Pemerintah Dukung IOT untuk Kemajuan Industri

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 09:00 WIB

Menperin Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)
Menperin Airlangga Hartarto (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pemerintah mendukung operator telekomunikasi membentuk Internet of Things (IoT) sebagai salah satu solusi untuk mendukung kemajuan sektor industri serta memudahkan masyarakat dalam menjalankan kegiatan.

"Dalam mendukung sektor industri mampu bersaingan di pasar global, harus ada sesuatu yang hadir untuk mendukungnya, dan IoT adalah salah satu jawabannya," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Selasa (13/11/2018)

Hal tersebut disampaikan Menperin saat meresmikan laboratorium IoT Axiata yang dibangun oleh PT XL Axiata Tbk (XL Axiata). Hadir dalam peresmian itu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini, serta sejumlah rektor universitas dan perguruan tinggi negeri.

Airlangga mengatakan pembentukan IoT adalah merupakan tantangan bagi dunia usaha yang ingin mengikuti kemajuan zaman teknologi yang sekarang kian maju dan canggih.

Menperin mengatakan bisnis model IoT akan bisa menciptakan wirausahawaan baru di Indonesia berbasis teknologi maju.

Sementera itu, Menteri Kominfo Rudiantara mengatakan satu hal yang perlu mendapat perhatian dengan adanya IoT adalah kesiapan sumber daya manusia yang harus diciptakan di sejumlah perguruan tinggi yang ada saat ini.

Untuk mendapatkan sumber daya manusia berkualitas, pemerintah telah menyiapkan 20.000 peserta yang tersebar di 20 universitas di 12 kota.

"Tantangan besar adalah bagaimana menyiapkan sumber daya manusia berkualitas agar mampu bersaing di industri IoT," katanya.

Presiden Direktur XL Axiata Dian Siswarini mengatakan IoT menjadi salah satu solusi digital yang memiliki potensi besar di masa mendatang seiring dengan terus berkembangnya kebutuhan untuk mempermudah berbagai aktifitas individu dan industri.

Secara bisnis, IoT memiliki potensi yang besar dan memungkinkan untuk dikembangkan lebih luas di Indonesia di mana kebutuhan atas layanan data dan solusi-solusi digital terus meningkat, baik oleh individu maupun korporasi.

"Salah satu alasan mendirikan laboratorium IoT adalah melihat skenario bisnis IoT yang unik sehingga diperlukan adanya produk khusus. Keunikan tersebut disebabkan oleh kebutuhan yang berbeda antara satu industri dengan industri lainnya," kata Dian.

Laboratorium IoT XL Axiata yang dinamakan X-Camp itu turut aktif mengembangkan potensi sumber daya lokal, termasuk dari kalangan perguruan tinggi.

Bahkan, saat ini X-Camp telah menjalin kerjasama dengan sejumlah kampus terkemuka di Indonesia, termasuk diantaranya Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Universitas Brawijaya Malang, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan menyusul beberapa universitas lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Jumat, 19 April 2024 - 06:04 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Terima Audiensi Ketua Komnas HAM

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menerima Audiensi Ketua Komnas HAM Atnike Nova Sigiro yang didampingi Komisioner/Koordinator Bidang Penegakan HAM Uli Parulian Sihombing, Komisioner…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Jumat, 19 April 2024 - 05:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Pimpin Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II dan Sertijab 3 Jabatan Strategis

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin upacara Penyerahan Jabatan Pangkogabwilhan II kepada Marsda TNI M. Khairil Lubis, Sertijab Dansesko TNI dari Marsdya TNI Samsul Rizal kepada…