidikan Program Magister Pendidikan IPS (S2) 34 orang, Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia (S2) 24 orang, Program Magister Pendidikan MIPA (S2) 28 orang, dan Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (S2) 14 orang.

Rektor mengatakan, selama semester genap ini mahasiswa yang diwisuda sebanyak 6.164 wisudawan. Dengan demikian alumni Unindra sampai dengan saat ini dengan usianya yang baru 14 tahun sudah lebih dari 64 ribu alumni.

Pada wisuda kali ini juga ada event yang istimewa karena orasi ilmiah akan disampaikan oleh DR. Gultam Gumarja dari Jaharwalal Nehru University (JNU) New Delhi India.

Program ini merupakan lanjutan kerjasama Unindra dengan JNU yang pertama pada bulan April lalu Unindra sudah berkunjung ke New Delhi dalam rangka konferensi ataupun seminar nasional sekaligus delegasi budaya karena India dan Indonesia punya hubungan yang erat dalam bidang budaya terutama kisah Mahabharata dan Ramayana aslinya adalah dari India.

Dilanjutkan launching buku tentang 38 Bidadari yang di susun oleh DR. Gultam Gumarja di Unindra dengan mengundang beliau sebagai pembawa orasi ilmiah. Juga ada pertukaran satu mahasiswa dari JNU yang akan kuliah di program Strata-2 Unindra.

Selain dengan JNU kita juga sudah banyak hubungan dengan University Pendidikan Sutal Idris (UPSI) dari Malaysia dan kita sudah dua kali mengadakan kegiatan seminar internasional, ucap Rektor.

Rektor mengatakan, sesuai dengan rencana induk pengembangan Unindra, Insya Allah tahun 2019 yang akan datang kita mentargetkan bahwa Unindra sebagai excellent Teaching University. Oleh karena itu semua program-program jangka menengah dan jangka panjang kita arahkan untuk mencapai status tersebut.

Istimewanya kerjasama internasional dan sekarang yang sedang Unindra gencarkan adalah meningkatkan kualitas dan kualifikasi para pengajar di Unindra mulai dari kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi untuk program strata-3 para dosen juga sekarang sedang diproses terus untuk meningkatkan jabatan akademik dosen karena Unindra sebagai perguruan tinggi yang masih baru berusia 14 tahun pada 6 September yang lalu, tutur Rektor.

Tentunya masih banyak dosen-dosen yunior yang berpendidikan masih S-2 maupun yang jabatan akademiknya masih asisten ahli. Oleh karena itu, ini merupakan program yang akan kita lakukan secara prioritas dan terus menerus diupayakan untuk mencapai Excellent Teaching University.

Pada kali ini akan diwisuda 1.125 mahasiswa, tentunya jumlah yang tidak sedikit , maka Saya ingin berpesan sedikit kepada calon wisudawan bahwa saudara setelah di wisuda ini tentunya akan menghadapi kehidupan di masyarakat luas kembali kepada habitat semula yang tentunya perlu bekal dan persiapan mental.

Kami dari Unindra sudah membekali saudara sekalian dengan pendidikan kewirausahaan sebanyak 2 semester, pendidikan agama juga 2 semester, secara teoritik nya sudah cukup bagi bekal anda sekalian namun 1 hal yang harus saudara miliki adalah bekal yang lain yaitu bagaimana saudara sekalian mempunyai dan menemukan terus rasa bersyukur, mensyukuri nikmat antara lain sekarang sudah sebentar lagi dilantik sebagai sarjana dan magister, itu merupakan suatu nikmat yang luar biasa yang harus kita syukuri. Dengan latar belakang golongan ekonomi menengah dan kebawah Unindra berupaya mengentaskan bidang pendidikan yang tentunya ini suatu kesempatan yang langka karena perlu saudara ketahui dana pendidikan Unindra adalah yang termurah di antara perguruan tinggi PGRI di seluruh Indonesia, tutupnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Astra Infra Siap Hadirkan Perjalanan Mudik Lebaran Penuh Makna

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:32 WIB

Astra Infra Siap Hadirkan Perjalanan Mudik Lebaran Penuh Makna

Mudik lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinanti oleh masyarakat Indonesia. Sebagai momen besar silaturahmi keluarga, arus mudik lebaran turut meningkatkan mobilitas masyarakat yang…

dr. Attaubah Mufid dan dr. Reza Gladys bersama rekor MURI yang kembali mereka raih lewat Glafidsya Aesthetic Clinic yang mereka dirikan 11 tahun lalu.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:01 WIB

Klinik Dokter Reza Gladys dan Dokter Attaubah Mufid Kembali Sabet Rekor MURI

Glafidsya Aesthetic Clinic, klinik kecantikan yang didirikan dr. Attaubah Mufid dan dr. Reza Gladys kembali meraih rekor MURI kategori Pemesanan Perawatan Wajah Terbanyak Secara Daring Dalam…

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:12 WIB

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik, Madeena dan Artis Film Syirik Meriahkan Tasyakuran Satu Dekade FORWAN yang bakal digelar di Yayasan Cahaya Alam Pondok…

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Saru Dekade FORWAN.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:04 WIB

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Satu Dekade FORWAN.

Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik yang beranggotakan Mecca el umroh (Dica) , Al hadid, Terrence tampil memukau ratusan anak yatim-piatu binaan Yayasan Cahaya Alam dalam acara Tasyakuran Satu…

Soft launching program SAHARA Preneur

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:00 WIB

Kadin - SAHARA & INKOWAPI Jalin Kolaborasi Ciptakan Peluang Kemandirian Usaha Lewat SAHARA Preneur

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) kembali membangkitkan upaya penciptaan wirausaha baru di sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Salah satu upayanya yaitu berkolaborasi bersama…