BNI Syariah-Pemprov Jabar Sepakat Kembangkan Ekonomi Umat

Oleh : Herry Barus | Rabu, 14 November 2018 - 08:15 WIB

BNI Syariah (Foto Dok Industry.co.id)
BNI Syariah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandung- Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan BNI Syariah bekerjasama dalam pengembangan ekonomi umat melalui program Pembiayaan Masjid Sejahtera (Mesra), "One Village One Hafidzh" dan program Rumah Sehat.

Kerja sama ini dituangkan melalui nota kesepahaman antara Pemprov Jabar dengan BNI Syariah yang diwakili oleh Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil dan Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo, di Bandung, Selasa (13/11/2018)

Program Mesra atau pembiayaan masjid sejahtera merupakan program pembiayaan kepada masyarakat tidak mampu melalui pemberdayaan dan manajemen masjid dengan skema pinjaman. Penerima pembiayaan berkewajiban menyicil di mana selanjutnya dana tersebut digulirkan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan modal usaha.

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo mengatakan kerja sama ini merupakan peluang yang sangat besar.

"Jadi kerja sama antara perusahaan, pemerintah, dan pesantren ini pun baru pertama kalinya dilakukan BNI Syariah. Kami akan jadikan momentum untuk membangun ekonomi syariah di Indonesia. Kami tawarkan dan Pak Ridwan Kamil menerima untuk tiga program," kata Abdullah kepada awak media.

Dia mengatakan untuk kerja sama ini BNI Syariah menyiapkan anggaran sekitar Rp1,7 miliar dengan rincian untuk Program Mesra Rp1 miliar dan Program One Village One Hafidzh, pihaknya mengalokasikan anggaran sekitar Rp720 juta.

"Jadi dengan perhitungan Rp3 juta per orang per bulan untuk dua tahun. Setahun bisa sampai 100-200 orang untuk Jawa Barat. Ini dikerjasamakan dengan pesantren, salah satunya Daarut Tauhid," katanya.

Sedangkan untuk Program Mesra, lanjut dia, untuk tahun ini dianggarkan dana Rp1 miliar untuk 10 masjid sehingga masing-masing masjid memperoleh sekitar Rp 100 juta.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil menyambut baik adanya kerja sama antara BNI Syariah dengan Pemprov Jawa Barat.

"Ini contoh terbaik kolaborasi bikin program enggak pakai APBD," kata dia.

Pihaknya berharap selama lima tahun kerja sama tersebut akan memberikan keuntungan bagi Pemprov Jawa Barat dan BNI Syariah.

"Pokoknya harus saling menguntung ya, bisnis perbankan syariah maju dan kebutuhan warga Jabar dibantu," kata Gubernur Emil.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok Redaksi Industry

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:33 WIB

Bambang Trihatmodjo: Pupuk Bregadium Bukti Kiprah Berkarya untuk Pertanian 

Kader utama Partai Berkarya Bambang Trihatmodjo menilai sector pertanian Indonesia berjalan di tempat, di tengah maju dan berkembangnya sector pertanian negara-negara tetangga, terutama Thailand.  

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:10 WIB

Kemenperin Siapkan Dua Model Program Pacu Penumbuhan Wirausaha Baru di Pondok Pesantren

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah menyiapkan beberapa program atau model untuk mengembangkan pemberdayaan ekonomi berbasis pondok pesantren dan menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan…

Krakatau Steel (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 13:05 WIB

Kementerian BUMN Hormati Proses Hukum yang Sedang Berjalan di PT KS

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno mengungkapkan, Kementerian BUMN menghormati proses hukum yang sedang berjalan di PT Krakatau Steel.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:37 WIB

Tingkatkan Akses Air, Kementerian PUPR Terus Tambah Tampungan Air dan Dukung Revitalisasi Sungai

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus meningkatkan akses air bagi seluruh rakyat Indonesia melalui berbagai upaya diantaranya program air minum, pembangunan Sistem Penyediaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 12:10 WIB

Kemenperin Bawa Santri Lulusan Pondok Pesantren Jadi Wirausaha Andal

Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha baru di Tanah Air, salah satunya melalui program ‘Santripreneur’. Program yang bertujuan untuk penumbuhan wirausaha baru di…